Cara Mengatasi Kulit Menghitam, Bukan Hanya di Bagian Wajah

Area tertentu pada tubuh dapat mengalami penghitaman warna kulit

28 September 2021

Cara Mengatasi Kulit Menghitam, Bukan Ha Bagian Wajah
Freepik/cookie_studio

Kulit halus dan mulus pasti menjadi idaman bagi setiap perempuan. Segala upaya dilakukan agar kulit tetap terlihat cantik.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada saja masalah kulit yang akan dihadapi seiring bertambahnya usia. Salah satu masalah yang sering mengganggu banyak perempuan adalah kulit menghitam.

Kulit menghitam bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena hormonal, paparan sinar matahari, produk kulit yang digunakan, gesekan, dan lain sebagainya.

Bagian-bagian tertentu pada kulit juga bisa menjadi area yang rawan menjadi menghitam. Area rawan kulit menghitam biasanya ada di bagian wajah, ketiak, siku, dan lutut.

Area-area tersebut menghitam biasanya disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit menghitam di area rawan tersebut, Popmama.com punya beberapa tips yang bisa Mama coba sesuai area kulitnya.

Editors' Picks

1. Wajah area yang paling sering terekspos oleh matahari

1. Wajah area paling sering terekspos oleh matahari
Freepik/master1305

Area tubuh yang paling sering terekspos oleh matahari adalah wajah. Hal ini sering menimbulkan berbagai masalah kulit, salah satunya adalah kulit wajah yang menghitam. Tidak hanya kulit menjadi lebih gelap, munculnya bintik hitam juga sering menjadi masalah yang muncul di area kulit wajah.

Untuk mengatasi kulit wajah yang menghitam, Mama bisa rutin melakukan perawatan dengan menggunakan produk skincare.

Kini banyak pilihan skincare yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Namun, apabila Mama lebih menyukai bahan yang alami bisa dengan menggunakan masker teh hijau.

Sedangkan untuk masalah munculnya bintik hitam pada wajah, Mama perlu menggunakan produk skincare yang mengandung niacinamide. Kandungan ini dapat merangsang produksi kolagen pada kulit wajah sehingga noda hitam di wajah dapat tersamarkan.

Agar masalah kulit menghitam dan munculnya bintik hitam di wajah dapat dicegah, ada baiknya Mama rutin menggunakan sunscreen walaupun saat beraktivitas di dalam rumah. Sunscreen akan mencegah paparan sinar matahari merusak lapisan kulit yang membuat kulit menghitam dan berkerut.

2. Ketiak memiliki lapisan kulit yang tipis dan mudah iritasi

2. Ketiak memiliki lapisan kulit tipis mudah iritasi
Freepik/Chantapa

Ketiak menghitam sering menjadi mimpi buruk bagi perempuan. Masalahnya, kulit di bagian ketiak sangat tipis sehingga sangat mudah mengalami iritasi. Iritasi akibat gesekan saat mencukur atau pun reaksi dari interaksi produk perawatan tertentu menyebabkan terjadinya pigmentasi.

Untuk mengatasi masalah ini, Mama bisa menggunakan gula dan minyak zaitun. Cara memakainya seperti berikut:

  1. 2 sdm gula dan minyak zaitun.

  2. Lumuri ketiak dengan campuran kedua bahan tersebut dan gosok. Biarkan kotoran dan kulit mati tereksfoliasi.

  3. Biarkan selama 3 hingga 5 menit.

  4. Bilas dengan air hangat.

3. Kulit di area siku dan lutut menghitam dan menebal

3. Kulit area siku lutut menghitam menebal
Freepik/karlyukav

Area siku dan lutut menjadi area rawan kulit menghitam karena gesekan yang sering terjadi. Siku dan lutut sering menjadi tumpuan tubuh. Akibatnya terjadi pigmentasi dan penebalan kulit sehingga mengganggu penampilan. Inilah salah satu masalah kulit yang sering dihadapi banyak perempuan. 

Tetapi masalah ini sebetulnya bisa di atasi dengan bahan alami yang mudah didapatkan, yaitu kunyit. Kunyit sudah sejak lama digunakan untuk membantu mencerahkan kulit. Kandungan curcumin yang terdapat di dalam kunyit mampu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit.

Inilah cara menggunakan kunyit untuk mengatasi kulit menghitam di area siku dan lutut:

  1. Campur ½ sdt kunyit bubuk dengan 1 sdm yoghurt atau madu,

  2. Aplikasikan pada area siku dan lutut,

  3. Diamkan selama 10 menit,

  4. Bilas dan beri pelembap,

  5. Lakukan ini sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk dilakukan dalam mengatasi kulit yang menghitam di area rawan. Lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.