Danamu Terbatas? Ini 5 Tips Menghemat Budget untuk Skincare

Daripada uangmu habis hanya untuk skincare, lebih baik terapkan tips berikut ini!

29 September 2020

Danamu Terbatas Ini 5 Tips Menghemat Budget Skincare
Freepik/drobotdean

Tak hanya makeup, saat ini penggunaan skincare juga menjadi hal yang wajib bagi sebagian orang demi mendapatkan kulit sehat, cerah, dan bersinar. Kendati demikian, tak dapat dipungkiri bahwa produk skincare yang dijual terkadang memakan banyak biaya.

Padahal, ada kalanya kamu harus berhemat karena bisa saja suatu hari ada hal yang tidak diinginkan terjadi, sehingga membuatmu harus memangkas anggaran di luar kebutuhan pokok.

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang kamu harus bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan produk skincare dan mengatur keuangan dengan cara yang tepat.

Untuk memulainya, berikut Popmama.com telah merangkum 5 tips jitu untuk menekan budget skincare. Catat dan jangan lupa dipraktikan, ya!

1. Lakukan riset terlebih dahulu

1. Lakukan riset terlebih dahulu
Freepik/tirachardz

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari tahu atau melakukan riset terlebih dahulu. Pahami jenis dan masalah kulit yang kamu alami. Kemudian, kamu bisa langsung mencari tahu seputar bahan dan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Misalnya saja, bagi yang memiliki masalah jerawat, kamu bisa berfokus dengan produk yang menawarkan kandungan AHA dan BHA.

Pada tahap ini kamu tak perlu terburu-buru, sebab membeli produk tanpa pertimbangan justru bisa menimbulkan kulit bermasalah dan akan memakan biaya lebih besar untuk menyembuhkannya. 

Editors' Picks

2. Berbelanja ketika ada diskon

2. Berbelanja ketika ada diskon
Freepik/denamorado

Siapa sih yang nggak suka diskon? Yup, demi menghemat pengeluaran, hal lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan momen diskon untuk berbelanja produk skincare.

Nah, biasanya berbagai e-commerce sering memberikan penawaran di momen-momen tertentu, sebut saja di tanggal-tanggal cantik, seperti 10.10, 11.11, 12.12 dan seterusnya.

Menariknya, di momen ini tak jarang brand kecantikan akan menawarkan harga super miring, lho! Jadi, selagi menunggu momen itu datang, kamu bisa menabung sedikit-demi sedikit, lalu pasang alarm biar nggak ketinggalan momennya. 

3. Mencoba produk sample sebelum membeli

3. Mencoba produk sample sebelum membeli
Freepik/free picture

Kadang kala muncul keinginan untuk menjajal produk skincare high end, karena tak dapat dipungkiri bahwa beberapa produk high end nyatanya memberikan kualitas yang setara dengan harga.

Meski begitu, kamu juga harus memastikan bahwa produk yang digunakan cocok agar tidak rugi jika sudah membeli mahal-mahal tapi malah tidak cocok. Sederhananya, kmau bisa mencoba produk sample terlebih dahulu atau bisa juga membeli ukuran travel size.

Setelah menggunakannya selama kurang lebih dua minggu dan tidak menimbulkan reaksi breakout, maka kamu bisa beli produk dalam ukuran full size.

4. Cari produk duplikasi atau beli produk share in jar

4. Cari produk duplikasi atau beli produk share in jar
Freepik/free picture

Sudah terlanjur cocok menggunakan produk skincarehigh end tapi kondisi tidak memungkinkan untuk repurchase? Tenang, kini banyak produk-produk drugstore yang menawarkan produk dengan kualitas terbaik.

Bahkan, produk lokal kini juga makin banyak yang boleh diadu kualitasnya dengan merek dari luar negeri. Dalam hal ini, kamu bisa mencari tahu produk drugstore atau produk lokal yang memiliki kandungan serupa dengan produk yang sebelumnya digunakan.

Selain menawarkan harga yang lebih terjangkau, membeli produk drugstore juga terbilang lebih mudah karena bisa ditemukan di berbagai toko kecantikan maupun pusat perbelanjaan.

Jika kamu masih belum juga menemukan duplikasinya, kamu masih bisa membeli produk high end namun dengan metode pembelian share in jar. Dijamin, lebih murah!

5. Beli produk yang multifungsi

5. Beli produk multifungsi
Freepik/free picture

Sepertinya bukan menjadi hal baru lagi kalau kini semakin banyak brand perawatan kulit yang berinovasi menghadirkan produk skincare multifungsi.

Salah satunya adalah produk aloevera gel. Selain memberi manfaat melembapkan kulit, aloevera gel juga berfungsi sebagai base makeup, eye mask, menenangkan kulit yang terbakar matahari hingga merawat kutikula kuku. 

Nah, itulah kelima tips menghemat budget skincare untuk kamu yang memiliki dana terbatas. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.