Ketahui Penyebab Rambut Rontok di Usia 30 Tahun

Atasi masalah rambut rontok dengan mengetahui akar masalahnya

27 September 2020

Ketahui Penyebab Rambut Rontok Usia 30 Tahun
Freepik/Sakoodter1

Di usia memasuki angka 30 tahun, seringkali banyak yang mulai mengeluhkan rambut rontok berlebihan sehingga mengakibatkan kebotakan pada rambutnya.

Hal ini membuat khawatir karena membuat penampilan menjadi tampak lebih tua dan mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Masalah ini memiliki banyak faktor penyebabnya. Untuk dapat mengatasi masalah rambut rontok, tentu harus mengetahui terlebih dahulu akar masalahnya.

Berikut ini Popmama.com akan mengulas apa penyebab rambut rontok di usia 30 tahun.

1. Faktor keturunan

1. Faktor keturunan
Pexels/Tatiana Syrikova

Bagi beberapa orang, penyebab rambut rontok terjadi karena adanya faktor keturunan. Dimana anggota keluarga sebelumnya juga memiliki masalah serupa.

Biasanya, masalah ini terjadi secara bertahap. Pada laki-laki, garis rambut akan semakin terkikis hingga mengalami kebotakan. Sedangkan perempuan, terjadi penipisan rambut.

Editors' Picks

2. Hormon yang tidak seimbang

2. Hormon tidak seimbang
Freepik/cookie_studio

Penyebab rambut rontok lainnya bisa dikarenakan hormon yang tidak seimbang. Sebab, hormon memiliki peranan penting untuk menjaga pertumbuhan dan kekuatan rambut.

Faktor ketidaksimbangan hormon dipengaruhi banyak hal. Bisa karena makanan yang tidak mencukupi secara kandungan nutrisinya, stres atau frustasi, pola tidur yang tidak teratur, dan sebagainya.

3. Pengaruh obat-obatan

3. Pengaruh obat-obatan
freepik/serg60

Tak jarang juga seseorang yang sedang mengonsumsi obat tertentu menyebabkan rambut rontok.

Obat-obatan bisa menjadi penyebab rambut rontok bisa jadi karena kandungan obat tersebut terlalu keras atau menghambat nutrisi tertentu yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

Beberapa obat yang dapat membuat rambut rontok antara lain pil KB, obat antidepresan, steroid, atau obat tekanan darah rendah.

4. Ketidakcocokan produk sampo atau perawatan rambut lainnya

4. Ketidakcocokan produk sampo atau perawatan rambut lainnya
Freepik/freepic.diller

Penggunaan produk sampo dan perawatan rambut lainnya tidak selalu cocok digunakan untuk satu orang dengan yang lainnya.

Produk sampo maupun perawatan rambut lainnya terkadang bisa menjadi penyebab rambut rontok untuk sebagian orang.

Pemilihan produk sampo dan perawatan rambut lainnya harus dilakukan secara tepat agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius.

Seseorang yang memiliki masalah rambut rontok harus mengetahui apa penyebabnya. Apalagi, di usia 30 yang sudah tidak lagi muda harus menjaga betul kondisi kesehatan rambutnya.

Dengan mengetahui penyebab rambut rontok yang terjadi pada dirinya, ia bisa menghindari hal-hal yang menyebabkan kerontokan secara tepat. Sehingga, pencegahan kebotakan bisa dilakukan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.