5 Pewarna Rambut Berbahan Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

Tetap menawan dengan rambut berwarna saat hamil, kenapa tidak?

17 Januari 2021

5 Pewarna Rambut Berbahan Alami Aman Ibu Hamil
Freepik/free picture

Setiap perempuan pada hakikatnya ingin selalu terlihat menarik, tak terkecuali para ibu hamil.

Tak heran jika perempuan rela menghabiskan waktu untuk melakukan perawatan wajah hingga perawatan rambut, seperti mewarnainya.

Meski selama ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa mewarnai rambut bisa membahayakan kehamilan, namun tetap saja bahan-bahan kimia dari pewarna rambut bisa mengganggu perkembangan janin.

Oleh sebab itu, para ahli menyarankan ibu hamil agar mewarnai rambut hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Dilansir dari laman Baby Gaga, berikut Popmama.com telah merangkum 5 bahan alami yang bisa digunakan sebagai pewarna rambut untuk ibu hamil.

Check it out!

1. Madu mentah sebagai bleaching

1. Madu mentah sebagai bleaching
Freepik/Aleksrybalko

Tak hanya sehat, madu mentah organik (organic raw honey) juga mengandung pemutih alami yakni hidrogen peroksida yang biasanya digunakan untuk bleaching rambut. Produk ini biasanya dijual di supermarket besar atau toko online.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menambahkan air dalam kemasan ke dalam beberapa sendok madu. Setelah itu, usapkan larutan madu tersebut ke rambut mu.

Kemudian, bungkus dengan handuk, lalu tunggu sekitar satu jam sebelum dibilas.  

Editors' Picks

2. Buah lemon sebagai bleaching

2. Buah lemon sebagai bleaching
Freepik/rawpixel.com

Sama seperti madu mentah, kandungan asam sitrat yang ada di dalam lemon bisa menjadi zat pemutih alami dan bereaksi dengan ultra-violet serta oksigen untuk mencerahkan rambut.

Bila ingin menggunakan jus lemon untuk pencerah alami warna rambut, kamu hanya perlu memeras lemon ke dalam botol semprot dan tambahkan sedikit air.

Setelah itu, semprotkan larutan tersebut ke helai rambut yang ingin diwarnai lebih cerah.

Jemurlah rambut yang sudah disemprot jus lemon di bawah paparan sinar matahari untuk mengubah komposisi melanin di rambut secara alami. 

3. Daun sage untuk warna rambut gelap

3. Daun sage warna rambut gelap
Freepik/ jcomp

Daun sage merupakan tumbuhan yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap dalam makanan. Selain berfungsi untuk bumbu, daun sage ternyata bisa dijadikan bahan untuk mewarnai rambut mu, lho!

Meskipun daunnya berwarna hijau muda, sage mengandung pigmen yang bisa menggelapkan rambut secara alami. Jadi, daun sage cocok bagi kamu yang mulai beruban.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok makan daun sage kering dengan secangkir air matang. Biarkan campuran tersebut terendam selama sekitar dua jam.

Setelah itu, peras daunnya dan tuangkan campuran tersebut ke rambut, biarkan meresap selama 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dan ulangi proses tersebut setiap hari sampai rambut menjadi gelap.

4. Jus wortel untuk warna rambut oranye

4. Jus wortel warna rambut oranye
Pexels/Pixabay

Sedang hamil tapi ingin mengecat rambut dengan warna yang mencolok?

Nah, jika kamu menginginkan warna oranye dengan highlight kemerahan yang sejuk, cobalah gunakan jus wortel yang dicampur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Setelah menunggu satu jam, bilas pewarna dengan cuka sari apel. Ulangi proses ini setiap hari sampai warnanya cukup kuat. 

5. Jus bit untuk warna rambut merah

5. Jus bit warna rambut merah
vietnamhairs.vn

Pewarna rambut berbahan alami selanjutnya adalah jus buah bit. Sebagai alternatif, jika kamu ingin memberi warna kemerahan yang lebih pada rambut, maka pilihlah jus buah bit yang dicampur dengan minyak rambut alami.

Biarkan pewarna selama sekitar satu jam sebelum dibilas. 

Nah, itulah kelima pewarna rambut berbahan alami yang aman untuk ibu hamil. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.