5 Cara Penggunaan Lidah Buaya untuk Atasi Jerawat

Jerawat yang tiba-tiba muncul dan membandel tentu membuat kesal ya, Ma!

26 Juli 2021

5 Cara Penggunaan Lidah Buaya Atasi Jerawat
Freepik/Racool_studio

Permasalahan kulit yang sering dialami oleh perempuan pada umumnya, tanpa terkecuali Mama, adalah kulit yang berjerawat. Jerawat yang tiba-tiba muncul dan membandel tentu membuat kesal ya.

Namun, Mama tak perlu khawatir karena jerawat yang membandel ini bisa diatasi dengan menggunakan lidah buaya yang memiliki komponen anti-bakteri sehingga bermanfaat dalam mengatasi masalah jerawat.

Lidah buaya adalah tanaman asli asal Afrika yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk masalah kulit termasuk jerawat dan iritasi. Tanaman dengan daun berwarna hijau ini mengandung giberelin dan polikasarida yang membantu mengunci kelembapan di kulit.

Polisakarida di lidah buaya merangsang fibroblas untuk menghasilkan serat kolagen dan elastin agar kulit lebih elastis. Senyawa ini juga memiliki efek kohesif pada sel lapisan terluar kulit sehingga kulit akan lebih cepat mengelupas dan digantikan dengan sel kulit baru yang lebih lembut.

Oleh sebab itu, gel berwarna bening ini membantu menyamarkan bekas luka. Polisakarida dan giberelin juga berfungsi sebagai antibakteri untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Keduanya membantu menghilangkan minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati dan bakteri yang menyumbat pori-pori. Selain itu, lidah buaya juga bersifat anti peradangan alami dan antioksidan yang membantu mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang berkaitan dengan jerawat.

Nah, ada beberapa cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi jerawat. Melansir dari Medical News Today, Popmama.com sudah merangkum informasinya untuk Mama.

1. Masker lidah buaya murni

1. Masker lidah buaya murni
Freepik/Jcomp

Mama bisa menggunakan lendir dari tanaman lidah buaya atau menggunakan gel yang mengandung lidah buaya murni untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri biang jerawat dan mencegah timbulnya noda hitam bekas jerawat.

Untuk menghilangkan mengatasi jerawat dengan lidah buaya, cukup mengoleskan lendir atau gel lidah buaya ke kulit yang berjerawat sebelum tidur. Namun, pastikan kulit wajah sudah bersih ya sebelum dioleskan lidah buaya.

Setelah dioleskan, biarkan lidah buaya mengering dan meresap ke dalam kulit selama semalam. Ketika bangun tidur, segera bilas wajah dengan air sampai bersih.

Editors' Picks

2. Masker lidah buaya dan lemon

2. Masker lidah buaya lemon
Pexels/Pixabay

Campurkan lidah buaya dengan perasan lemon dengan perbandingan 8:1. Kombinasi lidah buaya dan lemon sama-sama memiiki kandungan antibakteri yang ampuh mengatasi jerawat.

Perasan lemon diketahui memiliki kandungan asam alami yang tinggi vitamin C. Kandungan nutrisi ini terbukti bisa mencerahkan dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Karena cukup asam harus dicampurkan dengan lidah buaya untuk menetralisir asamnya. Kulit pun akan lebih halus dan cerah setelah menggunakan masker lidah buaya dan lemon ini.

Campurkan 1/4 sendok teh (sdt) perasan lemon dengan dua sdt ekstrak lidah buaya. Lalu, oleskan masker di wajah dan biarkan meresap ke kulit 5-10 menit.

Kemudian, bilas wajah sampai bersih. Saat memakai masker lidah buaya dan lemon ini hindari area mata untuk mencegah iritasi.

3. Masker lidah buaya, kayu manis, dan madu

3. Masker lidah buaya, kayu manis, madu
Pixabay/Stevepb

Seperti lidah buaya, kayu manis dan madu juga mengandung zat antibakteri dan antiperadangan yang dapat mengatasi jerawat pada kulit. Mengombinasikan ketiga bahan alami ini jadi cara alternatif untuk menghilangkan bekas luka jerawat jadi lebih cepat hilang dan warna kulit jadi merata.

Untuk membuat masker dari kombinasi ketiga bahan alami ini, Mama campurkan dua sendok makan madu, satu sendok makan lidah buaya, dan ¼ sendok teh (sdt) bubuk kayu manis. Aduk sampai semua bahan tercampur.

Gunakan masker pada kulit atau wajah yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Masker lidah buaya dan tea tree oil

4. Masker lidah buaya tea tree oil
treehugger.com

Sebuah studi pada 2017 menunjukkan tea tree oil bisa mengatasi jerawat dengan tingkat keparahan ringan sampai sedang. Namun, terkadang tea tree oil cukup sensitif untuk kulit sebagian orang sehingga perlu campuran untuk agar tidak terlalu "keras" pada kulit sensitif.

Mama bisa mencampurkan lidah buaya dan tea tree oil untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya, campurkan air, lidah buaya, dan 2-3 tetes tea tree oil.

Campurkan hingga rata dan oleskan ke wajah terutama pada bekas jerawat kemudian segera bilas dengan air sampai bersih.

5. Scrub lidah buaya, gula, dan minyak kelapa

5. Scrub lidah buaya, gula, minyak kelapa
nutrition.org.uk

Untuk menyamarkan bekas jerawat dan mencegah timbulnya jerawat, Mama juga bisa menggunakan scrub lidah buaya yang dicampur dengan gula dan minyak kelapa. Gula yang bertekstur dapat mengangkat sel kulit mati, sedangkan minyak kelapa memiliki zat aktif lauric acid yang bisa melawan jerawat.

Mama cukup campurkan ketiga bahan alami tersebut dengan perbandingan 1:1. Kemudian, oleskan scrub ke wajah. Tunggu sebentar dan bilas sampai bersih.

Hindari menggosok scrub terlalu kencang pada wajah dan jangan gunakan scrub saat jerawat meradang. Gunakan secara berkala beberapa kali seminggu dan jangan setiap saat.

Itulah beberapa cara menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat. Cara-caranya cukup mudah dan Mama bisa mempraktikkannya di rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.