Kenang Barli Asmara, Begini 5 Tips Darinya agar Tampil Fashionable

Mulai dari memilah baju di dalam lemari, mix and match tema monorkom, dan tips tampil percaya diri

28 Agustus 2020

Kenang Barli Asmara, Begini 5 Tips Dari agar Tampil Fashionable
Instagram.com/barliasmara

Barli Asmara adalah desainer ternama di Indonesia. Sayangnya, ia menghembuskan napas terakhirnya di usia 42 tahun. Ia meninggal karena radang otak akibat komplikasi virus toksoplasma. Sebelum meninggal, Barli sempat dirawat dan masuk ICU.

Kini, sosoknya sudah tiada dan banyak orang yang akan terus mengenang karya-karyanya. Banyak selebriti Indonesia yang kehilangan dengan kepergian Barli. Ia dimakamkan di salah satu TPU di Bali.

Semasa hidup, Barli kerap tampil diberbagai acara untuk menjadi mentor dan memberikan tips terkait fashion. Salah satunya adalah bagaimana memilih dan mencocokkan pakaian tertentu. Barli kerap tampil baik di televisi, Youtube dan kolaborasi dengan artis lain untuk mengeluarkan opininya tentang fashion. 

Dikutip dari Youtube Sorabel, Barli pernah membagikan tips seputar fashion dan pakaian di sana. Di sana Barli memberikan tips dan cara yang harus dilakukan sebelum memilih baju yang cocok sesuai karakter Mama. Barli juga membagikan cara menentukan personal taste dalam berpakaian. 

Seperti apa tips dari Barli Asmara ini? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Temukan personal taste yang sesuai dengan karakter

1. Temukan personal taste sesuai karakter
Instagram.com/barliasmara

Personal taste atau selera dalam berpakaian bisa ditemukan seiring dengan karakter yang ada pada setiap orang.

Barli mencotohkan misalnya seorang perempuan suka dengan gaya feminim, maka ia perlu memetakan lagi menyukai motif dan tema seperti apa di bawah gaya feminim itu.

“Misalnya dengan tema floral, atau tema ruffle, atau teman yang memang classic, atau tema yang vintage. Mana yang kalian suka. Setelah itu kalian juga bisa melihat jati diri (fashion) dengan warna misalnya menyukai warna pop, classic, neutral,” tuturnya.

Editors' Picks

2. Gunakan aksesori sederhana untuk pakaian banyak motif

2. Gunakan aksesori sederhana pakaian banyak motif
Instagram.com/barliasmara

Tak hanya berpakaian, aksesori juga mendukung bagaimana tampilan seseorang. Barli menyebut penggunaan aksesori ini tidak ada ketentuan khusus. Namun, jika sudah memakai pakaian yang penuh dengan motif maka Barli menyarankan agar memakai aksesori yang sederhana.

“Misalnya penggunaan anting yang simple, atau penggunaan kalung yang tidak terlalu besar. Sehingga motif itu menjadi salah satu tujuan utama menunjukkan bahwa kalian sudah memakai baju penuh motif. Jadi kalau memilih aksesori pakailah yang menunjukkan kalau kalian punya statement,”

Aksesori adalah statement bagi pemakaianya. Pilihlah aksesori yang tidak terlalu besar untuk badan yang kecil begitu pun sebaliknya.

3. Mix and Match baju monokrom agar terlihat kece

3. Mix and Match baju monokrom agar terlihat kece
Instagram.com/barliasmara

Monokrom menjadi salah satu tema yang umum dipakai. Namun, penggunaan tema ini kadang bisa membosankan. Misalnya Barli mencontohkan baju putih dengan polkadot hitam kecil bisa dipadukan dengan nuansa cream,karamel atau maroon, merah atau warna-warna pastel.

“Sebenarnya tergantung dari ke-PD-an kita dengan menggunakan mix and match,” tutur Barli.

Kemudian yang dicontohkan selanjutnya adalah rok furing hitam polkadot dengan dasar cream. Maka Mama bisa mengambil warna basic yakni warna cream, warna putih atau warna hitam dari rok ini.

4. Jangan hanya mengikuti tren, percaya diri lebih penting

4. Jangan ha mengikuti tren, percaya diri lebih penting
Instagram.com/barliasmara

Berkembangnya tren fashion dari masa ke masa membuat masyarakat kadang bingung harus mengikuti yang mana. Namun, justru kata Barli selalu mengikuti tren fashion juga tidak baik. Karena membuat orang itu tidak punya jati diri.

How to creat your style dengan karakter dan personality kalian. Supaya kalian tidak mengikuti orang lain, tidak mengikuti dampak tren yang ada di luar sana. Tapi melihat postur tubuh kalian yang sesuai,” tutur Barli.

Tren terbaru belum tentu bisa cocok ke semua orang. Barli mencontohkan misalnya sedang tren rok balon, tapi ketika postur tubuh tidak cocok maka jangan memaksakan.

Namun, untuk mengakali tren baru bisa dipadukan dengan pakaian yang sesuai dengan karakteristik misalnya cardigan, jaket atau outer serta yang lainnya.

5. Barli sarankan memilah pakaian agak tak menumpuk di lemari

5. Barli sarankan memilah pakaian agak tak menumpuk lemari
Instagram.com/barliasmara

Banyak perempuan yang kadang bingung lemarinya penuh pakaian tapi masih merasa tidak ada baju yang bisa dipakai. Nah, Barli Asmara memberikan tips agar Mama bisa ‘edit isi lemari’ nih. Menurut Barli ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Beli baju untuk jangka panjang, jangan hanya semata-mata tren
  • Pilihlah baju basic item dan multifungsi
  • Pilih busana yang festive menjadi keharusan karena, baju yang sedikit glamour bisa berguna untuk acara pesta

Kalau ternyata masih bingung, Barli memberikan saran sebaiknya bongkar semua isi lemari dan memilih lagi mana baju yang sekiranya bisa disimpan atau didonasikan.

Itulah tadi tips dan cara agar selalu tampil fashionable a la Barli Asmara. Mama bisa menerapkan hal ini untuk memilih baju di rumah ya. Jadi sekarang jangan menganggap tidak ada baju untuk dipakai lagi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.