7 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kosmetik Share in Jar

Wah, ternyata menggunakan kosmetik share in jar terdapat risiko memakai produk palsu lho, Ma

20 Januari 2021

7 Kelebihan Kekurangan Menggunakan Kosmetik Share in Jar
Pexels/Jhong Pascua

Banyak sekali brand kecantikan yang mengeluarkan produk terbarunya. Baik lokal maupun luar pasti perempuan selalu ingin mencobanya dan memakainya. Namun, tak jarang bahwa ada ketakutan bahwa produk tersebut tak cocok pada kulit wajah.

Namun, di zaman sekarang banyak sekali inovasi para penjual kosmetik agar dagangnya laku. Dengan melakukan jualan share in jar atau berbagi di tempat yang lebih kecil. Jadi, untuk Mama yang ingin mencoba produk kosmetik baru, namun takut tak cocok bisa membeli share in jar.

Share in jar adalah berbagi isi suatu produk kosmetik ke dalam wadah yang lebih kecil. Tujuan adanya produk share in jar agar pembeli bisa mencoba kosmetik sebelum membeli ukuran aslinya.

Namun, hanya beberapa produk saja yang bisa di-share in jar. Seperti foundation, bedak, contour, skincare, dan lainnya. Tetapi produk share in jar memiliki kelebihan dan kekurangannya lho, Ma apalagi ketika sudah dipakai di wajah.

Untuk itu Popmama.com telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan produk share in jar saat digunakan. Simak selengkapnya di bawah ini.

Editors' Picks

1. Kelebihan menggunakan kosmetik share in jar

1. Kelebihan menggunakan kosmetik share in jar
Freepik

Produk share in jar memiliki kelebihan dalam penggunaanya. Dari mulai praktis sampai lebih murah pun bisa dirasakan jika menggunakan produk share in jar. Apalagi sebagai perempuan pasti ingin mencoba banyak produk kosmetik, namun harganya yang tak wajar di dompet.

Nah, ini kelebihan menggunakan produk share in jar yang perlu Mama ketahui:

  • Bisa mencoba berbagai macam produk

Banyak produk luar ataupun lokal yang harganya mahal. Namun, dengan membeli share in jar memiliki peluang untuk mencoba banyak produk lainnya.

Pasti banyak kosmetik yang ingin dicoba oleh Mama. Untuk itu, Mama pasti membeli beberapa kosmetik yang salama ini diidam-idamkan dengan cara share in jar. Jadi, Mama bisa mencoba berbagai produk luar atau pun lokal dengan brand yang berbeda-beda juga.

  • Harga terjangkau

Kosmetik share in jar lebih murah karena produk ini dibagikan ke beberapa tempat. Jadi, suatu kosmetik berisi 30ml maka produk share in jar hanya berisi 5ml atau 10ml saja. Berarti satu kosmetik bisa dijadikan 3 atau 6 share in jar.

Jadi, untuk harga kosmetik 30ml bisa dibagi menjadi 3 atau 6 sehingga lebih murah dan terjangkau. Begitulah pembagian harga pada produk share in jar. Bahkan bisa lebih mahal sedikit karena penjual butuh tempat untuk menempatkan produk yang akan di-share in jar.

  • Bisa dibawa kemana-mana

Karena tempatnya yang kecil, produk share in jar lebih mudah dibawa kemana-mana. Bahkan bisa dibawa travel juga. Perlu Mama ketahui bahwa ada beberapa peraturan tidak boleh membawa kosmetik atau skincare yang lebih dari 100ml.

Nah, dengan produk share in jar ini lebih memudahkan untuk dibawa berpergian. Tempatnya yang kecil dan bisa muat banyak. Jadi, saat Mama pergi berlibur bisa membawa dan menggunakan kosmetik share in jar agar lolos dari peraturan.

