Kebiasaan Sehari-hari yang Menjadi Penyebab Jerawat Tanpa Disadari

Tanpa disadari kebiasaan sehari-hari bisa membuat jerawat timbul

17 Oktober 2021

Kebiasaan Sehari-hari Menjadi Penyebab Jerawat Tanpa Disadari
Freepik/gpointstudio

Masalah jerawat sering kali menjadi keluhan bagi banyak perempuan. Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga terkadang membuat seseorang merasa tidak nyaman karena rasa nyeri yang ditimbulkan.

Terkait masalah jerawat ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Mulai dari faktor hormonal, alergi, kebersihan, dan lain sebagainya.

Tetapi yang pasti, jika Mama mengetahui apa yang akan akan menyebabkan terjadinya jerawat maka masalah ini akan bisa dicegah.

Namun tidak mudah memang memahami apa saja yang menjadi pemicu terjadinya jerawat. Sebab, kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda. Sehingga perlu kesadaran penuh dengan apa yang terjadi oleh tubuh.

Tetapi ada beberapa kebiasaan yang sering terjadi menyebabkan jerawat timbul di area wajah. Kebiasaan ini sering dilakukan yang tanpa disadari ternyata membuat wajah menjadi berjerawat.

Kalau Mama termasuk salah satu orang yang merasa bingung mengapa tiba-tiba sering muncul jerawat, mungkin Mama perlu cek beberapa kebiasaan berikut.

Ini dia informasi dari Popmama.com terkait kebiasaan sehari-hari yang menjadi penyebab jerawat.

1. Tidak membersihkan wajah dengan bersih di malam hari

1. Tidak membersihkan wajah bersih malam hari
Freepik/user3008571

Setelah beraktivitas seharian di luar rumah jangan pernah melewatkan rutinitas membersihkan wajah secara tuntas. Sebab, apabila masih ada sisa riasan atau kotoran yang menempel di wajah akan menyebabkan pori-pori kulit menjadi tertutup. Sisa riasan dan kotoran yang menempel di pori-pori akan membuat bakteri berkembang biak sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Para ahli kulit menyarankan untuk melakukan double cleansing di malam hari. Tujuannya adalah mengangkat sisa riasan dan kotoran lainnya terangkat secara menyeluruh dari kulit yang menutupi pori-pori kulit.

Editors' Picks

2. Penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai

2. Penggunaan produk kecantikan tidak sesuai
Pixabay/AdoreBeautyNZ

Jika masalah jerawat Mama tak kunjung usai, coba periksa produk kecantikan yang sedang Mama gunakan. Perhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya. Sebab beberapa bahan pada produk kecantikan akan menimbulkan reaksi inflamasi pada seseorang apabila jenis kulitnya sensitif terhadap bahan tersebut.

Cek jenis kulit Mama, apakah termasuk jenis kulit kering, berminyak, sensitif, atau normal. Baru setelah itu pilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit Mama.

3. Penggunaan masker yang digunakan selama seharian

3. Penggunaan masker digunakan selama seharian
Pexels/Max Fischer

Saat ini penggunaan masker di luar rumah sangatlah penting. Namun yang sering menjadi masalah adalah banyak keluhan timbulnya jerawat di area masker. Sayangnya kebiasaan ini tidak banyak yang menyadarinya. Padahal kebiasaan menggunakan masker seharian bisa menjadi penyebab jerawat.

Jerawat yang timbul di area masker disebabkan karena keringat yang tidak terserap oleh masker. Hal ini menyebabkan minyak dan bakteri terperangkap sehingga menimbulkan jerawat.

Untuk mencegah hal itu terjadi, gantilah masker setiap 4 jam sekali. Setelah pulang pun jangan lupa untuk segera membersihkan wajah dengan cara double cleansing.

4. Jarang mengganti sarung bantal dan sprei kasur

4. Jarang mengganti sarung bantal sprei kasur
Pexels/Donald Tong

Kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari oleh banyak orang dapat menyebabkan jerawat antara lain jarang mengganti sarung bantal dan sprei kasur. Padahal setiap malam kulit kita berinteraksi langsung dengan bantal dan kasur.

Sedangkan menurut para ahli dermatologi mengatakan bahwa banyak sel kulit mati, minyak, bakteri, dan kotoran yang menempel di bantal dan kasur. Jika sarung bantal dan sprei kasur tidak diganti, kemungkinan kotoran tersebut akan menempel di pori-pori wajah sehingga menyebabkan jerawat.

5. Terlalu banyak menggunakan pelembap wajah

5. Terlalu banyak menggunakan pelembap wajah
Pexels/Linda Prebreza

Mama juga perlu berhati-hati saat menggunakan pelembap wajah. Jangan sampai pelembap yang digunakan terlalu berlebihan.

QSebab akan membuat pori-pori kulit tertutup. Jika pori-pori tertutup maka akan membuat bakteri dan kuman mudah menempel sehingga menimbulkan infeksi. Akibatnya, jerawat akan muncul.

Cek kembali kebiasaan-kebiasaan di atas yang sering menjadi penyebab jerawat tanpa disadari. Jangan-jangan ada beberapa kebiasaan yang ternyata Mama lakukan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.