5 Manfaat Madu Kurma untuk Kesehatan, Ketahui Batas Konsumsinya

Madu kurma memiliki beragam manfaat untuk kesehatan

5 Juli 2022

5 Manfaat Madu Kurma Kesehatan, Ketahui Batas Konsumsinya
Unsplash/Arwin Neil Baichoo

Manfaat madu kurma untuk kesehatan cukup beragam. Madu merupakan cairan manis hasil produksi lebah yang mengandung vitamin A (retinol), vitamin B kompleks, vitamin C, dan senyawa aktif asam fenolik dan flavonoid. 

Sementara kurma, merupakan buah yang memiliki cita rasa manis dan mengandung potasium, protein, serat, karbohidrat, vitamin C, vitamin A, kalium, pyridoxine, fosfor, lutein-zeaxanthin, serta mangnesium. 

Mengombinasi madu dan kurma tentu baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi madu kurma secara rutin, kamu akan mendapatkan banyak manfaatnya, seperti memenuhi asupan nutrisi tubuh, menjaga kestabilan gula darah, meningkatkan energi tubuh, hingga meningkatkan imunitas. 

Berikut manfaat madu kurma untuk kesehatan yang telah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Memenuhi asupan nutrisi tubuh

1. Memenuhi asupan nutrisi tubuh
Freepik/freepik

Manfaat madu kurma untuk kesehatan yang pertama yaitu memenuhi asupan nutrisi tubuh. Di dalam kurma terdapat kandungan berbagai jenis vitamin seperti B3 atau niasin yang bagus untuk proses pencernaan, serta vitamin B9 yang dapat membantu membentuk sel darah baru. 

Tubuh membutuhkan mineral agar kesehatan tetap terjaga. Kurma adalah pilihan yang tepat karena di dalamnya terdapat mineral penting seperti mangan, tembaga, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, dan seng. 

Zat gizi tersebut akan semakin optimal lagi jika dikonsumsi bersamaan dengan madu. Ini dikarenakan dalam madu terdapat kandungan antioksidan penting seperti flavonoid, fenol, serta asam organik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Editors' Picks

2. Meningkatkan imunitas

2. Meningkatkan imunitas
Freepik/freepic.diller

Madu kurma juga mengandung zat gizi yang bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Contohnya seperti zat besi, zink, hingga vitamin A. 

Manfaat madu untuk imunitas tubuh didapatkan dari senyawa flavonoid dan fenolik yang terkandung di dalamnya. Keduanya memiliki sifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan di dalam tubuh. 

Madu juga dicerna secara lambat oleh tubuh sehingga asam lemak yang dihasilkan berantai pendek. Asam lemak tersebut yang nantinya berfungsi untuk membuat respon imun tubuh menjadi lebih optimal, sehingga kamu tak mudah sakit.

3. Menjaga kestabilan gula darah

3. Menjaga kestabilan gula darah
Pexels/Artem Podrez

Manfaat madu kurma untuk kesehatan berikutnya yaitu menjaga kestabilan gula darah. Mengonsumsi madu kurma diketahui aman meski kandungan gula alaminya tinggi, namun indeks glikemiknya rendah.

Mengonsumsi madu dan kurma pun cenderung lebih aman dan kamu tak perlu khawatir kadar gula di dalam tubuh naik setelah memakannya. Justru, keduanya bisa menjadi alternatif pengganti gula untuk mengurangi kadar kalori yang berlebih. 

Meskipun madu dan kurma cenderung lebih aman untuk penderita diabetes, tetap disarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

4. Menurunkan kolesterol dalam tubuh

4. Menurunkan kolesterol dalam tubuh
Freepik

Salah satu manfaat madu kurma yaitu membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalori dapat memberikan dampak buruk dan membuat kolesterol menjadi naik. 

Oleh karena itu, penting untuk mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung kalori, lemak, atau gula terlalu banyak.  

Dalam beberapa penelitian ditunjukkan bahwa mengonsumsi madu kurma dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Manfaat ini diketahui berasal dari serat yang terkadung di dalamnya yang mampu mengurangi penyerapan kolesterol.

5. Meningkatkan energi tubuh

5. Meningkatkan energi tubuh
Freepik/pressfoto

Manfaat madu kurma untuk kesehatan selanjutnya yaitu meningkatkan energi tubuh. Ini dikarenakan di dalam madu terkandung fruktosa, maltose, glukosa, dan sukrosa. Sementara itu, dalam kurma terdapat sumber fruktosa alami.

Meski bermanfaat bagi tubuh, tapi kamu perlu memperhatikan batasan konsumsinya. Pastikan kamu mengonsumsi madu hanya satu sendok makan serta kurma sebanyak satu sampai tiga butir saja per hari. 

Itulah 5 manfaat madu kurma untuk kesehatan yang penting untuk kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga:

8 Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Mengenal 8 Jenis Kurma yang Cocok Dikonsumsi untuk Program Hamil

8 Manfaat Jus Kurma bagi Kesehatan Tubuh, Kaya Nutrisi

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk