Cara Mengatasi Kulit Beruntusan, Sinar Matahari Bisa Jadi Sebabnya

Rambut dan sarung bantal kontor ternyata bisa sebabkan wajah beruntusan lho

17 Oktober 2021

Cara Mengatasi Kulit Beruntusan, Sinar Matahari Bisa Jadi Sebabnya
Freepik/Nastyaofly

Kulit beruntusan adalah kondisi munculnya benjolan-benjolan kecil di kulit wajah. Ini menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar serta tidak rata saat menyentuhnya. Biasanya, T-Zone atau area pada dahi hingga hidung dan pipi adalah area wajah yang paling rentan mengalami masalah kulit ini.

Kulit beruntusan menjadi salah satu masalah yang cukup rumit untuk diselesaikan. Baik anak-anak atau orang dewasa bisa mengalami kulit beruntusan ini. 

Penyebab beruntusan sendiri ada banyak dan cara mengatasinya harus  disesuaikan juga dengan penyebab munculnya bruntusan tersebut. Kulit beruntusan ini memang bukan permasalahan kesehatan yang serius tetapi terkadang bisa mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. 

Menurut dr. Irma Lidia, Tim dokter konsultan dari Jovee menjelaskan kalau kita harus mengerti dulu apa saja penyebab kulit beruntusan ini. Sehingga kita bisa menghindari dan atau mengatasi bruntusan.

Berikut Popmama.com rangkum informasi cara mengatasi kulit beruntusan harus kenali dulu penyebabnya.

Editors' Picks

1. Sebab kulit beruntusan pada setiap orang bisa berbeda

1. Sebab kulit beruntusan setiap orang bisa berbeda
Freepik/doucefleur1k
Dok Jovee

Ada beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan kulit beruntusan. Kalau sudah tahu penyebabnya, maka kemungkinan besar masalah ini akan mudah untuk ditangani. 

Pada beberapa kasus, beruntusan ini bisa menyebabkan gatal sehingga tidak akan nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

2. Penyebab kulit beruntusan yang umum dialami

2. Penyebab kulit beruntusan umum dialami
Freepik/spukkato
Dok Jovee

Masalah kulit beruntusan harus segera diatasi jika sangat mengganggu aktivitas kita. Sebelum itu, kenali dulu kemungkinan penyebabnya agar tepat ditangani.

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan beruntusan baik pada kulit anak-anak dan remaja:

  • Paparan sinar matahari berlebihan

Sinar matahari dan keringat bisa menyebabkan kulit beruntusan. Berada di bawah sinar matahari terlalu lama membuat kulit banyak berkeringat. Ini membuat sebagian orang bisa mengalami beruntusan. Sinar matahari yang berlebihan pun akan menyebabkan kulit mengalami iritasi sehingga sangat mudah juga mengalami kemerahan.

  • Menggunakan sarung bantal yang kotor

Penyebab kedua yang bisa menyebabkan beruntusan adalah menggunakan sarung bantal ataupun sprei yang kotor. Bila sarung bantal kotor, maka kotoran serta bakteri yang ada akan menempel di wajah. Bila menumpuk, maka akan terjadi kerusakan pada kulit dan muncul beruntusan. Ini harus diwaspadai!

  • Tidak menjaga kebersihan rambut

Rambut yang kurang bersih juga bisa menjadi penyebab beruntusan pada wajah. Sebab apabila rambut sudah berkeringat dan dalam kondisi kotor bisa jadi akan mengenai wajah. Ini yang bisa mengakibatkan beruntusan pada kulit wajah. Apalagi setelah beraktivitas seharian di luar, sudah pasti banyak kotoran yang menempel di rambut dan bisa mengenai wajah.

3. Cara mengatasi kulit beruntusan, jangan asal ya!

3. Cara mengatasi kulit beruntusan, jangan asal ya
Freepik/cookie_studio

Ada beberapa cara untuk bisa mengatasi beruntusan terutama jika itu sangat mengganggu. Cara yang paling utama adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah. Ini menjadi hal utama untuk dilakukan. 

Kita harus rutin membersihkan wajah pada saat mandi pagi atau sore, atau setelah selesai beraktivitas di luar rumah. Selain itu, bisa juga menggunakan masker wajah di malam hari untuk mengangkat kulit yang mati.

"Selain itu, hindari tekanan/gesekan pada kulit, hindari menyentuh/menggaruk di kulit yang sering bruntusan. Bila kondisi kulit sangat mengganggu dapat dikonsultasikan dengan dokter/dokter kulit” ujar dr. Irma Lidia.

Cara yang kedua adalah menggunakan sunscreen jika sedang berkegiatan di luar rumah dengan waktu yang cukup lama. Sebab, paparan sinar matahari itu sangat berbahaya untuk kulit. Fungsi sunscreen di sini untuk melindungi kulit. Ini menjaga kulit tetap sehat dan lembab.

Itulah cara mengatasi kulit beruntusan dan penyebabnya yang harus kita tahu. Ingat ya, menjaga kulit wajah adalah hal yang sangat penting. Mungkin juga kita membutuhkan beberapa vitamin untuk bisa menjaga wajah tetap sehat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.