10 Artis yang Punya Masalah Rambut Rontok, Ada yang Stres & Long Covid

Para artis ini menderita penyakit hingga membuat rambut rontok, lho

28 Januari 2022

10 Artis Pu Masalah Rambut Rontok, Ada Stres & Long Covid
Unsplash/towfiqu barbhuiya

Belakangan ini, beberapa para artis luar negeri mengutarakan tentang ritual kecantikan mereka. Mulai dari prosedur operasi plastik, hingga rambut rontok yang mereka alami. 

Sebelumnya, mereka menyembunyikan kondisi tersebut karena dianggap sebagai sesuatu yang bersifat pribadi. Namun, saat ini ada banyak artis yang mulai mengungkapkan pengalaman pribadinya dengan rambut rontok.  

Banyak sekali cerita yang berbeda pada setiap orang, ada yang berurusan dengan traksi alopecia karena masalah gaya rambutnya yang terlalu ketat, dan ada juga yang mengalami rambut rontok karena efek samping dari Covid-19.  

Melansir dari Popsugar, menurut Academy of Dermatology Association rambut rontok bisa disebabkan oleh stres, hormonal, mental, nutrisi, atau fisik. Nah, berikut ini Popmama.com menjelaskan masalah rambut rontok yang dialami para artis, long Covid salah satunya. Ini dia!  

1. Jada Pinkett Smith

1. Jada Pinkett Smith
Instagram.com/jadapinkettsmith

Jada Pinkett Smith pernah mengatakan bahwa dia pernah memotong rambutnya karena mengalami segenggam rambut rontok saat berada di kamar mandi. Lama kelamaan ia menyadari bahwa ia terkena penyakit alopecia.  

Pinkett langsung membuat video tentang penyakitnya itu, ia mengatakan bagaimana gangguan tersebut berkembang, hingga sekarang telah meninggalkan garis samar di bagian atas kepalanya. Pinkett sambil membawa rambut rontoknya mengatakan bahwa ia dan alopecia akan menjadi teman.  

2. Alyssa Milano

2. Alyssa Milano
Instagram.com/milano_alyssa

Alyssa Milano mengatakan, dia mengalami rambut rontok akibat long Covid, di mana merupakan efek samping setelah terpapar virus Covid-19 dalam jangka waktu yang panjang. Ia mengungkapkan hal tersebut pada bulan Agustus 2020 lalu.  

Milano memposting sebuah video pendek di akun Instagram pribadinya. Dengan keadaan rambut yang basah, ia duduk di depan kamera sambil menyisir rambutnya dengan sikat anti kusut.

Setiap sisirannya, ia mendapatkan segumpalan rambut yang rontok, baik di sisir ataupun di tangannya. Kemudian ia memperlihatkan jumlah rambut rontoknya dan memberi peringatan untuk memakai masker kepada pengikutnya.  

3. Viola Danis

3. Viola Danis
Instagram.com/violadavis

Viola Davis mengatakan ceritanya bahwa ia telah kehilangan setengah rambutnya akibat mengalami alopecia areata.

Ia menyadari hal itu ketika terjadi rontok yang banyak hingga membuat sebagian besar kepalanya botak. Dan sejak saat itu ia memakai rambut alaminya dengan potongan pendek, diganti dengan wig atau ekstensi lainnya. 

4. Marcia Cross

4. Marcia Cross
Instagram.com/reallymarcia

Marcia Cross menceritakan pengalaman rambut rontoknya pada tahun 2018. Ia mengalami rambut rontok karena sedang menjalani perawatan akibat penyakit kanker yang dideritanya. Ia juga meminta pengikutnya untuk berbagi jika mereka sedang terkena dampak kerontokan karena penyakit kanker.  

Editors' Picks

5. Tyra Banks

5. Tyra Banks
Instagram.com/tyrabanks

Pembawa acara TV dan model dari Amerika Tyra Banks melaporkan mengalami kerontokan rambut pada tahun 2011 saat menulis bukunya 'Modelland'.

Dia mengatakan kerontokan ini disebabkan oleh tingkat stresnya saat ia berada di puncak karirnya. 

“chilling for me was eating a meal. I couldn’t just look at the ocean. In hindsight that wasn’t healthy.”
 

6. Keira Knightley

6. Keira Knightley
Instagram.com/keiracknightleys

Masalah rambut rontok yang dialami aktris Inggris Keira Knightley terjadi sudah bertahun-tahun. Knightley mengatakan kepada InStyle UK bahwa dia hampir menggunakan pewarna rambut untuk perannya di film.

“Hampir setiap warna yang bisa dibayangkan untuk film yang berbeda. Itu menjadi sangat buruk sehingga rambut saya benar-benar mulai rontok dari kepala. Jadi, selama lima tahun terakhir, saya telah menggunakan wig, yang merupakan hal terhebat yang pernah terjadi pada rambut saya.”

7. Lea Michele

7. Lea Michele
Instagram.com/leamichele

Lea Michele terkenal dalam acara TV Glee, ia membuka permasalahan rambutnya. Ia mengalami kerontokan rambut pascapersalinannya, setelah kelahiran anak pertamanya, Ever Leo.

Dia membagikan foto segumpal rambut dengan keterangan, "Rambut rontok pascamelahirkan adalah Nyata. Nikmati rambut panjang ini selagi masih ada karena mom bob sudah dekat."

8. Kristin Davis

8. Kristin Davis
Instagram.com/manhattanmadam

Aktris Sex in the City, Kristin Davis, angkat bicara tentang kerontokan rambut yang dialaminya setelah syuting musim terakhir acara hit populer itu.

Ia mengatakan suatu hari dia baru menyadari rambutnya tidak lagi seperti dulu, ia mengakui: "Itu sangat bagus, seperti sudah hilang, hampir tidak ada rambut di sana." 

9. Naomi Campbell

9. Naomi Campbell
Instagram.com/naomi

Model ini mengalami kerontokan rambut yang signifikan karena penggunaan rambut extensions. Dia mengungkapkan kepada Evening Standard, bahwa dia telah 'kehilangan semuanya' yang mendorongnya untuk menjadi lebih berhati-hati dan merawat rambutnya. Untungnya perubahan ini memungkinkannya untuk menumbuhkan kembali sebagian besar bintik-bintik botaknya.  

10. Jessy Nelson

10. Jessy Nelson
Instagram.com/jesynelson

Mantan penyanyi Little Mix, Jesy Nelson, mulai mengalami kerontokan rambut ketika dia baru berusia 13 tahun dan ia mengalami perilaku bully di sekolah karena bintik-bintik botaknya yang mencolok.

“Saya mungkin berusia sekitar 13 tahun ketika rambut saya mulai rontok. Stres dapat menyebabkan alopecia, dan itu tidak baik. Saya selalu dipilih karena saya selalu suka berpakaian berbeda. Saya tidak pernah benar-benar ingin cocok dengan orang lain,” katanya. 

Itu dia berbagai masalah rambut rontok yang dialami oleh para artis, long covid salah satunya. Maka dari itu, kalian harus tetap jaga kesehatan ya!  

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk