5 Cara Mudah Mencuci Baju Bekas dari Thrift Shop

Hilangkan noda dan kumannya dulu sebelum digunakan ya, Ma

2 Agustus 2021

5 Cara Mudah Mencuci Baju Bekas dari Thrift Shop
Pexels/Burst

Membeli baju bekas di thrift shop saat ini telah banyak dilakukan oleh masyarakat, terutama kalangan anak muda. Selain harganya yang murah, baju bekas juga memiliki desain yang unik dan tidak pasaran.

Baju bekas yang dijual biasanya merupakan baju bermerek impor sisa produksi. Dengan membelinya, kita sudah turut membantu mengurangi sampah pakaian lho, Ma.

Tapi, membeli dan memakai baju bekas tentu ada kekhawatiran tersendiri ya, Ma, terkait kesehatan dan kebersihannya. Apalagi seperti yang kita tahu, baju bekas pernah melekat pada tubuh seseorang dalam jangka waktu lama.

Meskipun biasanya toko pakaian bekas menjual baju dalam keadaan bersih, Mama tetap harus mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan ya. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan infeksi penyakit.

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum 5 langkah mudah mencuci baju bekas dari thrift shop. Disimak ya, Ma!

1. Rendam baju bekas dengan air panas untuk menghilangkan kuman dan bakteri

1. Rendam baju bekas air panas menghilangkan kuman bakteri
Freepik/User18526052

Langkah pertama yang harus Mama lakukan adalah merendam baju bekas menggunakan air panas. Ini dilakukan untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel pada baju bekas.

Rebus air hingga mendidih, lalu gunakan untuk mrendam baju bekas yang baru Mama beli. Pastikan seluruh bagian dari baju tersebut terendam ya Ma.

Nggak perlu terlalu lama kok, cukup 10 – 15 menit hingga air rendaman berubah warna, tergantung banyak atau sedikitnya kotoran.

Editors' Picks

2. Rendam baju bekas dengan cairan antiseptik untuk membunuh kuman dan bakteri

2. Rendam baju bekas cairan antiseptik membunuh kuman bakteri
hip2save.com

Setelah merendamnya dengan air panas, lakukan perendaman sekali lagi menggunakan antiseptik ya, Ma. Langkah ini dilakukan untuk membunuh kuman dan kotoran yang nggak bisa mati saat direndam air panas.

Mama bisa meredamnya menggunakan antiseptik atau cairan pemutih pakaian selama kurang lebih 10 – 15 menit ya. Sebaiknya jangan terlalu lama agar warna baju yang Mama beli tidak luntur atau rusak akibat cairan pemutih.

3. Cuci baju bekas menggunakan deterjen dan pewangi pakaian

3. Cuci baju bekas menggunakan deterjen pewangi pakaian
Pexels/Teona Swift

Setelah melalui dua tahap perendaman, Mama bisa mencuci baju bekas menggunakan deterjen dan pewangi pakaian.

Pada tahap ini, Mama disarankan mencucinya langsung menggunakan tangan. Ini dilakukan untuk memastikan noda yang terdapat pada baju benar-benar hilang. Selain itu, biasanya label petunjuk perawatan pada baju bekas juga sudah hilang Ma, jadi lebih baik dicuci menggunakan tangan agar baju tidak rusak akibat proses pencucian.

Jangan mencucinya dengan tenaga yang terlalu kuat ya Ma. Cuci saja secara perlahan dan utamakan bagian yang masih kotor. Jika masih tersisa noda, Mama bisa menyikatnya menggunakan sikat khusus pakaian.

4. Jemur di bawah sinar matahari

4. Jemur bawah sinar matahari
Pexels/Karolina Grabowska

Setelah dicuci, Mama harus menjemurnya di bawah sinar matahari langsung untuk membantu proses sterilisasi alami. Saat terkena sinar matahari, kuman dan bakteri yang menempel pada baju akan benar-benar hilang.

Pastikan juga, Mama menjemurnya sampai benar-benar kering ya. Agar baju bekas tidak lembap dan bau apek saat digunakan.

5. Setrika baju bekas agar terlihat rapi

5. Setrika baju bekas agar terlihat rapi
Pexels/cottonbro

Jika sudah benar-benar kering, setrika baju menggunakan suhu tinggi. Mama bisa menggunakan suhu yang lebih panas dari biasanya. Suhu panas bisa membuat kuman mati, sehingga baju benar-benar bersih.

Tapi jangan lupa untuk memastikan jenis bahannya ya Ma, jangan sampai baju bekas malah rusak akibat disetrika. Kalau sekiranya bahan baju tersebut tidak bisa menahan suhu panas, Mama bisa gunakan suhu hangat saja untuk membuatnya tampak lebih rapi.

Nah, itulah 5 langkah mudah mencuci baju bekas dari thrift shop.

Membeli barang bekas yang masih layak pakai nggak ada salahnya kok Ma. Asalkan kita tahu cara merawatnya dengan benar, agar pakaian tersebut bersih dan aman saat digunakan.  

Semoga bermanfaat ya, Ma. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.