5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mencoba Skincare Baru

Yakin bakal cocok? Atau justru akan membuat masalah pada kulit wajah?

7 September 2020

5 Hal Harus Diperhatikan Sebelum Mencoba Skincare Baru
Freepik/master1305

Saat ini, berbagai brand kecantikan terus menawarkan produk terbaru untuk perawatan kulit yang menjanjikan hasil maksimal serta membuat kondisi kulit menjadi sehat.

Tren ini pun menjadi jawaban bagi banyak orang yang ingin mengatasi masalah pada kulit wajahnya.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli produk skincare untuk kulit wajahmu, sebaiknya lakukan 5 hal berikut ini terlebih dahulu. Catat daftar lengkapnya dari Popmama.com, ya!

1. Pastikan kamu mengetahui jenis kulit wajahmu

1. Pastikan kamu mengetahui jenis kulit wajahmu
Freepik/master1305

Dilansir dari The Skin Experiment, ada empat jenis kulit wajah. Pertama, kulit normal. Jenis ini disebut juga kulit yang sehat, seimbang, serta jarang memiliki masalah kulit.

Kedua, kulit kering, ditandai dengan wajah yang terasa agak kencang dan disebut rentan memiliki garis halus. Ketiga adalah kulit berminyak. Minyak berlebih pada wajah membuat kulit tampak bersinar secara berlebihan dan mudah berjerawat.

Keempat, kulit kombinasi, yaitu kulit yang biasanya hanya berminyak pada daerah T-Zone. Setelah mengetahui apa jenis kulit wajahmu, maka kamu baru bisa mencoba produk yang sesuai dengan jenis kulit.

Setiap produk biasanya menuliskan di bagian kemasan apakah bisa digunakan untuk jenis kulit normal, berminyak, kering, ataupun kombinasi. 

Editors' Picks

2. Baca review dari sumber terpercaya dan jangan ragu untuk meminta saran

2. Baca review dari sumber terpercaya jangan ragu meminta saran
Freepik/tirachardz

Ketika akan mencoba skincare, sebaiknya kamu baca terlebih dahulu review dari situs-situs terpercaya. Selain itu, kamu juga bisa meminta saran dari orang lain yang pernah menggunakan produk tertentu.

Akan lebih baik lagi bila meminta saran dari orang dengan jenis kulit dan masalah yang sama agar bisa memperoleh referensi dari sumber yang tepat. 

3. Sebelum memutuskan untuk beli, lakukanlah patch test 

3. Sebelum memutuskan beli, lakukanlah patch test 
Freepik/free picture

Patch test adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui apakah bahan tertentu menimbulkan reaksi pada kulit.

Dalam laman The Clog, Dendy Engelman seorang dermatolog asal New York mengatakan bahwa tes tersebut perlu dilakukan terutama oleh pemilik kulit sensitif.

Hal ini dilakukan untuk melihat apakah produk tertentu menimbulkan reaksi seperti gatal-gatal dan jerawat. Patch test untuk alergi bisa dilakukan di area tertutup seperti bagian lipatan tangan, serta area dekat dengan bagian kulit yang akan diaplikasikan.

Misalnya bila produk akan digunakan pada wajah, patch test dilakukan di area leher.

Sedangkan patch test untuk kulit berjerawat bisa dilakukan dengan dengan mengaplikasikan produk di bagian wajah selama satu minggu untuk mengetahui apakah cocok atau tidak.

4. Cobalah satu produk terlebih dahulu

4. Cobalah satu produk terlebih dahulu
Freepik/drobotdean

Tidak disarankan mencoba lebih dari satu produk dalam waktu yang bersamaan. Laman The Skin Experiment menjelaskan tujuannya adalah agar lebih mudah mengetahui ketika kulit tidak cocok dengan sebuah produk.

Saat kulit tiba-tiba berjerawat, kita bisa mencari tahu masalahnya. Apakah dengan berhenti menggunakan produk tertentu bisa membuat kulit menjadi lebih baik?

Selain itu, mencoba skincare satu per satu juga bertujuan agar kulit bisa melakukan penyesuaian terhadap produk yang baru digunakan.

5. Belilah produk skincare yang asli

5. Belilah produk skincare asli
Freepik/diana.grytsku

Saking banyaknya peminat skincare saat ini, bisa jadi ada pihak-pihak tertentu yang memalsukan produk tersebut dan dijual secara bebas. Produk palsu tersebut pun bisa dijual dengan harga yang sama seperti produk asli.

Ada pula yang menjualnya dengan harga jauh lebih murah sehingga banyak orang tergoda untuk membeli.

Alih-alih merasakan manfaat produk yang baik, menggunakan skincare palsu malah bisa menjadikan kesehatan kulit menurun, bahkan rusak! Oleh karena itu, sebaiknya belilah produk skincare yang asli di toko maupun website resmi.

Nah, itulah kelima hal yang harus diperhatikan sebelum mencoba skincare baru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.