Suami Juga Bisa Tampil Glowing, Inilah 5 Cara Merawat Wajah Laki-laki

Papa bisa merawat wajah di klinik ataupun rumah

1 Maret 2021

Suami Juga Bisa Tampil Glowing, Inilah 5 Cara Merawat Wajah Laki-laki
Pexels/Andrea Piacquadio

Di zaman yang sudah canggih teknologi ini membuat banyaknya alat kecantikan. Ternyata seiring berjalannya waktu, laki-laki juga butuh perawatan seperti halnya perempuan. Walaupun laki-laki tampan identik dengan wajah yang garang, sangar, dan terdapat janggut.

Namun, seiring berjalannya waktu sudah berubah. Apalagi dengan adanya budaya Korea Selatan yang masuk ke Indonesia. Semua laki-laki di sana memiliki wajah yang cerah dan mulu. Tidak menutup kemungkinan tipe laki-laki yang disukai oleh perempuan berubah karena budaya Korea Selatan.

Meskipun begitu, kulit laki-laki ternyata juga butuh nutrisi atau perawatan juga lho, Ma. Untuk itu Menologi by ZAP mengadakan webinar bertajuk “Apakah Cowok Juga Butuh Glowing?” pada Jumat, (26/02/21).

“Merawat kulit itu penting tanpa memandang jenis kelaminnya. Jadi, laki-laki tak perlu malu untuk merawat kulitnya di klinik atau menggunakan skin care,” ujar dr. Syafrizal Sharif pada acara webinar.

Laki-laki pun juga tidak menyadari dan ribet untuk merawat kulitnya. Padahal aktivitas di luar rumah membuat kulitnya kotor dan bisa menimbulkan jerawat.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa informasi terkait cara merawat kulit wajah untuk laki-laki. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kenali jenis kulit pada wajah

1. Kenali jenis kulit wajah
Pexels/cottonbro

Sebelum membeli skincare atau sabun wajah, ada baiknya sudah mengetahui jenis kulit terlebih dahulu. Jika sudah mengetahuinya maka Papa akan mudah mencari produk yang sudah disesuaikan dengan jenis kulit.

Selain itu, untuk melakukan perawatan di klinik pun akan lebih mudah. Pasalnya untuk berkonsultasi dengan dokter pun, jenis kulit adalah hal yang pertama kali ditanyakan. Ada lima jenis kulit, yaitu berminyak, kombinasi, kering, sensitif, dan normal.

Editors' Picks

2. Bersihkan wajah secara tepat

2. Bersihkan wajah secara tepat
Pexels/cottonbro

Laki-laki lebih banyak beraktivitas di luar rumah. Jadi, debu dan kotoran akan menempel pada wajahnya. Jika tidak dibersihkan akan menimbulkan jerawat dan muka yang kusam. Oleh karena itu, pentingnya untuk membersihkan wajah dengan produk yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit.

Cuci mukalah dua kali dalam sehari, setelah bangun tidur dan ketika ingin tidur. Pastikan produk yang digunakan sudah sesuai dengan jenis kulit. Lalu, cuci muka dengan air suhu ruangan, jadi tidak terlalu panas atau dingin.

Pastikan membersihkan wajah dengan perlahan-lahan dan tidak menggosoknya terlalu kasar atau keras. Setelah itu, keringkan wajah dengan tisu atau handuk bersih. Perlu diperhatikan, ketika mengeringkan wajah untuk tidak menggosoknya dengan keras, cukup ditepuk-tepuk.

3. Gunakan pelembab setiap hari

3. Gunakan pelembab setiap hari
Pexels/Linda Prebreza

Kulit membutuhkan hidrasi atau pelembab. Semua jenis kulit membutuhkan pelembab agar terlihat sehat, mencegah penuaan dini, dan produksi minyak berlebihan. Kulit berminyak sering kali disalah artikan oleh banyak orang.

Banyak yang mengira bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab karena dapat menghasilkan sebum yang berlebihan.

Padahal kondisi kulit yang berminyak dikarenakan kulit kekurangan hidrasi atau pelembab. Jadi, pastikan gunakan pelembab yang sudah disesuaikan dengan jenis kulit. Pastikan menggunakan produk yang aman dan sudah lulus BPOM ya, Pa.

4. Gunakan sunscreen meski di rumah saja

4. Gunakan sunscreen meski rumah saja
Pexels/Shiny Diamond

Bagi laki-laki yang melakukan aktivitas di luar rumah pada pagi sampai sore hari sebaiknya gunakan sunscreen untuk melindungi kulit. Produk ini digunakan untuk mencegah kanker kulit.

Pilihlah produk sunscreen yang memiliki SPF minimal 30 ya, Pa. Sunscreen juga mencegah kulit kerusakan kolagen yang menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah. Tentunya flek hitam ini akan mengganggu dan susah dihilangkan jika sudah muncul.

Menggunakan sunscreen pun adalah kewajiban di setiap pagi. Hal ini dikarenakan percuma atau sia-sia merawat wajah tanpa menggunakan sunscreen pada pagi harinya.

5. Exfoliating juga diperlukan oleh laki-laki

5. Exfoliating juga diperlukan oleh laki-laki
Pexels/cottonbro

Exfoliating merupakan cara membersihkan wajah dari kulit mati. Kegiatan ini bisa Papa lakukan di rumah atau klinik. Jika ingin melakukannya di rumah bisa menggunakan masker, toner, ataupun scrub wajah.

Jika ingin dilakukan di klinik, biasanya Papa akan menggunakan teknologi canggih, seperti halnya penyedot debu. Cara ini juga akan membuat wajah terlihat cerah dan bersinar. Jadi, pilihlah exfoliating di rumah atau klinik.

Jika ingin yang praktis dan gampang sebaiknya di klinik saja. Karena melakukan exfoliating di rumah memerlukan produk-produknya. Hal tersebut bisa membuat Papa ribet kerena perlu membeli alat dan produknya.

Itulah beberapa cara untuk merawat kulit wajah laki-laki. Semoga dengan adanya informasi ini membuat Papa lebih bisa memerhatikan kesehatan kulit. Wajah yang sehat dan cerah akan membuat Papa memiliki daya tarik tersendiri. Bukan begitu ya, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.