Desainer Louis Vuitton Virgil Abloh Meninggal Dunia Karena Kanker

Jadi desainer berpengaruh, Virgil bertahun-bertahun melawan kanker yang dideritanya

29 November 2021

Desainer Louis Vuitton Virgil Abloh Meninggal Dunia Karena Kanker
Instagram.com/virgilabloh

Desainer ternama asal Amerika Serikat, Virgil Abloh meninggal dunia pada usia 41 tahun karena kanker, Minggu (28/11/2021) waktu setempat. Hal itu disampaikan oleh akun Instagram Louis Vuitton.

Laki-laki yang juga founder merek Off-White ini sudah melawan penyakit itu selama bertahun-tahun. Direktur artistik LV ini disebutkan sudah mencoba untuk sembuh dari kanker yang dideritanya.

"Kami semua terkejut atas kabar buruk ini. Virgil tidak hanya seorang desainer yang jenius, visioner, tetapi juga seorang laki-laki dengan jiwa yang indah dan kebijaksanaan yang besar," ujar Kepala Eksekutif LVMH Bernard Arnault dalam pernyataannya, Senin (29/11/2021).

Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai Virgil Abloh meninggal dunia karena kanker selengkapnya.

Editors' Picks

1. Abloh menjadi salah satu unsur kreatif di lini busana top dunia

1. Abloh menjadi salah satu unsur kreatif lini busana top dunia
Instagram.com/virgilabloh

Semasa hidupnya, pengaruh Abloh untuk brand fashion kenamaan dunia itu tidak sedikit. Ia menjadi laki-laki kulit hitam pertama yang menjadi salah satu unsur pimpinan kreatif di lini busana mewah.

Abloh lewat merek Off-White mampu membawa busana street wear seperti hoodies dan sneaker ke atas panggung catwalk dunia. Abloh dipilih menjadi direktur artistik koleksi pria LV ada 2018 silam.

2. Abloh mencoba mengenalkan isu sosial lewat desain-desainnya

2. Abloh mencoba mengenalkan isu sosial lewat desain-desainnya
Instagram.com/virgilabloh

Abloh adalah anak yang lahir dari keluarga imigran Ghana di Amerika Serikat. Ia membangun label streetwear Off-White dengan 60 persen sahamnya dikuasai LVMH. 

Saat tahun 2018 menjadi salah satu punggawa di LV dan mengusung misi pribadi untuk memperkenalkan isu sosial dan lingkungan terhadap setiap desainnya.

Ia mengkampanyekan pesan antirasialisme dan antihomofobia. Salah satunya ia sematkan saat pertunjukan busana di Paris pada Januari 2021 lalu.

3. Pesan Abloh dalam fashion menjadi pengaruh, banyak orang kehilangan

3. Pesan Abloh dalam fashion menjadi pengaruh, banyak orang kehilangan
Instagram.com/virgilabloh

Desain-desain Abloh yang menggaungkan soal isu sosial membuatnya jadi orang yang berpengaruh di dunia mode saat ini. Oleh karenanya berita duka Virgil Abloh ini mengundang kedihan mendalam dari rumah-rumah mode lain. 

Kim Jones, Direktur Dior mengatakan sangat sedih mendengar kepergian Virgil. Selanjutnya rumah mode Gucci juga menyatakan rasa dukanya. Rumah mode ini mengatakan bahwa visi Abloh akan terus hidup melalui jejak yang dia rintis sepanjang kariernya.

Tak hanya rumah mode, para pesohor dunia juga menyampaikan duka cita atas meninggalnya Abloh. Misalnya penyanyi asal Amerika Pharell Williams, Idris Elba, serta aktor Prancis Omar Sy.

Itulah tadi informasi mengenai Virgil Abloh meninggal dunia karena kanker. Kita doakan semoga arwah Virgil bisa tenang di sana ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.