Potret Finalis Miss Universe Arab, Pertama Setelah 70 Tahun Digelar

Miss Universe UEA digelar pertama kali setelah puluhan tahun tanpa sesi penampilan bikini

25 Oktober 2021

Potret Finalis Miss Universe Arab, Pertama Setelah 70 Tahun Digelar
Instagram.com/missuniverseuae

Kontes kecantikan dunia, Miss Universe UEA secara resmi bakal digelar di Dubai, UAE (Uni Emirat Arab). Acara ini rencananya akan digelar di La Perle, Kota Al Habtoor Dubai pada 7 November 2021 mendatang. 

Kontes ratu kecantikan tingkat dunia ini sontak langsung mendapat perhatian banyak pihak. Sebab ini pertama kali sejak 70 tahun negara Arab menggelar acara Miss Universe. 

"Ditunjuk sebagai President pertama dan National Director Miss Universe UAE yang bersejarah adalah suatu kehormatan besar. Tetapi ini juga datang dengan tanggung jawab besar," ujar Josh Yugen di Instagramnya, Sabtu (23/10/2021). 

Menurutnya, Miss Universe UEA bukan hanya parade kecantikan atau perayaan kecerdasan tetapi lebih dari itu. Ini menjadi ajang yang memiliki tujuan dan hati untuk melayani dan membantu melalui advokasinya. 

Minggu-minggu menjelang final yakni 20-30 Oktober ada 30 kontestan yang akan berkompetisi dalam beberapa kegiatan pra-kontes. Misalnya pemotretan, tantangan runway, pemotretan komersial, pernyataan pribadi, pakaian couture, gaun malam dan wawancara.

Perbedaan dari Miss Universe di negara lain yakni di kontes Miss Universe UEA tidak akan menggelar sesi peragaan baju renang. Ini merupakan bentuk penghormatan kepada budaya di seluruh tanah Uni Emirat Arab. 

Penarasan seperti apa potret finalis Miss Universe Arab ini? Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. Finalis Miss Universe UEA saat ini masuk pengumuman 30 besar

1. Finalis Miss Universe UEA saat ini masuk pengumuman 30 besar
Instagram.com/missuniverseuae

Kontes kecantikan Miss Universe UEA digelar di Dubai, Uni Emirat Arab dengan keadaan yang lebih baik. Ini menjadi ajang perempuan di sana ikut berpartisipasi aktif dan menjadi perwakilan UEA di Miss Universe global.

Menuju malam final pemilihan Miss Universe UEA, ada 30 finalis dari negara ini yang diperkenalkan. Adapun tiga finalis pertama yakni Marwa, Dilnoza dan Sara.

Marwa adalah perwakilan dari Alqarayn, Sharjah. Ia merupakan aktris dan model berusia 23 tahun. Lalu Dilnoza merupakan perwakilan dari Downtown, Dubai dan masih berusia 23 tahun. Terakhir ada Sara, finalis Miss Universe UEA yang gemar berkuda berusia 25 tahun. 

2. Setiap kontestan punya ciri khas wajah yang unik

2. Setiap kontestan pu ciri khas wajah unik
Instagram.com/missuniverseuae

Perbedaan Miss Universe UEA dan negara lain selanjutnya adalah pengenalan para finalis 30 besar mereka. di Instagram official mereka, para finalis semuanya mengenakan hijab yang menutupi rambut mereka.

Meski begitu, aura menawan mereka tetap terpancar. Mereka memiliki ciri khas dan keunikan wajah masing-masing.

Tiga kontestan selanjutnya yakni Alma, Jasmin dan Bahar. Kontestan Alma bernama lengkap Alma Prtsich yang merupakan model berusia 24 tahun. Lalu kontestan Jasmin bernama lengkap Jasmin Lazarus ya3. Semua finalis Miss Universe UEA punya pesona yang menawanng berusia 22 tahun perwakilan dari Al Reem Island, Abu Dhabi. 

Kontestan selanjutnya adalah Bahar Kommieva yang merupakan model sekaligus influencer. Ia berusia 26 tahun yang merupakan perwakilan Miss Universe UEA dari Al Jaddaf, Dubai.

