6 Tanda Kamu Harus Mengganti Pakaian Dalam dan Bra dengan yang Baru

Jika sudah melar, kenapa masih digunakan?

21 Februari 2019

6 Tanda Kamu Harus Mengganti Pakaian Dalam Bra Baru
Freepik

Apakah kamu merasa celana dalam dan bra kamu sudah tidak nyaman buat digunakan? Tapi, kamu tetap memaksakannya untuk dipakai.

Memang, bra dan celana dalam yang bagus bisa bertahan bertahun-tahun, tetapi kalau kamu merawatnya dengan sangat baik.

Tidak yakin apakah sudah waktunya untuk melemparkan pakaian dalam kamu? Berikut ini pertanda kalau kini sudah waktunya kamu mengganti pakaian dalam dengan yang baru.

1. Pakaian dalam telah kehilangan semua elastisitasnya

1. Pakaian dalam telah kehilangan semua elastisitasnya
Pexels/Tofros.com

Seiring waktu berjalan, elastisitas dari pakaian dalam bisa menghilang. Bentuk dan karetnya akan berubah dan tak lagi mengikat ditubuh kamu dengan baik.

"Jika bra kamu talinya sudah nggak muat disekitar punggung, akan membuat bra tidak bisa tepat dalam menopang payudara," kata Lexie Sachs, seorang analis produk tekstil di Good Housekeeping Institute.

Sama halnya dengan bra, pada celana dalam terdapat karet yang melingkar di pinggul kamu. Jika sudah melar dan longgar.

2. Pakaian dalam menyusut dan menjadi kecil

2. Pakaian dalam menyusut menjadi kecil
Pexels/?chuanyu2015

Seperti kita ketahui bahwa pakaian dalam sering dicuci, hal ini membuat penyusutan dapat terjadi, terutama jika terbuat dari katun. Penyusutan bisa membuat peredaran darah terganggu, jadi buang celana yang terlalu kecil.

Untuk bra, banyak perempuan yang mengalami perubahan bentuk payudara, sehingga bra yang dulunya sangat pas kini sudah terlalu kecil sehingga bisa menyebabkan kamu mengalami beberapa masalah termasuk sakit punggung, bahkan payudara yang kendur.

Carilah cup bra dan pita dengan ukuran yang kecil dan kencang bahkan kamu juga harus perhatikan pengaitnya, apakah masih bisa menopang payudara kamu dengan baik tanpa merasa kekecilan atau kebesaran.

3. Bra tak lagi punya bentuk yang sama

3. Bra tak lagi pu bentuk sama
Pixabay/PublicDomainPNG

Jika bantalan atau cup bra bergeser dan bergoyang, inilah saatnya untuk membeli yang baru. Terutama ketika saat mengenakan bra, payudaramu menonjol keluar.

Untuk celana dalam, sebaiknya gantilah setiap enam bulan hingga satu tahun sekali ya.

Editors' Picks

4. Underwire menusuk kain

4. Underwire menusuk kain
Pixabay/Xiaonaooo

Saatnya untuk membeli bra baru jika kamu bisa melihat underwire atau kawat di bawah bra.

Underwire yang menembus kain bra sangat  menjengkelkan dan menyakitkan. Sayangnya, tidak ada cara yang baik untuk membalikkan kerusakan ini.

Underwire dirancang secara strategis dan dimasukkan ke dalam bra untuk memberikan dukungan. Jadi, mendorong underwire kembali ke bra tidak akan menjamin bra akan kembali ke keadaan semula.

5. Celana dalam meninggalkan garis pada selangkangan dan pinggul

5. Celana dalam meninggalkan garis selangkangan pinggul
Pexels/Tofros.com

Sudah pasti harus mengganti celana dalam dengan yang baru kalau kamu sudah menemukan gangguan ketika kamu menggunakannya.

Gangguan seperti bekas karet yang menempel bahkan membuat iritasi dan gatal pada kulit di pinggul dan selangkangan.

6. Bra membuat kamu terlihat bungkuk

6. Bra membuat kamu terlihat bungkuk
Pixabay/Jackmac34

Bra sudah harus diganti kalau sudah membuat stuktur tubuhmu berubah, seperti punggung yang membungkuk. Bagian tengah bra harus bersandar langsung di tengah dada, tidak seperempat inci darinya.

Membeli bra dengan ukuran band yang lebih kecil akan memperbaiki masalah, dan memberikan dukungan yang tepat pada payudara kamu dan membuat kamu berdiri lebih tegap.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus mengganti pakaian dalam kamu dengan yang baru. Demi kenyamanan dan kesehatan, tak ada salahnya membeli pakaian dalam dan bra dengan harga yang lebih mahal, karena kita bisa berinvestasi untuk barang yang terjamin kualitasnya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!