Tak Cuma Jadi Baju Baru, Ini Ide Kreatif Mengolah Pakaian Bekas

Mengolah pakaian menjadi barang baru yang super kreatif

28 November 2021

Tak Cuma Jadi Baju Baru, Ini Ide Kreatif Mengolah Pakaian Bekas
Pixabay/StockSnap

Apakah Mama punya banyak pakaian bekas tak terpakai tapi sayang untuk dibuang? Daripada dibuang, coba Mama menyalurkan ide kreatifnya dengan mengolah pakaian bekas itu menjadi barang baru.

Ternyata mengolah kembali pakaian bekas yang kita miliki punya dampak baik loh terhadap lingkungan. Dengan mengolah pakaian bekas maka Mama akan berkontribusi mengurangi limbah fashion dan jumlah microfiber yang mencemari air laut.

Tak hanya baju saja yang bisa diolah menjadi barang baru yang kreatif dan fungsional, tapi juga kaos kaki, celana, atau bahkan kerudung yang Mama punya. Hasil akhirnya pun bisa dijadikan berbagai macam benda loh, Ma.

Yuk simak informasi Popmama.com berikut ini kira-kira pakaian bekas di rumah bisa dijadikan apa saja ya!

1. Kemeja lama bisa jadi outer baru yang keren

1. Kemeja lama bisa jadi outer baru keren
Youtube/Idabaho Baho

Kalau Mama bosan dengan gaya fashion yang itu-itu saja, bisa memodifikasi kemeja di rumah menjadi outer keren yang super stylish. Model outer bisa disesuaikan dengan gaya fashion kesukaan Mama. Lalu Mama bisa memadupadankannya dengan kemeja, kaos, atau long dress untuk membuat penampilan lebih bergaya.

Editors' Picks

2. Celana jeans yang sudah tak muat bisa jadi tas keren

2. Celana jeans sudah tak muat bisa jadi tas keren
Youtube/ TaLe Germany

Mungkin sudah ada beberapa ukuran celana jeans yang sudah tidak lagi pas digunakan karena ukurannya yang menjadi lebih sempit saat digunakan. Daripada dibuang, Mama bisa mengkreasikan celana bekas itu menjadi tas yang keren. 

Dengan tas dari celana jeans, gaya berpakaian Mama akan lebih cocok dengan tema casual atau semi informal. Akan sangat cocok digunakan di acara-acara yang santai atau pergi ke mall.

3. Kaos kaki bayi tak terpakai bisa jadi boneka lucu

3. Kaos kaki bayi tak terpakai bisa jadi boneka lucu
Fabricartdiy.com

Kaos kaki juga merupakan pakaian yang sering sekali menjadi pakaian tak terpakai. Entah itu mudah berlubang ataupun menjadi longgar sehingga tak nyaman digunakan.

Apalagi kaos kaki bayi. Pertumbuhan si kecil yang pesat membuat ukuran kakinya tak lagi cukup menggunakan kaos kaki lamanya. Sehingga wajar kalau kaos kaki bayi sering menjadi pakaian yang tak terpakai lagi.

Tapi jangan buru-buru dibuang, Ma. Kaos kaki bayi bisa menjadi boneka yang lucu dan bisa menjadi mainan baru untuk si kecil loh. Yuk coba modifikasi kaos kaki bayi yang ada di rumah!

4. Modifikasi baju jadi apron cantik untuk di dapur

4. Modifikasi baju jadi apron cantik dapur
ehow.com

Pakaian bekas Mama juga bisa loh dimodifikasi menjadi apron cantik untuk di dapur.

Mama bisa mendapatkan pola gratis di internet atau membuatnya sendiri dengan melihat video tutorial di Youtube.

Ada berbagai macam model apron yang bisa Mama pilih sesuai preferensi.

5. Baju-baju bekas bisa dibuat sarung bantal dekoratif

5. Baju-baju bekas bisa dibuat sarung bantal dekoratif
1millionwomen.com.au

Pakaian bekas Mama yang cukup banyak bisa loh dijadikan sarung bantal yang dekoratif untuk ruangan.

Mama bisa membuat sarung bantal dengan menggabungkan beberapa motif kain dari pakaian bekas yang ada. Ini adalah metode menjahit ala Jepang yang dikenal dengan teknik sashiko. Jadi, pakaian Mama yang tak terpakai bisa menjadi barang dengan nilai baru. Bahkan, bisa dijadikan produk untuk dijual loh.

Mengolah pakaian bekas bisa dijadikan berbagai macam barang baru yang nilainya bisa lebih tinggi daripada harga baju itu saat pertama dibeli loh, Ma. Kreativitas Mama akan menjadi nilai jual yang tinggi jika ingin dipasarkan. 

Tetapi terlepas dari itu, mengolah pakaian bekas menjadi barang baru akan sangat baik bagi kelestarian alam dan lingkungan. Yuk coba berkreasi dengan pakaian bekas di rumah! Selamat mencoba, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.