3. Semua finalis Miss Universe UEA punya pesona yang menawan

3. Semua finalis Miss Universe UEA pu pesona menawan
Instagram.com/missuniverseuae

Menggelar Miss Universe di UEA menjadi keunikan tersendiri. Selain pertama sejak 70 tahun, kontes kecantikan ini kerap menuai kontra dan penolakan karena dianggap berkebalikan dengan budaya di sana.

Oleh karenanya, nilai yang diangkat dari Miss Universe UEA ini tidak hanya menawan dan cerdas, tapi suara perempuan juga bisa menjadi diplomasi perjuangan masa kini.

Untuk finalis ketujuh sampai kesembilan Miss Universe UEA yakni Emilia, Franki dan Razan. Masing-masing dari mereka punya keunikan masing-masing.

Emilia Dobreva adalah model sekaligus pengusaha muda di Dubai, UEA. Perempuan berusia 24 tahun ini juga berperan sebagai mental health advocate dan pernah menjadi Miss Friendship International tahun 2019.

Finalis selanjutnya yakni Franki Russell yang merupakan kontestan dari Filipina yang menetap di Dubai, UEA. Ia adalah perwakilan dari Downtown, Dubai dan berusia 27 tahun.

Selanjutnya ada Razan Zughayar yang merupakan perwakilan dari Al Reem Island, Abu Dhabi. Ia berusia 28 tahun dan merupakan influencer.

Editors' Picks

4. Tidak akan ada sesi catwalk baju renang di Miss Universe UEA

4. Tidak akan ada sesi catwalk baju renang Miss Universe UEA
Instagram.com/missuniverseuae

Salah satu sesi yang biasanya ada di gelaran Miss Universe adalah catwalk menggunakan bikini. Namun, sesi itu akan tidak diadakan untuk gelara Miss Universe UEA.

Ini menjadi salah satu penghormatan terhadap budaya negara-negara Arab yang menjunjung kehormatan perempuan.

Finalis Miss Unverse UEA selanjutnya yakni Natalia, Anita dan Anna. Masing-masing mewakili Dubai dari kota dan wilayah yang berbeda untuk memperebutkan gelar Miss Universe mewakili UEA.

Natalia Lupatova adalah model berusia 24 tahun perwakilan Trade Cenre, Dubai. Ia juga merupakan aktris dan penyanyi lho. 

Lalu ada Anita yang berusia 24 tahun dari Palm Jumeirah, Dubai. Ia adalah model dan memiliki latar belakang sekolah bisnis. Kemudian Anna yang berusia 24 tahun perwakilan dari Palm Jumeirah, Dubai.

5. Miss Universe 2021 sendiri akan digelar di Israel

5. Miss Universe 2021 sendiri akan digelar Israel
Instagram.com/missuniverseuae

Miss Universe 2021 adalah gelaran ke-70 Miss Universe yang akan diselenggarakan di Eilat, Israel. Hal itu berdasarkan keputusan pada tanggal 20 Juli 2021 oleh Miss Universe Organization (MUO).

Organisasi itu resmi mengumumkan bahwa kompetisi akan berlangsung bulan Desember 2021. Sebagai penyelenggara, Organisasi Miss Universe menggandeng pemerintah kota Eilat dan Kementerian Pariwisata Israel.

Mencari perwakilan dari UEA, saat ini 25 kontestan bersaing untuk memperebutkan mahkota kehormatan itu. Kontestan ke-13 hingga ke-15 yakni Asher, Reem dan Victoria.

Asher Jones adalah model yang menetap di Dubai. Ia ikut ajang Miss Universe UEA mewakili Dubai Marina dan berusia 28 tahun. Lalu ada Reem yang berusia 25 tahun adalah seorang model dan art director.

Sementara itu, Victoria Alvarez adalah kontestan yang aktif di NGO (Non-Governmental Organisation) di Dubai. Ia juga merupakan seorang pramugari lho. 

6. Setiap perempuan di UEA berhak mengikuti kontes Miss Universe UEA 2021

6. Setiap perempuan UEA berhak mengikuti kontes Miss Universe UEA 2021
Instagram.com/missuniverseuae

Diungkapkan oleh Josh Yugen, setiap perempuan yang tinggal di Uni Emirat Arab (UEA) dapat mendaftar menjadi kongtestan Miss Universe UEA. Pendaftaran usia minimal yakni 18 tahun.

