7 Cara Efektif Mengatasi Leher Hitam dengan Bahan Alami

Bahan-bahan ini dapat mengembalikan leher yang menghitam ke warna kulit asli

18 Oktober 2020

7 Cara Efektif Mengatasi Leher Hitam Bahan Alami
Pixabay/LUM3N

Selain ketiak dan selangkangan, leher juga menjadi sasaran warna kulit yang menggelap. Dan tentunya, ini adalah hal yang tidak diinginkan setiap perempuan karena mengganggu penampilan sehingga kurang sedap dipandang.

Beberapa faktor dikatakan menjadi penyebab menghitamnya leher, seperti paparan sinar matahari yang telalu lama, polusi lingkungan, bahan kimia pada produk perawatan kulit, infeksi jamur, gangguan autoimun, obesitas, dan diabetes.

Khawatirnya, jika Mama menggunakan produk perawatan kulit malah akan memperburuk kulit leher yang menghitam.  Karena itu, Mama sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami untuk menyamarkan leher yang menghitam sehingga warna kulit kembali semula.

Sekarang mari simak secara lengkap 7 cara efektif mengatasi leher hitam dengan bahan alami yang telah Popmama.com susun berikut ini.

1. Cuka sari apel menyeimbangkan pH kulit sehingga membuatnya bersinar alami

1. Cuka sari apel menyeimbangkan pH kulit sehingga membuat bersinar alami
Freepik/Vasiliybudarin

Bahan alami pertama yang bisa mengatasi leher hitam adalah cuka sari apel. Bahan ini dapat menyeimbangkan pH kulit sehingga membuatnya bersinar alami.

Selain itu, kandungan asam malat di dalamnya berfungsi menghilangkan sel kulit yang menumpuk sebagai penyebab kulit menjadi gelap.

Tak perlu repot, Mama hanya harus mengencerkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan 4 sendok makan air. Lalu, oleskan larutan ini pada leher dengan menggunakan bola kapas. Biarkan selama 10 menit, baru bilas dengan air. Ulangi perawatan ini setiap 2 hari sekali.

Jangan lupa untuk melembabkan kulit Mama setelah menggunakan larutan ini karena cuka sari apel bisa sedikit mengeringkan kulit.

2. Ekstrak kentang menghilangkan bercak gelap dan membuat warna kulit merata

2. Ekstrak kentang menghilangkan bercak gelap membuat warna kulit merata
Freepik/Jcomp

Salah satu jenis tanaman umbi-umbian ini juga bisa mengatasi leher hitam. Kentang dikatakan memiliki khasiat pemutih untuk mencerahkan kulit leher yang gelap. Ditambah, dapat menghilangkan bitnik-bintik gelap dan membuat warna kulit merata.

Mama perlu menyiapkan 1 buah kentang kecil. Parut dan peras untuk mengekstrak sarinya. Oleskan sarinya pada leher Mama dan biarkan mengering selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Mama dapat melakukan perawatan ini 1-2 kali setiap hari.

Editors' Picks

3. Kunyit mencerahkan warna kulit dan memperbaiki sel kulit yang rusak

3. Kunyit mencerahkan warna kulit memperbaiki sel kulit rusak
Freepik/sri_sakorn42

Salah satu rempah yang bisa mengatasi leher hitam adalah kunyit. Rempah ini dapat mencerahkan warna kulit serta memperbaiki sel kulit yang rusak dengan khasiat penyembuhannya.

Mama hanya perlu mencampur 1-2 sendok makan yogurt tawar dan seperempat sendok teh bubuk kunyit hingga rata. Setelah itu, oleskan pasta ke bagian leher yang hitam dan diamkan selama 15 menit baru kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari.

4. Lidah buaya mencegah terjadinya pigmentasi serta menjaga kulit terhidrasi

4. Lidah buaya mencegah terjadi pigmentasi serta menjaga kulit terhidrasi
Freepik/nipapornnan

Semua Mama pasti tahu bahwa lidah buaya memberikan banyak manfaat untuk segala jenis perawatan kulit. Tentu termasuk mengatasi leher hitam.

