8 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Menyehatkan Kulit

Salah satunya ada tomat yang mengandung likopen untuk melindungi kulit dari sinar matahari

27 Oktober 2021

8 Jenis Makanan Baik Dikonsumsi Menyehatkan Kulit
Freepik/Jcomp

Masalah kesehatan kulit disebabkan oleh banyak faktor, baik itu internal maupun eksternal. Misalnya, kebiasan buruk merokok, terlalu sering terpapar sinar matahari, kurang tidur, serta bahaya radikal bebas.

Oleh karenanya, kamu membutuhkan nutrisi dari makanan untuk mengatasi hal tersebut. Ini karena, beberapa jenis makanan mengandung antioksidan, serta vitamin yang bisa memberikan perawatan dan perlindungan pada kulit.

Meskipun makanan tidak bisa membantu memperbaiki kerusakan parah akibat sinar matahari, tapi setidaknya nutrisi di dalamnya bisa membantu kulit mengatasi stres akibat lingkungan sehari-hari, dan mengurangi terjadinya peradangan pada kulit. Dimana kondisi ini banyak menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, dermatitis dan psoriasis.

Memilih makanan yang tepat untuk kulit sehat, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan memilih makanan sehat untuk bagian tubuh lainnya kok. Dilansir dari Healthline, berikut ini Popmama.com telah merangkum 8 jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menyehatkan kulit.

1. Salmon bantu menyehatkan kulit karena mengandung astaxanthin

1. Salmon bantu menyehatkan kulit karena mengandung astaxanthin
Freepik/Topntp26

Salmon kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Kedua nutrisi ini penting untuk kesehatan kulit kamu. Tak hanya ikan, kamu bisa juga mendapatkan dosis asam lemak omega-3 dari biji chia, biji rami dan kacang kenari.

Salmon dan beberapa jenis makanan laut lainnya seperti udang dan lobster, juga mengandung astaxanthin. Astaxanthin bermanfaat untuk menyehatkan kulit, karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan, serta menurunkan stres oksidatif penyebab penuaan dini.

2. Labu mengandung beta karoten yang baik untuk kulit

2. Labu mengandung beta karoten baik kulit
Freepik/spukkato

Labu adalah salah satu bahan makanan berwarna oranye yang mengandung beta karoten. Beta karoten adalah senyawa antioksidan kuat yang terkonsentrasi di kulit.

Faktanya, terlalu banyak beta karoten sebenarnya bisa memberikan efek warna oranye pada kulit, tapi kondisi ini tidak menyebabkan bahaya.

Selain labu, kamu bisa juga mencukupi kebutuhan beta karoten tubuh dengan mengonsumsi makanan berwarna oranye lainnya seperti wortel, papaya, melon dan ubi jalar.

3. Tomat mengandung lycopene untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari

3. Tomat mengandung lycopene melindungi kulit dari bahaya sinar matahari
Freepik/Taira

Lycopene dalam tomat menjadikannya sebagai pilihan makanan untuk menyehatkan kulit. Lycopene adalah antioksidan yang bekerja untuk melindungi kulit, terutama dari sinar matahari. Ini juga yang membuat kulit kamu tampak lebih cerah dan awet muda lho.

Dapatkan likopen dari makanan alami ya, karena pada dasarnya bahan alami lebih kaya nutrisi daripada suplemen.

Selain tomat segar, kamu bisa juga lho mendapatkan likopen dari saus tomat dan pasta tomat.

Editors' Picks

4. Alpukat kaya vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan kulit

4. Alpukat kaya vitamin E lemak tak jenuh tunggal menyehatkan kulit
Freepik/wasant_foodtography

Buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Makan alpukat nggak hanya bagus untuk kulit, tapi juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV lho.

Bahkan menurut penelitian, alpukat dipercaya bisa membantu mencegah penuaan dini, meningkatkan elastisitas kulit, mencegah timbulnya jerawat, serta menghaluskan dan melembapkan kulit.

