TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Yakin Cara Double Cleansing yang Kamu Lakukan Sudah Benar?

Double cleasing sangat penting dilakukan setiap hari

9 Agustus 2022

Yakin Cara Double Cleansing Kamu Lakukan Sudah Benar
Freepik/jcomp

Memiliki wajah yang bersih dan sehat sepertinya adalah dambaan setiap perempuan. Tak heran jika klinik-klinik perawatan kulit didominasi oleh perempuan. Sebab, pada dasarnya memang perempuan suka jika dirinya terlihat cantik.

Untuk memiliki wajah yang cantik tentu penting untuk rutin membersihkan wajah. Terutama setelah beraktivitas di luar rumah dan menggunakan riasan selama seharian.

Tapi, mencuci wajah dengan sabun muka saja tidak cukup. Apalagi jika Mama menggunakan riasan wajah. 

Harus ada pembersih wajah lainnya yang bisa mengangkat riasan wajah secara menyeluruh. Oleh karena itu, penting untuk melakukan double cleansing.

Mungkin sudah banyak orang yang familiar dengan istilah double cleansing ini. Mungkin Mama juga sudah mencoba menerapkan ini. Tapi sudah benarkah double cleansing yang dilakukan selama ini?

Sebab, jika double cleansing yang dilakukan belum benar sedangkan penggunaan riasan wajah terlalu sering maka akan dapat menimbulkan masalah pada kulit.

Mulai dari masalah kulit berjerawat, muncul banyak komedo, hingga kulit kering. Masalah-masalah kulit wajah yang sebelumnya tidak ada menjadi ada karena tidak tuntas membersihkan wajahnya.

Untuk tahu sudah tepatkah cara double cleansing yang dilakukan selama ini, ikuti saran dari Popmama.com berikut ini ya.

1. Apakah yang dimaksud dengan double cleansing?

1. Apakah dimaksud double cleansing
Freepik

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah yang perlu dilakukan setiap hari. Seperti namanya, metode membersihkan wajah ini dilakukan sebanyak dua kali.

Metode ini dilakukan untuk dapat menghilangkan kotoran dan bekas riasan wajah secara maksimal. Sehingga, pori-pori kulit wajah tidak tertutup oleh kotoran maupun riasan.

Dengan cara seperti ini, kemungkinan untuk kulit menjadi berjerawat menjadi lebih terkendali.

Editors' Picks

2. Gunakan pembersih oil based di tahap pertama

2. Gunakan pembersih oil based tahap pertama
Freepik/Jcomp

Tahap pertama dalam melakukan double cleansing adalah membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah oil based.

Walaupun berbasis minyak, namun minyak yang digunakan bukalah sembarang minyak. Oil based cleanser ini sudah diformulasikan sedemikian rupa agar bisa menyatu dengan air.

Oil based cleanser ini bisa berbentuk cair atau padat. Biasanya produk ini bisa ditemukan dalam bentuk minyak atau krim. Atau, jika oil based ini terasa terlalu berat, bisa juga menggunakan micellar water.

Dalam penggunaan cleanser pertama ini, wajah harus dalam keadaan kering atau belum terkena air. Oil based cleanser ini juga dapat berfungsi sebagai make up removal. Setelah itu basung menggunakan air.

3. Aplikasikan sabun wajah untuk mengangkat minyak yang menempel di wajah

3. Aplikasikan sabun wajah mengangkat minyak menempel wajah
Freepik/Jcomp

Setelah membersihkan wajah dengan oil based cleanser, gunakan sabun wajah untuk mengangkat minyak yang menempel di wajah. Sabun wajah tidak hanya mengangkat sisa oil based cleanser tapi juga kotoran di wajah yang masih menempel di kulit.

Sabun wajah yang digunakan bisa berupa busa atau gel, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Yang perlu diperhatikan adalah komposisi sabun wajah yang digunakan sesuai dengan jenis kulit wajah.

4. Bersihkan sisa sabun dengan toner dan mempersiapkan kulit untuk skin care

4. Bersihkan sisa sabun toner mempersiapkan kulit skin care
Freepik/user3008571

Banyak yang menyelesaikan prosesi double cleansing hanya sampai pada tahap menggunakan sabun wajah. Padahal ada satu lagi tahap membersihkan wajah yang jangan sampai terlewatkan, yaitu menggunakan toner wajah.

Penggunaan toner wajah ini sangat penting dan usahakan jangan sampai terlewatkan. Sebab, toner wajah memiliki fungsi pembersih dari sisa-sisa sabun atau kotoran yang masih menempel di wajah. Selain itu, toner juga berfungsi untuk mempersiapkan wajah dalam menerima produk-produk perawatan wajah.

5. Kenapa penting membersihkan dengan metode double cleansing?

5. Kenapa penting membersihkan metode double cleansing
Freepik/Tonefotografia

Alasan penting mengapa harus melakukan double cleansing untuk membersihkan wajah adalah untuk membersihkan kotoran wajah yang lebih maksimal. Sabun wajah saja tidak sanggup mengangkat debu tebal yang menempel di wajah. Selain itu, riasan wajah juga cukup sulit untuk benar-benar bisa dibersihkan jika hanya menggunakan sabun wajah.

Hal penting lainnya, secanggih dan semahal apa pun produk skin care yang digunakan namun pori-pori kulit tertutup oleh debu atau riasan wajah maka akan sangat percuma. Bukan kulit sehat yang didapatkan malah masalah kulit yang tadinya tidak pernah terjadi atau menjadi lebih parah sebelumnya.

Double cleansing tidak hanya sekadar metode membersihkan wajah sebanyak dua kali tetapi juga sebagai upaya menjaga kondisi kulit wajah sehat dan bersih. Dengan melakukan tahapan double cleansing di atas, semoga kondisi kulit Mama menjadi lebih sehat dan bercahaya ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk