TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Kostum Jokowi saat Upacara HUT Kemerdekaan RI dari Tahun ke Tahun

Dari tahun 2017 Jokowi setia pakai pakaian adat saat menjadi Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI

17 Agustus 2022

6 Kostum Jokowi saat Upacara HUT Kemerdekaan RI dari Tahun ke Tahun
Instagram.com/jokowi

Setiap tahun, Istana Negara menyelenggarakan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Namun, beberapa tahun terakhir Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampil sebagai Inspektur Upacara tampil mengenakan baju adat yang berbeda.

Tradisi tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2017 silam yang ditandai dengan Jokowi mengenakan pakaian adat tanah bambu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Berikut Popmama.com rangkum deretan kostum Jokowi saat Upacara HUT Kemerdekaan RI dari tahun ke tahun.

1. Tahun 2017 pakai baju adat khas Tanah Bumbu

1. Tahun 2017 pakai baju adat khas Tanah Bumbu
Youtube.com/NET.Z

Pada tahun 2017 untuk perayaan HUT ke-72 RI di Istana Negara menjadi momentum pertama Presiden Jokowi mengenakan baju adat. Saat itu Jokowi mengenakan pakaian adat khas Tanah Bumbu dari Batulicin, Provinsi Kalimantan Utara.

Baju yang dikenakan terdiri dari jas berwarna hitam, ditambah kain songket dan penutup kepala. Sebagai informasi saat tahun 2015 dan 2016 Jokowi masih menghadiri upacara peringatan kemerdekaan RI dengan mengenakan pakaian formal.

2. Tahun 2018 baju adat dari Aceh

2. Tahun 2018 baju adat dari Aceh
menpan.go.id

Tahun setelahnya pada upacara HUT Ke-73 RI, Jokowi kembali mengenakan pakaian adat berbeda. Perayaan HUT ke-73 RI mengenakan baju adat dari Aceh. 

Baju adat itu terdiri dari penutup kepala yang disebut kupiah meukeutop yang terbuat dari kain tetron berwarna merah, hijau, kuning, dan hitam. Untuk atasannya disebut bajee, memilih warna hitam berlengan panjang yang dilengkapi dengan hiasan sulaman kasab di ujung lengan.

Editors' Picks

3. Tahun 2019 baju adat dari Klungkung, Bali

3. Tahun 2019 baju adat dari Klungkung, Bali
Instagram.com/jokowi

Setiap tahun Jokowi menghadiri upacara HUT RI dengan pakaian adat berbeda model. Tahun 2019 pada HUT Ke-74 RI ia memakai baju adat khas Klungkung dari Bali.

Baju tersebut memiliki motif hitam yang dipadukan dengan kain sebagai bawahan dan tutup kepala.

4. Tahun 2020 baju adat khas Timor Tengah Selatan, NTT

4. Tahun 2020 baju adat khas Timor Tengah Selatan, NTT
Instagram.com/jokowi

Kembali hadir sebagai Inspektur Upacata, Jokowi pada tahun 2020 memakai baju adat khas Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Presiden Indonesia tersebut mengenakan kain motif berantai nunkolo, yang dimodifikasi dari bentuk belah ketupat dengan batang tengah yang berarti sumber air.

Bagian pinggir pakaian itu bergerigi melambangkan wilayah berbukit dan berkelok-kelok, sedangkan warna merah melambangkan keberanian laki-laki nunkolo.

Jokowi juga mengenakan ester atau ikat kepala yang berbentuk dua tanduk kecil, memiliki arti raja yang melindungi. Ikat kepala sebagai penutup kepala menjadi tanda kebesaran yang dilambangkan sebagai mahkota.

5. Tahun 2021 baju adat dari Lampung

5. Tahun 2021 baju adat dari Lampung
Instagram.com/jokowi

Saat memimpin Upacara Peringatan Kemerdekaan RI tahun  2021 kemarin, Presiden Jokowi hadir mengenakan pakaian adat pepadun dari Lampung sebagai Inspektur Upacara. Adapun ciri khasnya terlihat dari jenis kain dan topi yang dikenakannya. 

Pakaian adat Lampung yang dikenakan Jokowi merupakan busana khas yang kerap digunakan para pemuka adat Lampung pepadun.

Untuk jenis kainnya bernama bida yang merupakan motif kain khas yang digunakan pemuka adat dalam setiap kegiatan adat Lampung.

6. Tahun 2022 baju adat Kesultanan Buton

6. Tahun 2022 baju adat Kesultanan Buton
Instagram.com/jokowi

Banyak kejadian menarik pada Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022). Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara. 

Pakaian adat yang disebut dolomani ini merupakan salah satu kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi kesultanan. Jokowi mengenakan satu set baju dolomani terdiri dari baju, celana, sarung, dan kopiah. 

Ketika digunakan, turut dilengkapi kotango (baju dalaman), sulepe (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik), dan katuko (tongkat).

Itulah tadi kostum Jokowi saat Upacara HUT Kemerdekaan RI dari tahun ke tahun. Kostum adat tradsional mana yang paling terkenang nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk