7 Tips Memanfaatkan Produk Kecantikan yang Sudah Kedaluwarsa

Biar nggak mubazir, jangan langsung dibuang dulu ya!

29 September 2020

7 Tips Memanfaatkan Produk Kecantikan Sudah Kedaluwarsa
Freepik/free picture

Mensortir produk kecantikan yang sudah kedaluwarsa atau tak layak pakai untuk kemudian dibuang merupakan hal yang wajar dan mungkin banyak dilakukan oleh sebagian orang.

Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya beberapa produk kecantikan kedaluwarsa atau tak layak pakai memiliki manfaat lain yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya?

Alih-alih membuangnya, lebih baik manfaatkan produk-produk kecantikan tersebut menjadi hal yang berguna. Nah, kira-kira bisa jadi apa saja ya produk kecantikan kedaluwarsa yang kamu miliki?

Simak ketujuh tipsnya dari Popmama.com berikut ini, ya!

1. Memanfaatkan sikat maskara

1. Memanfaatkan sikat maskara
Freepik/free picture

Maskara yang sudah kedaluwarsa atau kering kerap tidak dipakai lagi, bahkan dibuang begitu saja. Namun, apabila memiliki segudang ide kreatif, kamu bisa memanfaatkan aplikator maskara untuk mengeksfoliasi bibir, lho!

Caranya pun mudah, kamu hanya perlu merendam sikat maskara dalam mangkok yang telah diisi air panas dan sabun mandi. Aduk sikat maskara seraya membersihkannya.

Setelah sikat bersih dari sisa-sisa maskara, kamu bisa menggunakannya sebagai alat eksfoliasi. Kenakan lip balm atau lip sleeping mask, lalu gosok bibir secara lembut menggunakan sikat maskara untuk mengangkat kulit mati.

2. Manfaatkan aplikator eyeliner

2. Manfaatkan aplikator eyeliner
Amazon.com

Tak hanya aplikator maskara, aplikator eyeliner pun bisa kamu manfaatkan menjadi hal yang berguna. Karena lama tidak digunakan atau karena kemasannya tidak ditutup dengan benar, seringkali liquid eyeliner mengering.

Nah, sebelum membuangnya, coba dimanfaatkan dulu, yuk! Kamu bisa menggunakannya sebagai kuas kuteks. Setelah kuas eyeliner cair dibersihkan, kamu hanya perlu mencelupkan pada kuteks untuk digunakan.

Karena ukurannya yang kecil, tipis, dan runcing, kamu bisa memanfaaatkannya untuk membuat garis atau bahkan gambar pada kuku. Hmm, bisa untuk membuat nail art sederhana, nih!

Editors' Picks

3. Manfaatkan lip balm untuk melembapkan tumit kaki

3. Manfaatkan lip balm melembapkan tumit kaki
Freepik/diana.grytsku

Terlalu lama menyimpan lip balm, tidak hanya membuatnya kedaluwarsa, tetapi juga meleleh. Apalagi jika kamu menyimpannya di ruangan yang panas. Biasanya lip balm dikemas dalam bentuk stik, sehingga jika bentuknya tidak lagi padat, maka akan sulit menggunakannya.

Apabila mengalami hal serupa, coba pikir dua kali sebelum menyingkirkannya dari pouch. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan lip balm tersebut untuk melembapkan area lain yang sering mengalami permasalahan kulit, misalnya tumit kaki.

Kulit kaki merupakan bagian tubuh di mana kulit cenderung kering dan pecah-pecah. Nah, sekarang kamu bisa memberi kelembapan pada tumit kaki secara praktis dengan mengoleskan lip balm.

4. Manfaatkan toner menjadi pembersih serbaguna

4. Manfaatkan toner menjadi pembersih serbaguna
Freepik/ 3008571

Umumnya toner digunakan sebagai pembersih dan membantu mengecilkan pori-pori wajah. Beda hasilnya jika toner sudah kedaluarsa, alih-alih glowing, kulit wajahmu justru akan menjadi rusak.

Untuk itu, manfaatkanlah toner kedaluarsa sebagai pembersih layar laptop, handphone, perabot rumah, serta kaca supaya terhindar dari bakteri karena kandungan alkoholnya.

Jika toner tidak mengandung alkohol, kamu bisa memanfaatkannya sebagai pembersih tas dan sepatu berbahan kulit supaya tidak berdebu.

5. Manfaatkan lipstick menjadi pewarna kuku

5. Manfaatkan lipstick menjadi pewarna kuku
Freepik/Racool_studio

Jika lipstick sudah meleleh dan tidak aman diaplikasikan di bibir karena kedaluarsa, maka manfaatkanlah dengan mencampurkan top coat atau kutek bening. Gunakanlah lipstick untuk mempercantik kuku.

Tak hanya itu, sudah menjadi rahasia umum, lipstick juga bisa dimanfaatkan sebagai instant blush dan corrector saat melakukan makeup di titik wajah seperti di bawah mata dan dark spot.

Lipgloss juga bisa digunakan sebagai aplikator pada kelopak mata untuk tampil dengan glossy eyelid.

6. Manfaatkan shimmer, highlighter, glitter sebagai body glow cream

6. Manfaatkan shimmer, highlighter, glitter sebagai body glow cream
shopee.co.id

Ketiga produk makeup seperti shimmer, highlighter dan glitter selalu pandai membuat wajah nampak berkilau seperti para selebriti.

Namun jika sudah tidak layak pakai, kamu bisa menggunakannya sebagai campuran kutek warna atau kutek yang bening untuk memberi kesan berkilau pada kuku cantikmu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan ketiga produk tersebut sebagai body glow cream untuk diaplikasikan pada bahu. Caranya, kumpulkan serpihan bubuk yang sudah hancur dan campurkan dengan pelembap secukupnya.

Jika sudah tercampur, maka warna pelembap akan berubah sesuai dengan warna powder yang dicampurkan dan bisa langsung kamu aplikasikan sebagai cream product.

7. Manfaatkan kutek sebagai cat serbaguna

7. Manfaatkan kutek sebagai cat serbaguna
Freepik/free picture

Tips memanfaatkan makeup kedaluarsa berikutnya dengan koleksi kutek warna-warna yang tidak terpakai. Gunakanlah kutek sebagai inovasi membuat kreasi pada jepit rambut, gelas mug, menulis nama di benda, dan berbagai benda yang bisa dihias lainnya.

Kreatif dan bermanfaat, bukan?

Nah, itulah ketujuh tips memanfaatkan produk kecantikan yang sudah kedaluwarsa. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.