Tips Styling Hijab Tanpa Jarum Pentul, Gampang & Anti Ribet!

Cocok dan wajib dicoba bagi Mama penggemar hijab motif atau polos nih

24 Oktober 2021

Tips Styling Hijab Tanpa Jarum Pentul, Gampang & Anti Ribet
Pexels/ichad-windhiagiri

Mengenakan hijab kini tak hanya bagian dari perintah agama untuk menutup aurat. Hijab juga menjadi statement point dalam fashion muslim di Indonesia dan dunia.

Dengan mayoritas penduduk beragama Islam, perkembangan tren hijab di Indonesia terbilang pesat. Setiap tahun selalu ada gaya, motif, warna dan bahan hijab baru yang diperkenalkan oleh berbagai desainer. 

Olga Tampake dan Vivi Susanti dari d'DESIGNER menjelaskan dan memberikan tips styling hijab keren untuk Mama pakai. Tak hanya elegan, gaya dan tips hijab ini juga membuat penampilan Mama bisa level-up tanpa bersusah payah.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. Jangan takut padu padan hijab dengan baju warna cerah

1. Jangan takut padu padan hijab baju warna cerah
Freepik/marymarkevich

Kadang kita takut untuk mix and match baju dengan hijab. Padahal menurut Olga Tampake yang juga owner dari brand OLGA ini kita tak perlu ragu lho.

Tipsnya, pilih warna yang sebanding dengan dress dan hijab yang kita kenakan. Misalnya, shock pink bisa dipadukan cantik dengan hijau stabillo cerah lho.

Menurut Olga kreatif dalam bereksperimen membuat kita lebih mudah menemukan style yang akhirnya cocok untuk dipakai sehari-hari. 

"Jangan pernah kahawatir untuk mix and match dress, dengan ada aksesoris di baju juga bisa dipasangkan dengann hijab bermotif," ujar Olga di acara Instagram Live Popmama.com dan Central Departement Store, 19 Oktober 2021.

2. Hijab segi empat tanpa pentul yang simple untuk meeting di rumah

2. Hijab segi empat tanpa pentul simple meeting rumah
Instagram.com/popmama_com

Untuk gaya hijab pertama, Vivi yang juga owner brand Vandessa menunjukkan cara styling hijab simpel yang cocok dipakai saat buru-buru. Tanpa pentul, kita harus memposisikan sisi kanan lebih panjang dari pada sisi kiri hijab.

Bagian kiri dan kanan hijab bagian dalam diselipkan ke dalam ciput agar lebih rapih. Sisa bagian sisi kanannya diputar ke belakang hingga ke depan lagi. 

"Saya menyebutnya styling a la syal," ujar Vivi dalam kesempatan yang sama.

Editors' Picks

3. Gaya styling hijab kedua cocok WFH di rumah

3. Gaya styling hijab kedua cocok WFH rumah
Instagram.com/popmama_com

Untuk gaya kedua, sisi sebelah kiri lebih pendek daripada sisi sebelah kanan hijab. Bagian kiri diputar ke belakang leher.

Lalu, sisi sebelah kananya juga diputar ke belakang dengan sedikit loose. Jangan lupa dirapihkan. Dengan gaya ini cocok sekali untuk Mama yang memiliki hijab motif di belakang.

4. Tips membeli kerudung untuk pemula atau yang baru mengenakan hijab

4. Tips membeli kerudung pemula atau baru mengenakan hijab
Pexels/RODNAE Productions

Bagi pemula atau Mama yang baru mengenakan hijab kadang bingung mencari dan membeli warna apa saja agar bisa cocok ke berbagai warna baju. Vivi menyarankan untuk pemula sebaiknya bermain aman dan memilih warna netral.

Warna netral cenderung cocok dipadukan dengan berbagai pakaian beragam warna. Hijab berwarna netral juga cocok dikenakan saat acara formal atau informal.

"Cari warna-warna yang memang netral. Misalnya, nude, abu-abu itu netral untuk semua pakaian. Warna-warna itu akan lebih sering dipakai sekalipun dress-nya nggak warna netral,"  ujar Vivi.

5. Hijab voal yang cocok untuk pesta

5. Hijab voal cocok pesta
Freepik/freepik

Saat ini keberadaan hijab voal makin laris di pasaran. Vivi menyebut bahan hijab ini memang jadi salah satu yang terbaik untuk dikenakan.

Tidak hanya untuk sehari-hari, tapi juga bisa dikenakan untuk pesta. Namun, alangkah baiknya untuk pergi ke acara yang lebih mewah bisa menggunakan hijab berbahan voal shine

Karakteristik bahannya tetap nyaman dipakai. Namun, memberikan efek mewah dan glamour dari pakaian yang kita kenakan.

"Voal shine, bahannya lebih mengkilap jadi cocok untuk pesta. Itu lebih mewah juga, tapi tetap jenisnya voal jadi nyaman," tutur Vivi.

6. Gaya hijab simpel dan elegan untuk sehari-hari

6. Gaya hijab simpel elegan sehari-hari
Instagram.com/popmama_com

Selanjutnya, Vivi dan Olga memberikan tutorial hijab simpel tapi elegan untuk dikenakan oleh Mama sehari-hari. Masih sama seperti sebelumnya, sisi bagian kanan lebih panjang daripada sisi bagian kiri.

Bagian kanan dililitkan ke belakang (di bawah bagian hijab) hingga ke arah depan lagi. Lalu sisa bagian kanan dan kiri tadi bentuk pita agar lebih manis. 

"Ini styling-nya dapet, dan motif yang ada juga tetap dapet," tutur Olga menambahkan tips styling.

7. Gaya hijab untuk wajah bulat agar lebih tirus

7. Gaya hijab wajah bulat agar lebih tirus
Instagram.com/popmama_com

Selanjutnya ada gaya hijab agar muka lebih tirus. Styling hijab ini cocok digunakan bagi Mama yang memiliki bentuk wajah bulat.

Gaya hijab simple ini sangat berguna untuk Mama yang juga buru-buru. Caranya, bentuk hijab segiempat menjadi segita. Lalu panjang hijab kanan-kirinya sama panjang.

Setelahnya, langsung lilitkan bagian kiri dan kanan ke belakang hijab dan ikat sesuai kenyamanan Mama. Atur lagi hijab agar lebih rapih saat dilihat.

"Untuk yang mukanya chubby, pin bagian untuk mengunci hijab agak maju. Ini membuat tampilan pipi menjadi lebih tirus," tutur Vivi.

Dari sekian banyak styling hijab, kita bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah dan juga warna kulit. Tips di atas ini bisa langsung kita terapkan untuk memilih dan mencoba styling hijab sesuai karakter kita lho.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.