Selain mengonsumsi buah alpukat segar, kamu bisa juga menggunakan masker buah alpukat atau mengoleskan minyak alpukat ke kulit. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan ragam manfaatnya deh.

5. Teh hijau mengandung polifenol untuk mengurangi peradangan bakteri penyebab jerawat

5. Teh hijau mengandung polifenol mengurangi peradangan bakteri penyebab jerawat
Freepik

Teh hijau dikenal kaya akan polifenol, yang paling melimpah adalah katekin atau yang biasa disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Sebuah studi menunjukan bahwa, mengonsumsi teh hijau membantu kamu menghambat pertumbuhan dan mengurangi peradangan bakteri penyebab jerawat.

Efek antimikroba atau antiinflamasi yang diberikan oleh teh hijau, bekerja baik secara sistemik maupun topikal. Ini artinya, minum teh hijau atau mengoleskan lotion 2% dengan kandungan teh hijau, bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit.

Selain itu, teh hijau juga mampu mengangkat sel-sel kulit yang rusak, serta meningkatkan kolagen dan elastisitas kulit. Tentunya ini bermanfaat untuk menghindari terjadinya kerutan pada kulit, terutama wajah.

6. Jeruk mengandung vitamin C yang dikenal menyehatkan kulit

6. Jeruk mengandung vitamin C dikenal menyehatkan kulit
Pexels.com/prathsnap

Jeruk adalah salah satu buah yang paling direkomendasikan untuk mendapatkan vitamin C. Nah, vitamin C ini merupakan vitamin esensial yang sangat penting untuk kesehatan kulit, diantaranya membantu mencerahkan dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Vitamin C pada jeruk juga diperlukan untuk proses produksi kolagen, dimana ini bertindak sebagai antioksidan yang akan melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan.

Jika kamu tidak terlalu menyukai buah jeruk, tak perlu khawatir ya. Karena kamu bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah lainnya seperti kiwi dan stroberi.

7. Telur punya kandungan karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang menyehatkan kulit

7. Telur pu kandungan karotenoid, lutein zeaxanthin menyehatkan kulit
Freepik

Pasti kamu pernah mendengar tentang masker putih telur atau beberapa produk perawatan kulit yang mengandung telur kan?

Telur adalah salah satu jenis makanan alami dengan kandungan vitamin D yang baik untuk kulit. Bagian kuning telur punya kandungan karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang menyehatkan kulit. Sedangkan bagian putihnya, juga tak kalah bermanfaat untuk menyehatkan kulit karena mengandung beragam nutrisi.

Tapi, umumnya bagian putih telur lebih banyak digunakan untuk perawatan kulit, salah satunya digunakan sebagai masker putih telur. Ini bermanfaat untuk mengencangkan kulit, mengatasi komedo, mencegah kulit kering, menyerap kelebihan minyak di wajah, serta mengecilkan dan membersihkan kotoran pada pori-pori wajah.

8. Kefir dan kimchi menawarkan prebiotik dan probiotik alami untuk kesehatan usus dan kulit

8. Kefir kimchi menawarkan prebiotik probiotik alami kesehatan usus kulit
Pixabay/jinhokim

Menurut penelitian terhadap beberapa masalah kesehatan kulit seperti jerawat, psoriasis, dan dermatitis atopik, menemukan adanya hubungan antara kesehatan usus dengan kesehatan kulit.

Karena pada dasarnya, bakteri sehat yang ada pada usus membantu sistem kekebalan tubuh dan mengatasi peradangan pada tubuh termasuk kulit.

Seperti yang kita tahu, kefir adalah minuman susu fermentasi yang terbuat dari biji-bijian kefir. Sedangkan kimchi adalah hidangan sayuran khas Korea yang diasinkan dan difermentasi.

Kedua jenis makanan fermentasi ini, menawarkan prebiotik dan probiotik alami yang mampu menyehatkan usus, dan tentunya membantu menyehatkan kulit kamu.

Nah, itulah tadi 8 jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menyehatkan kulit. Dari delapan jenis makanan tersebut, mana yang paling sering kamu konsumsi?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.