Kandungan aloesin di dalamnya dapat membantu mencerahkan kulit dengan menghambat aktivitas enzim yang menyebabkan pigmentasi pada kulit. Ditambah, adanya asam lemak esensial, vitamin, dan mineral untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan bergizi.

Mama cukup membelah sebuah lidah buaya dan mengambil ekstrak gelnya. Lalu, gosok ke bagian leher yang hitam selama beberapa menit. Setelah itu, biarkan selama 10 menit, baru bilas dengan air. Ulangi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

5. Minyak Almond mengandung sclerosant yang membantu memperbaiki warna kulit

5. Minyak Almond mengandung sclerosant membantu memperbaiki warna kulit
Pixabay/Rabbixel

Beberapa minyak alami juga dikatakan dapat mengatasi leher hitam, yaitu minyak almond dan tea tree oil.

Minyak almond mengandung sclerosant yang membantu memperbaiki warna kulit. Selain itu, minyak ini juga kaya vitamin E yang dapat menghaluskan dan meremajakan kulit.

Sementara tea tree oil, dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menyembuhkan bekas luka atau noda pada kulit.

Sebelum mengaplikasikan minyak tersebut, pastikan Mama sudah membersihkan leher dengan sabun dan air. Kemudian, tepuk-tepuk hingga mengering. Baru oleskan beberapa tetes minyak almond yang dicampur dengan 1-2 tetes tea tree oil.

Pijat leher dengan gerakan memutar selama 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari untuk dapatkan hasilnya segera.

6. Oatmeal berfungsi membersihkan dan melembapkan kulit secara bersamaan

6. Oatmeal berfungsi membersihkan melembapkan kulit secara bersamaan
Freepik/Luis-molinero

Cara lain untuk mengatasi leher hitam adalah dengan menggunakan scrub oatmeal. Scrub ini berfungsi membersihkan dan melembabkan kulit secara bersamaan. Bahkan, dapat membantu menghilangkan kekeringan yang menjadi penyebab penggelapan kulit leher.

Untuk pengaplikasian, Mama harus menggiling oat (jangan sampai menjadi bubuk halus) hingga mendapat seperempat cangkir bubuk kasar. Tambahkan jus tomat dan air mawar ke dalamnya, lalu aduk rata hingga menjadi pasta yang kental.

Oleskan pasta tersebut secara merata pada leher dan biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu, basahi ujung-ujung jari dan mulailah menggosok leher dengan lembut. Kemudian, cuci dengan air dingin dan keringkan. Untuk dapatkan hasil lebih cepat, lakukan perawatan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

7. Yoghurt memiliki enzim alami yang bekerja dengan asam lemon untuk cerahkan kulit

7. Yoghurt memiliki enzim alami bekerja asam lemon cerahkan kulit
Freepik/nensuria

Yoghurt juga termasuk bahan alami yang bisa mengatasi leher hitam. Fermentasi susu ini memiliki enzim alami yang bekerja sama dengan asam dalam lemon untuk mencerahkan kulit gelap di leher. Juga, terdapat lemak sehat yang menutrisi kulit dan membuatnya halus.

Mama perlu mencampur 1-2 sendok makan yoghurt dengan 1 sendok teh jus lemon. Setelah itu, oleskan pada bagian leher yang hitam dan biarkan selama 20 menit baru bilas dengan air. Ingat untuk melakukan perawatan sebanyak sekali setiap hari.

Meskipun semua bahan-bahan alami di atas efektif mengatasi leher hitam, tapi Mama tetap harus pastikan tidak ada alergi terhadap salah satunya. Selalu uji dengan mengoleskannya sedikit di tangan, lalu diamkan selama beberapa saat untuk mengetahui alergi atau tidak.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.