"Kami melihat keragaman dan kami ingin mereka mewakili semangat bangsa ini," tutur Josh dalam sebuah wawancara pada Sabtu (23/10/2021).

Kontestan ke-16 sampai ke-18 finalis Miss Universe UEA adalah Saachi, Nutchaya dan Karolina. Ketiga kontestan ini memiliki ciri khasnya masing-masing lho.

Saachi adalah kontestan dari Abu Dhabi yang berusia 19 tahun. Lalu ada Nutchaya yang merupakan kontestan asal Bangkok, Thailand yang bermukin di Dubai. Ia berusia 28 tahun.

Kontestan selanjutnya adalah Karolina yang berusia 24 tahun dengan nama lengkap Chernoshej Karolina. Ia pernah mengikuti kontes Miss Intercontinental Belarus, Miss Tourism International Belarus, Miss Eco International Belarus dan World Miss University.

7. Mengusung slogan 'breaking stereotipe', Miss Universe UEA tidak hanya soal cantik

7. Mengusung slogan 'breaking stereotipe', Miss Universe UEA tidak ha soal cantik
Instagram.com/missuniverseuae

Slogan yang diusung oleh Miss Universe UEA cukup tajam dan to the point. Dengan tema breaking stereotipe, Josh mengungkapkan Miss Universe UEA juga ingin menunjukkan keberagaman di sana.

Miss Universe UEA tidak mempermaslahkan asal negara kontestannya. Sehingga ada beberapa finalis yang memiliki kewarganegaraan selain di UEA juga masuk menjadi kontestan.

Finalis Miss Universe UEA ke-19 sampai ke-21 yaitu Kristin, Daria dan Ameera. Ketiganya memiliki ciri khas unik dan masing-masing dan berasal dari latar belakang yang berbeda.

Ada Kristin yang merupakan kontestan berusia 20 tahun dari Town Square, Dubai. Lalu ada Daria Ko adalah model dan kontestan yang pernah menjadi kontestan di Miss Europe. Ia juga seorang makeup artist berusia 27 tahun.

Kemudian ada Ameera yang merupakan kontestan berusia 23 tahun yang juga bekerja sebagai presenter, model dan content creator di TikTok. 

8. Tak hanya perempuan Arab, Miss Universe UEA juga ada dari Thailand hingga Uganda

8. Tak ha perempuan Arab, Miss Universe UEA juga ada dari Thailand hingga Uganda
Instagram.com/missuniverseuae

Seperti yang disampaikan Josh Yugen, finalis Miss Universe UEA akan sangat beragam karena tidak memandang asal negara dan latar belakang finalisnya. 

Sebab, dari 30 finalis yang diumumkan pada 20 Oktober 2021 kemarin ada kontestan yang berasal dari Thailand, Filipina, Turki, Uganda, Belarus dan lainnya.

Untuk finalis ke-22 sampai ke-25 Miss Universe UEA 2021 yakni Keerati, Oliver, Rachel dan Shahinaz. Keempat kontestan ini sangat beragam dan berasal dari negara yang berbeda lho.

Kiki Keerati Dubai adalah kontestan keturunan Asia yang menetap di Dubai. Ia berusia 28 tahun dan bekerja sebagai public figure di UEA. 

Lalu ada Oliver Nakakande yang merupakan kontestan Miss Uganda 2019/2020. Top ModelMiss World berusia 27 tahun ini menjadi perwakilan dari Dubai South, Dubai. 

Selanjutnya adalah Rachel yang merupakan content creator berusia 26 tahun. Bernama lengkap Rachel Altenburg ia mewakili Dubai Hills Estate, Dubai.

Lalu ada Shahinaz yang merupakan influencer fashion, beauty dan lifestyle di Dubai. Ia aktif sebagai Youtuber dan creator TikTok juga lho.

Itulah tadi potret finalis Miss Universe Arab yang kembali digelar sejak 70 tahun. Dari penampilan dan tajuk yang diusung yakni breaking stereotipe ini menjadi babak baru kontes kecantikan di negara-negara Arab.

Mama ikut exited nggak nih dengan Miss Universe UEA yang digelar setelah lebih dari 50 tahun?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.