Tips Memilih Baju Muslim Syar'i untuk Pemula a la Fairuz A Rafiq

Pemilihan baju muslim syar'i yang tidak tepat dapat membuat postur tubuh tidak proporsional!

5 Desember 2019

Tips Memilih Baju Muslim Syar'i Pemula a la Fairuz A Rafiq
Instagram.com/fairuzarafiq

Memilih baju muslim syar'i memang susah-susah gampang. Pasalnya, pemilihan busana yang tidak tepat dapat membuat postur tubuh menjadi tidak proporsional.

Jika sudah begini, kamu yang mengenakannya pun menjadi tidak percaya diri. Hal tersebut juga dilakukan oleh pesinetron, Fairuz A Rafiq.

Ditemui pada acara fashion show Si.Se.Sa pada Selasa (3/12/19) yang lalu, ia mengungkapkan bahwa kini dirinya sedang belajar mengenakan busana muslim yang lebih syar'i atau tertutup.

Sebagai pemula, Fairuz pun membagikan tips memilih busana muslim syar'i yang nyaman dan tetap stylish. Nah, agar lebih jelas, berikut Popmama.com telah merangkum 3 cara mudahnya.

Editors' Picks

1. Pilih yang simpel namun elegan

1. Pilih simpel namun elegan
Instagram.com/fairuzarafiq

Tips pertama dari Fairuz dalam memilih baju muslim syar'i adalah pilihlah busana yang simpel namun tetap elegan.

Jika kamu sedang menghadiri acara formal, pilihlah busana syar'i dengan detail ruffle di bagian bawah serta statement bebatuan di bagian lengan.

Namun, jika kamu sedang bepergian ke mall atau hanya sekedar jalan-jalan bersama keluarga, pilihlah busana muslim dengan bahan yang lebih menyerap keringat dan potongan busana yang lebih simpel.

Hal tersebut juga diterapkan oleh Fairuz yang kini sedang belajar mengenakan busana muslim syar'i.

"Kalau menurut aku jangan pakai baju yang terlalu ribet," ungkap istri Sonny Septian tersebut.

Untuk masalah harga sendiri, Fairuz mengaku bahwa dirinya tidak terlalu peduli selama ia menyukai model baju tersebut.

"Mau budget-nya mahal, mau budget-nya murah pasti aku beli," tandasnya.

2. Pastikan baju muslim tidak terlau panjang

2. Pastikan baju muslim tidak terlau panjang
Instagram.com/fairuzarafiq

Cara kedua dari Fairuz adalah dengan memilih potongan baju yang tidak terlalu panjang. Bagi pemula, pilihlah busana yang pas dengan mata kaki agar tidak membuatmu kesulitan saat mengenakannya.

Hal tersebut pun diungkapkan langsung oleh Fairuz pada tim Popmama.com.

"Terus juga diliat dari tinggi badan juga, kalau memang bajunya bagus tapi terlalu panjang juga akhirnya ngeribetin kita juga kan. Karena menurut aku baju syar'i zaman sekarang ini memang sudah mulai keluar untuk anak-anak muda dan nggak bikin ribet kita juga, modelnya pun berbagai macam," jelasnya.

3. Mainkan dengan padupadan motif

3. Mainkan padupadan motif
Instagram.com/fairuzarafiq

Tips terakhir adalah dengan pintar-pintar memadupadankan busana syar'i. Jika kamu sudah mengenakan busana bermotif, maka kenakanlah niqab polos.

Namun jika kamu sudah mengenakan gamis polos, gunakanlah niqab bermotif. Sebisa mungkin, pastikan komposisi motif pakaianmu tidak terlihat berlebihan.

"Kita harus bisa padupadan juga, misalnya gamisnya polos, kerudungnya pakai yang motif kayak sekarang yang aku pakai," paparnya.

Untuk membuatnya semakin percaya diri, Fairuz juga biasanya meminta pendapat dari sang Suami, Sonny Septian terkait dengan busana yang akan dipakainya.

"Apa yang aku pakai itu suami pasti komentar, kalau bagus dia puji, tapi kalau jelek dia komentar kalau ini kurang cocok buat aku. Karena aku sama suami sama-sama saling komentar sama baju yang kita pakai," tutup Fairuz.

Nah, itulah ketiga tips memilih busana muslim syar'i untuk pemula.

Semoga dapat menjadi inspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.