TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

12 Aksesori yang Sempat Tren pada Masanya, Batu Akik dan Power Balance

Sejumlah aksesori yang sempat tren ini bakal bikin kamu nostalgia!

12 Agustus 2022

12 Aksesori Sempat Tren Masanya, Batu Akik Power Balance
Instagram.com/lelucon_harian

Berbicara tentang aksesori memang tidak ada habisnya. Setiap tahun, pasti ada saja tren yang berhasil tercipta di Indonesia dari masa ke masa. Pada jaman sekarang, mempunyai aksesori yang pernah viral di era 2000-an pasti dianggap sudah ketinggalan jaman.

Namun bagi generasi 2000-an yang melewati masa kecilnya dengan berbagai macam aksesori tersebut, pasti memiliki kenangan tersendiri dan membuat nostalgia.

Berikut Popmama.com telah rangkum beberapa aksesori yang sempat tren pada masanya.

1. Gelang power balance

1. Gelang power balance
shopee.co.id

Masih ingat dengan gelang satu ini?

Gelang power balance pernah populer di akhir era 2000-an. Apalagi, gelangnya mempunyai klaim berguna untuk menyehatkan tubuh. Namun faktanya, klaim tersebut hanya teknik marketing saja, karena tidak ada kaitannya dengan kesehatan.

Gelang ini semakin menarik karena tersedia berbagai macam warna, mulai dari hitam, putih, kuning, pink, biru, dan banyak lagi.

2. Jam monol

2. Jam monol
bukalapak.com

Pada tahun 2010, jam monol sempat meledak di pasaran dan menjadi fashion item yang menjadi incaran banyak anak muda. Jam monol mempunyai bentuk bezel bulat serta tali pengikat sangat kecil dan ramping.

Angka penunjuk jam berbentuk garis-garis tipis. Biasanya, jam ini memiliki corak warna-warni, seperti putih, merah, kuning, cokelat, biru, merah muda, dan ungu.

3. Sandal karet merek Crocs

3. Sandal karet merek Crocs
shopee.co.id

Sandal karet dengan merek Crocs menjadi salah satu sandal sejuta umat pada era tahun 2000-an. Tidak hanya produk asli, tapi yang KW atau duplikat juga laku keras.

Kamu termasuk punya sandal satu ini nggak, nih?

Sampai saat ini, sandal crocs juga masih digemari banyak orang. Sandalnya membuat pengguna tetap stylish dengan cara yang praktis.

4. Silly Bandz atau gelang karet warna-warni

4. Silly Bandz atau gelang karet warna-warni
seventeen.com

Gelang karet warna-warni alias silly bandz juga pernah hits di kalangan anak-anak. ­Fashion item ini membuat penggunanya bisa tampil lebih funky. Buat yang belum tahu, silly bandz merupakan gelang berbentuk unik, seperti hewan, bunga, dan sejenisnya.

Gelang ini semakin menarik karena tersedia dengan warna-warni. Warnanya yang mencolok sangat cocok buat kamu yang memang suka berpenampilan menonjol. Kebanyakan, yang menggunakan silly bandz adalah anak perempuan.

5. Batu akik

5. Batu akik
shopee.co.id

Beberapa waktu lalu, semakin marak orang yang menyukai bahkan sampai mengoleksi batu akik atau batu mulia. Karena digemari banyak orang, seiring berjalannya waktu batu akik semakin beragam, ada yang berbentuk cincin atau pun kalung.

Namun, cincin batu akik menjadi yang paling populer dibanding aksesori lainnya. Mempunyai batu cincin akik seolah jadi bagian budaya dari masyarakat Indonesia.

Editors' Picks

6. Kalung choker

6. Kalung choker
tokopedia.com

Kalung choker juga merupakan salah satu aksesori atau fashion item yang hits pada masanya. Banyak perempuan mengklaim choker sebagai aksesori favoritnya. Aksesori ini cocok banget digunakan bagi mereka yang memang ingin menampilkan area leher.

Saking populernya pada masa itu, biasanya perempuan yang nggak pakai choker juga jadi ikut-ikutan beli. Apalagi, choker berwarna hitam cocok dipadu padukan dengan busana apa pun yang ada di lemari.

7. Celana balon

7. Celana balon
tokopedia.com

Celana balon yang mempunyai bagian kantor besar pernah menjadi tren di kalangan masyarakat luas, termasuk di Indonesia. Banyak para perempuan memakai celana ini karena modelnya yang lucu.

Selain bisa digunakan saat berjalan-jalan di luar, celananya juga cocok untuk di rumah. Ketika dipakai tidur pun bakal terasa nyaman banget. Celana balon juga kerap disebut sebagai celana aladin.

8. Hairclip extension

8. Hairclip extension
Twitter.com/Put_raaaa

Saat masih booming, hairclip extention ini dijual dengan harga seribuan. Banyak remaja perempuan menyukai aksesori tersebut karena memiliki beragam jenis warna.

Kebanyakan warna yang ditawarkan itu warna-warna mencolok, seperti biru, hijau, kuning, hot pink, dan banyak lagi. Penggunaan hairclip ini memang terbilang mudah, namun sayang produknya juga mudah lepas.

9. Slap bracelet

9. Slap bracelet
ubuy.co.id

Masih ingat dengan slap bracelet yang sempat jadi tren di akhir era 80-an hingga 90-an? Melansir dari New York Times, gelang yang disebut slap bracelet atau snap bracelet ini dibuat oleh Stuart Anders. Ia adalah guru sekolah menengah atas asal Amerika Serikat pada 1983.

Nama gelangnya dinamai berdasarkan cara pemakaiannya, yakni dengan menepukkan gelang ke pergelangan tangan. Selain itu, anak-anak dan para remaja lebih banyak mengenalnya dengan slap wrap

10. Gelang hitam

10. Gelang hitam
shopee.co.id

Di awal tahun 2000-an, gelang hitam ini sempat populer baik di kalangan perempuan maupun laki-laki. Selain bersifat unisex, gelang hitam juga bisa digunakan dalam acara apa pun, baik bersifat formal maupun non formal.

Menunjukkan kekompakan pasangam tidak harus menggunakan aksesori mahal. Gelang ini sangat cocok digunakan dengan pasangan. Gelang hitam sempat menjadi tren sebagai gelang pasangan.

11. Jepit rambut kupu-kupu

11. Jepit rambut kupu-kupu
Dok. Istimewa

Kemudian ada jepit rambut kupu-kupu yang terbuat dari logam. Sayap kupu-kupu yang berwarna-warni membuat fashion item ini semakin menarik anak perempuan untuk memilikinya.

Siapa di antara kamu yang mempunyai jepitan jenis ini?

12. Scarf bandana

12. Scarf bandana
Instagram.com/tioriabycaramia.official

Last but not least, scarf bandana tampaknya menjadi aksesori abadi yang tidak lekang oleh waktu. Aksesori satu ini datang dan pergi untuk tren mode dunia.

Seiring berjalannya waktu, scarf bandana juga kerap dikreasikan sebagai fashion item lain, seperti gelang atau aksesori leher.

Nah, jadi itulah beberapa aksesori yang sempat tren pada masanya. Aksesori mana yang punya memori berkesan untukmu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk