Dalam Sehari Berapa Kali Pakai Sunscreen saat WFH?

Pentingnya menggunakan sunscreen walaupun hanya di rumah

22 September 2021

Dalam Sehari Berapa Kali Pakai Sunscreen saat WFH
Pixabay/AdoreBeautyNZ

Menggunakan sunscreen sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari. Sinar ultraviolet dapat membuat kulit menjadi terbakar, penuaan dini, mudah mengalami pigmentasi, hingga kemungkinan kanker kulit. Oleh karena itu, sunscreen sangat penting untuk diaplikasikan sehari-hari.

Para ahli kulit dan kecantikan menyarankan penggunaan sunscreen setiap hari. Bahkan, meskipun Mama hanya beraktivitas di dalam rumah, penggunaan sunscreen tetap diperlukan. 

Walaupun penggunaan sunscreen sangat penting, tetapi masih banyak yang belum memahami cara penggunaan sunscreen yang benar seperti apa. Banyak yang mengira sunscreen hanya dibutuhkan saat harus beraktivitas di luar ruangan. Padahal saat di dalam rumah pun, sunscreen tetap perlu digunakan bahkan tak hanya sekali penggunaannya.

Jumlah penggunaan sunscreen pun lebih banyak yang tidak tahu kalau tidak cukup hanya satu kali. Padahal, kemampuan sunscreen menahan gelombang sinar ultraviolet terhadap kulit hanya bisa bertahan beberapa waktu saja. Sehingga perlu untuk mengaplikasikan ulang sunscreen pada kulit.

Agar penggunaan sunscreen dapat memberikan manfaat yang tepat bagi kulit, kita simak penjelasan Popmama.com, yuk! Kira-kira dalam sehari perlu berapa kali pakai sunscreen ya walaupun WFH sekalipun? 

Editors' Picks

1. Pentingnya penggunaan sunscreen untuk kesehatan kulit

1. Penting penggunaan sunscreen kesehatan kulit
Pexels/moose-photos-170195

Sinar Matahari mengeluarkan gelombang sinar UVA dan UVB. Keduanya memiliki efek yang bisa menyebabkan masalah pada kulit.

Sinar UVA memiliki panjang gelombang yang lebih kuat sehingga bisa menembus awan bahkan kaca. Efek dari sinar UVA akan membuat kulit menjadi lebih cepat mengalami penuaan dan juga bintik-bintik kehitaman pada kulit. Gelombang sinar ini bisa menembus lapisan kulit terdalam.

Sedangkan sinar UVB memiliki gelombang yang lebih kecil tapi radiasinya jauh lebih kuat daripada sinar UVA. Sinar UVB bisa menyebabkan seseorang terkena kanker kulit. Bahkan sebentar saja kulit terkena sinar UVB sudah dapat membakar kulit.

Dengan menggunakan sunscreen maka kulit akan terlindungi dari radiasi kedua sinar tersebut. Sunscreen akan menahan radiasi yang dapat merusak lapisan kulit. Maka dari itu, penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari. 

2. Penggunaan sunscreen yang disarankan oleh ahli kulit

2. Penggunaan sunscreen disarankan oleh ahli kulit
Pexels/Shiny Diamond

Mengutip penjelasan dari situs American Academy of Dermatology Association, secara umum setidaknya perlu mengaplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali atau setelah berenang maupun saat tubuh berkeringat. 

Tetapi jika Mama bekerja di dalam ruangan atau hanya di dalam rumah di mana jauh dari jangkauan jendela maka tidak perlu sesering itu. Cukup mengaplikasikan ulang setelah tubuh terkena air atau berkeringat.

Jika berencana akan ada aktivitas di luar ruangan, usahakan menggunakan sunscreen 15 menit sebelum terkena sinar matahari. Perlu waktu untuk sunscreen terserap ke dalam kulit dan mampu bekerja dengan efektif pada kulit.

3. Pemilihan SPF sunscreen yang sesuai kebutuhan

3. Pemilihan SPF sunscreen sesuai kebutuhan
Pixabay/chezbeate

Produk sunscreen memiliki kadar SPF yang beragam. Angka SPF pada sunscreen menunjukkan seberapa besar kemampuannya untuk menahan radiasi sinar UVB terhadap kulit. Semakin tinggi angka SPF yang tertulis pada kemasan, maka akan semakin besar kemampuan sunscreen tersebut untuk menghalangi sinar UVB yang masuk ke dalam kulit.

Jika Mama harus beraktivitas di luar ruangan dan intensitas paparan sinar mataharinya cukup tinggi maka disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan angka SPF yang tinggi, mulai dari SPF 50 ke atas.

Namun, jika Mama bekarja di dalam ruangan atau hanya bekerja di dalam rumah dan yang jauh dari jangkauan jendela gunakan sunscreen yang lebih ringan. Cukup menggunakan sunscreen dengan angka SPF 15 sampai 25.

Perlu diingat bahwa penggunaan sunscreen di dalam rumah tetap diperlukan. Hanya saja jarak waktu pengaplikasian ulang tidak perlu terlalu sering. Angka SPF pada sunscreen pun bisa menggunakan yang lebih ringan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.