Agar Tak Iritasi, Cara Aman Double Cleansing untuk Kulit Sensitif

Memiliki kulit yang sensitif tetap perlu melakukan double cleansing secara rutin

23 April 2021

Agar Tak Iritasi, Cara Aman Double Cleansing Kulit Sensitif
Pexel/Karolina Grabowska

Bagi Mama yang memiliki kulit sensitif, pasti pernah mengalami kondisi wajah breakout yang cukup mengganggu kenyamanan. Kadang gatal, panas, perih, kering, terkelupas, atau banyak jerawat yang mengganggu penampilan. Masing-masing kondisi setiap orang akan berbeda.

Umumnya, kondisi tersebut disebabkan oleh peradangan akibat reaksi dari bahan-bahan pencetus. Bisa berupa zat kimia dari obat, skin care, make up, makanan, udara, air, dan sebagainya. Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman. 

Akibat kondisi kulit yang sensitif terhadap bahan-bahan tertentu, tidak jarang menyebabkan seseorang menjadi malas untuk menggunakan produk-produk perawatan karena khawatir akan menimbulkan reaksi yang tidak nyaman.

Padahal, justru sangat penting untuk merawat kondisi kulit dengan menggunakan produk perawatan wajah yang benar. Terutama saat membersihkan wajah dengan metode double cleansing.

Double cleansing untuk kulit sensitif memang cukup berbeda dibanding dengan kondisi kulit normal, kering, maupun berminyak.

Nah, agar Mama bisa lebih paham pentingnya double cleansing untuk kulit sensitif dan bagaimana caranya yang benar, simak penjelasan Popmama.com berikut ini yuk!

Pentingnya Double Cleansing untuk Kulit Sensitif

Penting Double Cleansing Kulit Sensitif
Pexels/Andrea Piacquadio

Saat kita beraktivitas di luar rumah, pasti banyak debu, kotoran, maupun asap yang menempel pada wajah. Kotoran-kotoran tersebut akan membuat pori-pori wajah tertutup. 

Apalagi kalau kita terbiasa menggunakan riasan wajah yang cukup tebal. Mulai dari foundation, bedak, blush on, dan sebagainya. Tentu hal itu akan membuat pori-pori semakin tersumbat.

Pori-pori yang tersumbat oleh riasan serta kotoran-kotoran yang menempel akan membuat bakteri berkembang. Akibatnya, akan timbul komedo atau jerawat di wajah.

Bagi perempuan yang memiliki kondisi kulit sensitif, reaksi yang ditimbulkan tidak hanya sekadar komedo atau jerawat saja. Efeknya bisa jerawat yang meradang, gatal, panas, perih, hingga mengelupas.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah dengan menyeluruh pada saat sebelum tidur. Agar kotoran dan riasan wajah bisa terangkat dengan sempurna, double cleansing menjadi jalan keluarnya.

Sebab, riasan wajah dan kotoran-kotoran itu tidak dapat terangkat sempurna dari permukaan kulit hingga pori-pori hanya dengan menggunakan sabun wajah.

Cara Double Cleansing yang Benar dan Aman untuk Kulit Sensitif

Cara Double Cleansing Benar Aman Kulit Sensitif
Freepik

Dikarenakan kondisi kulit yang lebih sensitif dibanding dengan jenis kulit lainnya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan double cleansing.

Nah, berikut ini akan dibahas cara double cleansing untuk kulit sensitif yang benar dan aman.

Editors' Picks

1. Pilih milk cleanser sebagai pembersih tahap pertama

1. Pilih milk cleanser sebagai pembersih tahap pertama
Freepik/User3008571

Produk untuk melakukan double cleansing yang direkomendasikan untuk kulit sensitif adalah milk cleanser.

Milk cleanser dinilai paling aman untuk kulit sensitif karena mudah dibersihkan dan mampu mengangkat kotoran dengan baik.

2. Perhatikan keterangan produk

2. Perhatikan keterangan produk
Freepik/user3008571

Walaupun secara umum milk cleanser cukup aman untuk kulit sensitif, tetap perhatikan keterangan produk pada kemasan.

Biasanya produsen akan menuliskan keterangan apakah produk tersebut cocok untuk kulit sensitif atau jenis kulit lainnya. Keterangan ini akan membantu pengguna untuk mengetahui tujuan produk tersebut.

3. Gunakan produk yang sudah diuji oleh para ahli dermatologi

3. Gunakan produk sudah diuji oleh para ahli dermatologi
Tokopedia.com

Bagi kulit sensitif, penting juga untuk memilih produk yang memang sudah lolos tes alergi dan diuji oleh para ahli dermatologi. Biasanya, produk tersebut akan aman digunakan pada kulit sensitif.

Namun perlu diketahui bahwa kondisi setiap orang berbeda. Walaupun produk yang dijual sudah melalui tahap uji lab oleh para ahli, masih bisa menyebabkan reaksi peradangan bagi sebagian orang. Jika hal tersebut terjadi maka hentikanlah penggunaan produk tersebut.

4. Hindari penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan pencetus

4. Hindari penggunaan produk mengandung bahan-bahan pencetus
Freepik/rawpixel.com

Jika Mama memiliki kondisi kulit yang sensitif maka wajib untuk membaca keterangan bahan-bahan yang digunakan pada produk tersebut.

Hindari produk yang menggunakan alkohol karena akan menyebabkan iritasi pada kulit. Hindari juga kandungan parfum pada produk cleanser. Sebab, parfum juga bisa mencetus alergi pada kulit sensitif.

Kalau berbicara tentang produk cleanser, memang tidak bisa menyatakan produk A 100% aman untuk kulit sensitif atau produk B berbahaya. Hal ini kembali pada kondisi kulit masing-masing orang.

Tetapi, penting untuk memerhatikan keterangan-keterangan yang tercantum pada kemasan untuk mengetahui apakah produk itu bisa digunakan di kulit sensitif atau tidak. 

Jangan sampai karena kondisi kulit yang sensitif membuat Mama jadi malas untuk membersihkan wajah. Double cleansing untuk kulit sensitif malah akan membantu menjaga kondisi kulit agar tetap terlihat bersih dan sehat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.