2. Kekurangan menggunakan kosmetik share in jar

2. Kekurangan menggunakan kosmetik share in jar
Freepik

Dalam menggunakan kosmetik share in jar juga memiliki kekurangan. Dari mulai kebersihannya sampai tanggal kadaluwarsanya. Untuk itu, perlu diperhatikan sebelum Mama membeli kosmetik share in jar. Berikut beberapa kekurangan dari kosmetik share in jar:

  • Kebersihan produk kosmetik

Beberapa kosmetik akan rusak jika terpapar udara maka dari itu pengemasan produk di pabrik sangat ketat sehingga kebersihan tetap terjaga. Jika suatu produk dipindahkan ke wadah yang lebih kecil pasti kosmetik terkena udara.

Selain itu, wadahnya juga perlu benar-benar bersih agar kosmetik tidak terkontaminasi kotoran. Jika Mama menggunakan produk yang kotor pasti akan menyebabkan masalah pada kulit wajah.

  • Tanggal kadaluwarsa yang tidak ada

Saat membeli produk berukuran aslinya pasti terdapat tanggal kadaluwarsa yang tercantum pada kemasan. Namun, berbeda dengan produk share in jar yang tidak memiliki tanggal kadaluwarsa.

Untuk itu, Mama perlu melakukan pengecekan atau menanyakan kepada penjual tentang tanggal kadaluwarsa. Walaupun berukuran lebih kecil dan cepat habis tetap harus memperhatikan tanggal kadaluwarsa.

Jika Mama menggunakan kosmetik yang sudah kadaluwarsa maka kulit wajah akan bermasalah apalagi untuk pemakaian yang terus-menerus.

  • Risiko keaslian produk yang diragukan

Membeli produk share in jar memang meragukan. Hal ini dikarenakan produk sudah dipindahkan di wadah yang lebih kecil. Sehingga pembeli tidak bisa melihat kemasan asli produk kosmetik tersebut.

Alasan itulah yang membuat share in jar memiliki risiko keaslian produk menjadi diragukan oleh pembeli. Jika menggunakan kosmetik palsu maka kulit wajah bisa bermasalah, seperti iritasi, berjerawat, bengkak, dan lainnya.

  • Risiko produk sudah dicampur

Membeli produk share in jar itu penuh risiko karena proses pengemasan dilakukan oleh penjual. Untuk itu tingkat risiko produk sudah dicampur bisa terjadi apalagi jika penjual ingin memiliki keuntungan yang besar.

Untuk itulah pentingnya memilih toko yang terpercaya agar terhindar dari risiko yang merugikan Mama. Selain itu, Mama juga harus lebih selektif dan teliti dalam memilih toko yang menjual share in jar.

3. Cara memilih toko kosmetik share in jar

3. Cara memilih toko kosmetik share in jar
Freepik

Melihat banyaknya kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan kosmetik share in jar. Ini ada bebarapa cara untuk memilih produk share in jar. Mama harus memerhatikan tempat yang ingin dibeli.

Baca deskripsi produknya, perhatikan tanggal kadaluwarsanya dan keaslian produknya. Bahkan ada beberapa onlineshop yang merekam bagaimana cara kerja pemindahan produk ke wadah yang lebih kecil.

Hal ini dilakukan oleh penjual agar pembeli percaya untuk membeli produk share in jar-nya. Jika tidak terdapat tanggal kadaluwarsa, Mama bisa menanyakan kepada penjual dan meminta foto tanggalnya.

Jadi, penting untuk memilih toko yang terpercaya agar terhindar dari masalah-masalah yang bisa menyebabkan kulit wajah rusak. Sebagai pembeli pun juga harus selektif dalam memilih toko.

Jangan sampai keteledoran Mama bisa berakibat fatal dan berujung tertipu oleh penjual kosmetik share in jar.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan kosmetik share in jar. Pastikan memperhatikan tanggal kadaluwarsa, keaslian produk, dan lainnya. Hal ini dilakukan agar terhindar dari penipuan yang bisa merusak kulit wajah Mama. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.