Perawatan Alami Hilangkan Ketombe Alis, Salah Satunya dengan Cuka

Jadi bisa hemat biaya perawatan kecantikan, deh

1 Juni 2020

Perawatan Alami Hilangkan Ketombe Alis, Salah Satu Cuka
parenting.firstcry.com

Kulit kering yang muncul di antara kedua alis atau biasa disebut ketombe alis sering kali mengganggu penampilan wajah. Aplikasi makeup pun jadi tampak kasar akibat kulit-kulit kering yang terkelupas.

Siapa pun dapat mengalami masalah ini, bahkan pada bayi yang dikenal dengan cradle cap. Penyebabnya beragam, bisa karena bersentuhan dengan zat yang mengiritasi kulit, psoriasis, atau dermatitis seboroik.

Dan, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat kita agak sulit melakukan perawatan di salon kecantikan untuk mengatasi masalah tersebut. Kalaupun harus memanggil ke rumah, pasti membutuhkan biaya lebih.

Jika ingin hilangkan ketombe alis yang menghemat biaya, Mama dapat mencoba perawatan alami ini di rumah. Untuk mengetahuinya, Popmama.com akan menjabarkan beberapa perawatan alami untuk hilangkan ketombe alis di bawah ini.

1. Diet Seimbang dapat menambah kelembaban kulit dari waktu ke waktu

1. Diet Seimbang dapat menambah kelembaban kulit dari waktu ke waktu
Freepik/nensuria
Ī

Melakukan diet seimbang adalah salah satu perawatan alami ketombe alis. Mengubah kebiasaan makan yang tepat akan menambah kelembaban pada kulit dan membuatnya lebih sehat dari waktu ke waktu.

Sertakan buah-buahan dan sayuran segar dalam diet harian untuk menyembuhkan ketombe alis secara permanen. Selain itu, lewati semua jenis barang tidak sehat seperti makanan berminyak, junk food, dan makanan olahan.

Cobalah untuk memasukkan makanan yang sehat untuk usus dalam diet. Kadang-kadang, ketimpangan pada usus dapat memicu peradangan kulit.

2. Lemon dapat menghilangkan sel-sel kulit mati

2. Lemon dapat menghilangkan sel-sel kulit mati
Pixabay/stevepb

Jika banyak kulit mengelupas di antara kedua alis Mama, gunakan lemon sebagai perawatan alami ketombe alis.

Ambil seiris tipis lemon (cuci lemon sebelumnya) dan gosokkan dengan lembut pada area kulit yang bermasalah. Tunggu beberapa menit agar air lemon bekerja, lalu bilas dengan air dingin.

Kandungan vitamin C pada buah ini dapat menghilangkan sel-sek kulit mati dan membantu membunuh bakteri penyebab infeksi.

Editors' Picks

3. Gel lidah buaya memiliki sifat penyembuhan yang luar biasa

3. Gel lidah buaya memiliki sifat penyembuhan luar biasa
Freepik/jcomp

Gel lidah buaya adalah solusi yang sangat baik untuk semua jenis masalah kulit, termasuk ketombe alis. Oleskan gel lidah buaya murni pada kulit yang bermasalah, lalu bilas dengan air hangat untuk menghilangkan kulit mati yang terkelupas.

Gel lidah buaya memiliki sifat penyembuhan luar biasa yang juga menenangkan kulit kering dan teriritasi. Ini menjadikannya sebagai salah satu perawatan alami ketombe alis yang baik.

4. Minyak almond mengandung zat yang dapat menjaga kelembaban dan kesehatan kulit

4. Minyak almond mengandung zat dapat menjaga kelembaban kesehatan kulit
healthline.com

Perawatan alami ketombe alis lainnya adalah menggunakan minyak almond.

Teteskan minyak almond hangat pada alis serta kulit sekitarnya yang kering. Pijat perlahan lalu diamkan semalaman. Mama dapat melakukannya pada malam hari sebelum tidur. Ingat, segera cuci muka esok paginya

Minyak almond mengandung vitamin A, E, mineral, dan asam lemak yang dibutuhkan untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

5. Cuka putih mengandung zat asam yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati

5. Cuka putih mengandung zat asam membantu mengangkat sel-sel kulit mati
snughughome.com

Mencuci seluruh area alis dengan sedikit cuka putih dapat memperbaiki kondisi kulit Mama. Cairan ini tidak hanya menghilangkan kulit kering dan bersisik, tetapi juga mencegahnya terjadi kembali.

Cuka putih mengandung zat asam yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Ini membuatnya memasuki daftar perawatan alami untuk ketombe alis.

6. Daun Neem memiliki sifat antibakteri untuk mengobati ketombe alis

6. Daun Neem memiliki sifat antibakteri mengobati ketombe alis
exportersindia.com

Daun neem atau daun mimba memiliki sifat antibakteri yang menjadikannya sebagai obat untuk beberapa penyakit kulit, salah satunya ketombe alis. Asam dan minyak yang terkandung di dalamnya juga membantu merawat kulit kering secara efisien.

Cukup siapkan racikan dengan menghancurkan daun nimba, lalu campurkan dengan sedikit air dan oleskan ke kulit di antara kedua alis Mama. Semua sel-sel mati itu akan lenyap dalam beberapa waktu.

Nah, sekarang Mama bisa mencoba perawatan alami untuk menghilangkan ketombe alis di rumah dan tidak perlu ke salon kecantikan. Kantong hemat, ketombe alis pun hilang.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.