7 Manfaat Daun Peterseli untuk Kesehatan Rambut, Bisa Cegah Ketombe

Bisa jadi solusi alami untuk kamu yang punya masalah ketombe dan kerontokan rambut!

22 Januari 2022

7 Manfaat Daun Peterseli Kesehatan Rambut, Bisa Cegah Ketombe
Freepik/bublikhaus

Daun peterseli, tentu kamu sudah sering mendengar namanya kan?

Daun yang satu ini selain digunakan sebagai penyedap masakan, ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan lho. Diantaranya peterseli baik untuk kesehatan jantung, kulit dan juga rambut.

Peterseli kaya akan vitamin, antioksidan, serta mengandung beberapa senyawa penting untuk kesehatan rambut, salah satunya antiseptik.

Buat kamu yang punya masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, hingga infeksi kutu rambut, bisa banget nih pakai peterseli untuk mengatasinya. Cara menggunakannya juga cukup mudah, praktis dan yang terpenting tidak merusak rambut.

Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com telah merangkum 7 manfaat daun peterseli untuk kesehatan rambut, dilansir dari Dr Health Benefits. Cari tahu juga cara menggunakannya ya!

1. Peterseli bantu cegah kerontokan rambut

1. Peterseli bantu cegah kerontokan rambut
Freepik/user20678629

Kerontokan rambut bisa dialami oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini biasanya membuat tidak nyaman, karena dianggap bisa menyebabkan kebotakan rambut.

Untuk mencegah kerontokan rambut, kamu bisa pakai peterseli. Cukup haluskan daun peterseli, kemudian oleskan ke bagian kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih satu jam, sebelum keramas menggunakan sampo. Setelah itu, jangan lupa bilas dengan air hingga bersih ya!

2. Peterseli jadi solusi alami untuk infeksi kutu rambut

2. Peterseli jadi solusi alami infeksi kutu rambut
freepik

Bagi sebagian orang, memeriksakan diri ke dokter untuk mengatasi masalah kutu rambut dianggap memalukan. Padahal adanya kutu rambut selain bikin gatal, juga bisa menyebabkan infeksi di kulit kepala.

Nah sebagai solusi alami untuk mengatasi infeksi kutu rambut, kamu bisa menggunakan peterseli nih. Peterseli mengandung senyawa yang bersifat antiseptik. Dimana ini sangat bermanfaat untuk mengatasi infeksi kutu rambut.

Untuk mendapatkan manfaat ini, peterseli bisa kamu konsumsi langsung atau membuatnya sebagai masker rambut ya.

Editors' Picks

3. Peterseli bantu atasi masalah ketombe

3. Peterseli bantu atasi masalah ketombe
Freepik/Sakoodter1

Ketombe jadi salah satu masalah rambut yang sering dialami perempuan maupun laki-laki. Selain bikin gatal di kulit kepala, rambut berketombe juga bikin kita nggak percaya diri.

Tapi tenang, sekarang kamu bisa atasi masalah ketombe dengan peterseli. Caranya, haluskan peterseli kemudian oleskan ke bagian kulit kepala.

Beberapa senyawa dalam peterseli dinilai efektif untuk menghilangkan kelebihan sebum atau minyak di kulit. Seperti yang kita tahu, minyak di kulit kepala jadi salah satu penyebab munculnya ketombe.

4. Bantu merangsang pertumbuhan rambut sehat

4. Bantu merangsang pertumbuhan rambut sehat
Freepik/wayhomestudio

Setiap orang tentu menginginkan rambut yang sehat. Untuk itu kamu perlu fokus merawatnya mulai dari akar hingga ujung rambut. Cara yang bisa dilakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut sehat, salah satunya bisa dengan menggunakan peterseli.

Gunakan peterseli bubuk atau haluskan peterseli, kemudian gunakan untuk pijat kepala. Pijatan akan merangsang kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

5. Peterseli bisa mempertahankan warna alami rambut

5. Peterseli bisa mempertahankan warna alami rambut
Pexels/helena-ije

Pada dasarnya tidak ada yang lebih baik daripada warna alami rambut. Namun tak sedikit dari perempuan maupun laki-laki, yang ingin mengubah warna rambutnya agar terlihat lebih baik.

Tapi tahukah kamu kalau peterseli bisa bantu mempertahankan warna alami rambut?

Caranya kamu hanya perlu mengonsumsi peterseli secara rutin. Peterseli dikenal kaya tembaga, yang bermanfaat untuk mempertahankan warna alami rambut.

6. Kaya vitamin C, peterseli bisa bikin rambut jadi halus

6. Kaya vitamin C, peterseli bisa bikin rambut jadi halus
Freepik/lookstudio

Peterseli juga dikenal kaya vitamin C. Dengan mengonsumsinya, kamu bisa memastikan penyerapan zat besi yang optimal di dalam tubuh, guna menghasilkan sel darah merah yang cukup.

Nah sel darah merah yang diproduksi tersebut akan memberikan oksigen ke kulit kepala, serta merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan lembut. Jadi jangan ragu lagi untuk mengonsumsi daun peterseli ya.

7. Bantu membuat rambut lebih berkilau

7. Bantu membuat rambut lebih berkilau
Freepik/Gntfreepik

Siapa sih yang nggak ingin punya rambut sehat dan berkilau alami?

Tapi pada kenyataanya, banyak kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan atau produk perawatan rambut, yang justru bikin rambut rusak atau kehilangan kilaunya. Solusinya, kembali ke bahan alami ya.

Peterseli bisa bantu membuat rambut berkilau alami lho. Caranya dengan merebus daun peterseli, kemudian tunggu beberapa saat hingga air rebusan berubah warna menjadi kuning. Setelah itu dinginkan, lalu gunakan airnya untuk membilas rambut setelah keramas ya.

Demikianlah tadi 7 manfaat daun peterseli untuk kesehatan rambut. Peterseli bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran dan harganya juga cukup terjangkau. Jadi jangan ragu lagi ya, selamat mencobanya di rumah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk