Ternyata 5 Hal Ini yang Menyebabkan Daerah Sekitar Hidung Berkomedo

Komedo dapat membuat penampilan menjadi kusam

30 November 2020

Ternyata 5 Hal Ini Menyebabkan Daerah Sekitar Hidung Berkomedo
Freepik/katemangostar

Munculnya bintik-bintik kecil hitam di wajah memang sangat mengganggu penampilan. Bintik-bintik hitam kecil ini biasa dikenal dengan komedo. Biasanya sering muncul di area hidung.

Komedo hitam yang terdapat pada hidung tidak hanya mengganggu penampilan tapi juga seringkali membuat kesal. Sebab, komedo hitam ini tidak mudah untuk dihilangkan dan mudah muncul kembali.

Untuk menghilangkan dan mencegah kembali munculnya komedo, ada baiknya Mama mengetahui apa saja yang menyebabkan komedo muncul. Dengan begitu, Mama akan bisa mengetahui apa yang yang harus dilakukan untuk mengantisipasi komedo kembali muncul.

Intip informasi dari Popmama.com seputar hal-hal yang menyebabkan komedo berikut ini, yuk!

1. Pengaruh genetik bawaan kulit berminyak

1. Pengaruh genetik bawaan kulit berminyak
Freepik/Katemangostar

Jika salah satu orangtua Mama ada yang memiliki jenis kulit berminyak, maka kemungkinan kulit berminyak juga diturunkan kepada Mama. Kondisi kulit berminyak akan membuat produksi sebum meningkat. Sebum yang terdapat pada wajah akan teroksidasi yang menyebabkan komedo hitam.

Mama juga kemungkinan memiliki pori-pori kulit wajah yang besar. Hal ini akan membuat pori-pori menjadi lebih berisi dengan sebum yang lebih banyak.

Editors' Picks

2. Kebiasaan memencet hidung untuk mengeluarkan komedo

2. Kebiasaan memencet hidung mengeluarkan komedo
Freepik/Wavebreakmedia

Disadari atau tidak, kebiasaan memencet hidung untuk mengeluarkan komedo memang cukup memuaskan. Tetapi kebiasaan ini dapat menyebabkan komedo menjadi lebih buruk.

Saat memencet dan mengeluarkan komedo secara paksa, pori-pori kulit menjadi terbuka dan meradang. Pori-pori akan terbuka menjadi semakin besar. Hal tersebut akan membuat kumpulan sebum semakin banyak. 

3. Penggunaan masker wajah yang terlalu lama

3. Penggunaan masker wajah terlalu lama
Pexels/Anna Shvets

Di masa pandemi saat ini, penggunaan masker wajah saat beraktivitas di luar rumah menjadi hal yang wajib dilakukan. Namun, ternyata kebiasaan baru ini menjadi masalah bagi sebagian orang.

Penggunaan masker wajah yang terlalu lama dapat menyebabkan komedo di wajah. Penggunaan masker wajah selama lebih dari 8 jam akan membuat gesekan pada kulit wajah yang menyebabkan rongga pori-pori terbuka.

Pori-pori wajah yang terbuka akibat gesekan dengan masker wajah akan menyebabkan komedo. Penyebab komedo ini biasa dikenal dengan “maskne”.

4. Tidur dengan masih menggunakan riasan wajah

4. Tidur masih menggunakan riasan wajah
Freepik/katemangostar

Hal yang menyebabkan komedo berikutnya adalah kebiasaan tidur dengan masih menggunakan riasan wajah. Memang tantangan tersendiri saat badan sudah merasa lelah masih harus disibukkan dengan membersihkan riasan wajah.

Tetapi membersihkan wajah sebelum tidur sangat penting. Sebab, produk kosmetik dan debu yang menempel di wajah akan menyebabkan komedo.

5. Penggunaan produk yang menyumbat pori-pori kulit

5. Penggunaan produk menyumbat pori-pori kulit
Freepik/master1305

Masing-masing orang memiliki kondisi kulit yang berbeda. Sehingga, pemilihan produk wajah harus dilakukan secara benar sesuai dengan kondisi kulit.

Hindari produk-produk yang akan menyumbat pori-pori kulit. Sebab, hal tersebut akan membentuk sebum di pori-pori yang menyebabkan komedo hitam bermunculan.

Jika memang harus menggunakan produk tersebut, pastikan wajah dibersihkan secara sempurna sesaat sebelum beristirahat. Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakannya.

Itu dia beberapa hal yang menyebabkan komedo muncul di wajah Mama. Mungkin tidak seluruhnya yang terjadi oleh Mama. Tetapi dengan mengetahui penyebab-penyebab munculnya komedo akan membantu Mama untuk mencegah terjadinya pembentukan komedo.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.