Selain Lurus, Ini 5 Gaya Rambut yang Bisa Kamu Buat dengan Catokan

Dijamin bikin penampilanmu jadi lebih fresh dan kekinian!

21 Juni 2021

Selain Lurus, Ini 5 Gaya Rambut Bisa Kamu Buat Catokan
Freepik/Valuavitaly

Hampir semua perempuan ingin terlihat menarik kapanpun dan di manapun. Selain memerhatikan riasan wajah dan busana, tatanan rambut pun tidak kalah pentingnya.

Maka dari itu, kini catokan menjadi salah satu alat wajib bagi sebagian perempuan. Ya, catokan atau flat iron merupakan hair tool andalan para perempuan yang biasanya digunakan untuk meluruskan rambut.

Selain berfungsi untuk meluruskan, ternyata masih banyak gaya rambut lainnya yang bisa didapatkan hanya dengan menggunakan alat ini.

Nah, biar gaya rambutmu nggak gitu-gitu aja, berikut Popmama.com telah merangkum 5 gaya rambut fresh dan kekinian yang bisa kamu buat hanya dengan catokan. Tertarik untuk mencobanya?

1. Soft waves untuk perempuan yang aktif dan praktis

Untuk kamu yang ingin mendapatkan rambut bergelombang, dapat melihat tutorial yang satu ini! Caranya mudah, cukup jepitkan catokan pada rambut, lalu geser catokan sepanjang 3 cm sambil diputar ke arah luar.

Kemudian, putar catokan ke arah dalam sambil menggesernya kurang lebih sejauh 3 cm. Ulangi langkah tersebut hingga ujung rambut bagian bawah. Gaya yang satu ini cocok untuk kamu yang aktif dan praktis.

Editors' Picks

2. Beach waves untuk tampilan yang kekinian

Beach waves merupakan salah satu gaya rambut yang tengah jadi favorit banyak perempuan. Untuk menatanya, mulailah dengan jarak 3-5 cm dari akar rambut. Kemudian, catok rambut dengan cara memutar catokan ke arah luar wajah.

Geser catokan hingga sekitar 3 cm dari ujung agar rambut tidak menjadi keriting hingga ke bagian bawah. Setelah semua bagian rambut keriting, sisir menggunakan jari hingga menghasilkan rambut bergelombang yang cantik natural.

Agar hasilnya maksimal, gunakan catokan yang memiliki sisi lengkung supaya hasilnya lebih mulus dan tidak terlihat 'patah'. 

3. C-Curls untuk perempuan yang feminin

C-Curls cocok untuk kamu yang tetap ingin memiliki rambut lurus, namun dengan sedikit tekstur di bagian bawahnya. Bisa dibilang gaya ini menjadi salah satu style yang paling mudah untuk didapatkan hanya dengan menggunakan catokan.

Untuk bagian atas rambut, kamu hanya perlu mencatoknya seperti biasa. Sisanya, kamu hanya perlu mencatok rambut bagian bawah rambut ke arah dalam. Agar tekstur yang dihasilkan lebih terdefinisi, bagi rambut ke dalam bagian-bagian kecil, ya!

4. Curls untuk tampilan yang lebih anggun

Kamu juga bisa mendapatkan tampilan rambut keriting dengan menggunakan catokan, mulai dari defined curls hingga loose curls. Caranya seperti membuat beach waves, yaitu dengan memutar catokan ke arah luar.

Namun, pastikan untuk mencatok rambut hingga bagian bawah agar keritingnya sempurna. Nah, yang membedakan apakah keriting yang terbentuk menjadi defined atau loose adalah kecepatan kamu mencatok.

Semakin perlahan kamu mencatok, hasil keriting yang didapatkan akan semakin terdefinisi.

5. Flipped out untuk tampilan vintage yang unik

Untuk kamu yang gemar dengan tampilan vintage, dapat mencoba gaya rambut yang satu ini. Flipped out hair cocok untuk kamu yang memiliki rambut dengan panjang yang sama.

Untuk membuatnya, mulailah mencatok dari bagian atas rambut. Kemudian, putar catokan ke arah luar saat kamu mencapai bagian bawah rambut. Ulangi hingga seluruh bagian rambut tertata dengan baik.

Kamu juga bisa menggunakan hair spray agar hasilnya lebih tahan lama.

Nah, itu dia berbagai gaya rambut yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan catokan. Dari kelima gaya rambut di atas, mana yang paling ingin kamu coba?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.