Lebih Sehat dan Hemat! Ini 7 Cara Merawat Wajah Tanpa Skincare

Ayo, lakukan kebiasan baik berikut ini dan rasakan manfaatnya!

16 Oktober 2020

Lebih Sehat Hemat Ini 7 Cara Merawat Wajah Tanpa Skincare
Freepik/cookie_studio

Meskipun skincare saat ini menjadi suatu kewajiban tersendiri, namun nyatanya tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukan rutinitas tersebut.

Apakah kamu salah satunya? Jika iya, maka kamu perlu mencari cara lain agar kulit tetap terjaga dan sehat meski menjalani berbagai aktivitas setiap harinya.

Ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk membebaskan kulit dari masalah, salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat di kehidupan sehari-hari.

Melansir dari laman Elite Daily, salah satu kebiasaan sehat yang bisa dilakukan adalah dengan rajin berolahraga. Bukan tanpa alasan, kegiatan ini memang terbukti ampuh membuka pori-pori dan mengeluarkan bakteri maupun minyak dari dalam kulit.

Tidak hanya itu, masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu terapkan agar kulit tampak cerah tanpa skincare. Apa saja? Berikut Popmama.com telah merangkum ketujuh daftar lengkapnya.

1. Jangan terlalu sering menyentuh wajah

1. Jangan terlalu sering menyentuh wajah
Freepik/wayhomestudio

Tanpa kita sadari, kebiasaan menyentuh wajah seringkali dilakukan oleh banyak orang. Tak terkecuali kamu, bukan? Jika ingin wajah bebas masalah, stop lakukan kebiasaan ini!

Tangan digunkan untuk menyentuh berbagai benda dan melakukan berbagai aktivitas, lalu apakah bisa kamu bayangkan betapa banyaknya kuman dan bakteri yang ada di tangan dan jarimu.

Maka dari itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci. Karena bisa saja kuman yang ada ditangan akan berpindah ke wajah dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

2. Perbanyak minum air mineral

2. Perbanyak minum air mineral
Pixabay/Baudolino

Saat kamu mengalami dehidrasi, kulit akan kehilangan nutrisi sehingga terlihat kering. Minum air yang cukup diketahui bisa membuat kulit tampak lebih cerah, bersih, dan halus sehingga akan membantu kamu terlihat lebih berkilau.

Melansir dari laman Medical News Today, air mineral juga dapat melindungi kulit serta menjaganya dari kerusakan yang diakibatkan faktor lingkungan. Kulit yang terhidrasi akan membuat proses penyerapan nutrisi lebih mudah, serta bantu melepaskan racun.

Selain itu, untuk mempertahankan kulit yang sehat, sebaiknya hindari pula konsumsi minuman beralkohol karena bisa membuatmu terlihat kurang tidur dan memicu terjadinya penuaan dini.

Editors' Picks

3. Tidur yang cukup dan jangan begadang!

3. Tidur cukup jangan begadang
Freepik/yanalya

Sama seperti tubuh, kulit juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Dengan tidur yang cukup, kamu bisa membantu kulit agar tetap sehat dan bebas dari wajah kusam. 

Bila membiasakan pola tidur yang buruk, hal itu tidak hanya membuat kamu mudah lelah, tetapi juga bisa membuat penampilan tidak terlihat baik.

Dikutip dari laman Insider, saat tertidur kulit secara otomatis bekerja untuk mengatasi kerusakan dan peradangan yang terjadi. Tak hanya itu, tidur yang cukup juga bisa membantu kamu menjaga penampilan dan terhindar dari lingkaran mata berwarna gelap.

4. Lindungi kulit dari sinar matahari

4. Lindungi kulit dari sinar matahari
Freepik/maryamkevich

Melindungi diri dari paparan sinar matahari adalah salah satu cara menjaga kulit tetap sehat. Sinar matahari bisa membuat kulit mengalami penuaan dini, serta bisa memicu terjadinya kanker kulit.

Menurut Harvard Health Publishing, sinar matahari bisa membuat kulit kehilangan kelembapan dan minyak esensial sehingga mudah terjadi kerutan dan dehidrasi, termasuk juga pada anak muda.

Bila harus berjalan kaki, usahakan berada di sisi jalan yang terlindungi dengan pohon atau bangunan dan jangan lupa mengenakan topi, kacamata, dan baju lengan panjang sebagai pelengkap penampilan.

5. Sediakan waktu untuk berolahraga secara rutin

5. Sediakan waktu berolahraga secara rutin
Freepik/cookie_studio

Olahraga adalah kegiatan produktif yang perlu dilakukan setiap orang untuk menjaga tubuh dan kulit tetap sehat.

Dalam laman Insider, Marisa Garshick, seorang dokter kulit di New York City mengatakan bahwa keringat saat berolahraga bisa membantu membersihkan pori-pori asalkan kamu memastikan terlebih dulu kulit bebas riasan ketika kamu melakukan olahraga.

Selain itu, olahraga juga bisa membantu kamu meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah yang membuat kulit mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi sehingga tampak lebih bercahaya. 

6. Hindari makanan yang tidak sehat

6. Hindari makanan tidak sehat
Freepik/free picture

Makanan yang kamu konsumsi juga berpegaruh lho terhadap kulit wajah! Makanan yang tidak sehat akan membuat kulit wajahmu terlihat kusam dan berjerawat.

Oleh karena itu, mulai sekarang batasilah konsumsi gula, alkohol, junk food dan makanan yang mengandung susu. Sebaliknya, kamu harus lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah- buahan.

7. Ganti sarung bantal secara berkala

7. Ganti sarung bantal secara berkala
mirror.co.uk

Salah satu benda yang langsung bersentuhan dengan kulit wajah adalah sarung bantal. Kuman yang terdapat pada sarung bantal yang kotor akan membuat wajahmu timbul jerawat.

Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya gantilah dan bersihkan sarung bantalmu kurang lebih tiga hari sekali. 

Nah, itulah ketujuh cara merawat wajah tanpa skincare. Lebih alami dan lebih irit, bukan? Selamat mencoba dan tetap konsisten melakukannya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.