Tak Hanya Krim dan Serum, Suplemen Juga Bisa Dukung Kesehatan Kulit

Perpaduan antara skin care dari luar dan suplemen bisa mendukung kesehatan kulit lho!

26 Februari 2021

Tak Ha Krim Serum, Suplemen Juga Bisa Dukung Kesehatan Kulit
Unsplash/raphaellovaski

Banyak masyarakat yang mengira jika menjaga kulit tetap sehat adalah dengan menerapkan rutinitas skin care yang padat dan banyak. Ternyata anggapan itu tidak selalu benar. 

Memang benar jika skin care atau perawatan wajah menunjang penampilan. Namun, hal itu bisa lebih maksimal jika dibarengi dengan suplemen. Sebab, suplemen ini mampu bekerja hingga lapisan kulit terdalam.

Mama di rumah mungkin masih bingung soal suplemen kecantikan kulit itu baik atau tidak. Berikut Popmama.com rangkum sejumlah faktanya.

Editors' Picks

1. Perawatan kulit harus dimulai sejak muda

1. Perawatan kulit harus dimulai sejak muda
Freepik/valuavitaly

Anggapan soal skin care hanya dibutuhkan ketika kulit bermasalah rupanya harus diubah. Karena semakin dini kita merawat kulit maka kesehatan dan keremajaannya akan lebih panjang. Masalh kulit seperti penuaan dini tentunya akan lebih bisa diminimalisir.

“Banyak yang belum sepenuhnya menyadari bahwa perawatan kulit dari dalam harus dimulai sejak usia muda dan tentunya membutuhkan komitmen jangka panjang agar hasilnya lebih baik,” ungkap Rachel Olsen B.Sc, Nutrition Expert YOUVIT dalam webinar dengan media, Selasa (22/2/2021). 

Menurutnya, mulai dari pertengahan hingga akhir usia 20-an kolagen mulai berkurang. Kadar kolagen yang berkurang menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan lebih tipis sehingga elastisitas kulit menurun dan menyebabkan munculnya garis-garis halus.

Selain usia, gaya hidup, seperti kurang tidur, kurang asupan nutrisi dan air, sering terpapar sinar matahari dan polusi udara, merokok, atau konsumsi alkohol juga bisa mengakibatkan kolagen pada kulit semakin berkurang lho.

2. Beberapa vitamin dan mineral ini sangat dibutuhkan kulit

2. Beberapa vitamin mineral ini sangat dibutuhkan kulit
Freepik/master1305

Tak hanya tubuh, kulit manusia membutuhkan berbagai asupan mineral dan nutrisi yang mendukung elastisitasnya dan kesehatannya. Disebutkan oleh Puteri Aisyaffa, S.Gz, RD sebagai Nutrition Expert YOUVIT jika ada beberapa vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

"Terdapat banyak zat gizi yang dikenal bisa meningkatkan kesehatan kulit. Selain kolagen dan vitamin C, terdapat Vitamin A dan Vitamin E, yang mana termasuk kedalam golongan antioksidan," tuturnya.

Mineral dan vitamin itu memiliki peran penting dalam melawan radikal bebas yang berbahaya bagi kulit, dan masih banyak zat gizi lainnya.

3. Penggunaan skin care dari luar akan lebih maksimal dengan suplemen yang mendukung

3. Penggunaan skin care dari luar akan lebih maksimal suplemen mendukung
Dok. YOUVIT

Mungkin saat ini banyak orang yang menganggap bahwa skin care dari luar sudah cukup mengatasi masalah kulit wajah. Memang benar, tapi kinerja dari skin care tersebut akan lebih maksimal jika ditunjang dengan menggunakan suplemen. 

"Penggunaan skincare/perawatan wajah pada dasarnya hanya dapat mengatasi di permukaan luar kulit, sedangkan suplemen, dalam hal ini adalah suplemen kolagen, bekerja di lapisan terdalam kulit, yaitu dermis," 

Puteri menyebut jika skincare dan suplementasi kolagen sama-sama dibutuhkan karena keduanya bekerja secara maksimal dengan membentuk sinergi lho. Skincare dengan kemampuannya untuk melindungi kulit dari paparan luar, sedangkan suplemen kolagen yang dikonsumsi dengan kemampuannya untuk menutrisi
kulit dari lapisan terdalam.

Kolaborasi antara YOUVIT x ERHA Collagen menciptakan inovasi yakni perpaduan antara suplemen kolagen 1.000 mg dan vitamin C dalam format gummy dengan rasa strawberry yang enak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.