IMS 2020: Nusa Tenggara Barat Menjadi Pilihan Pariwisata Halal

Lombok berhasil menjadi destinasi wisata halal di dunia

23 Januari 2020

IMS 2020 Nusa Tenggara Barat Menjadi Pilihan Pariwisata Halal
Instagram/indonesia.millennial.summit

Dalam acara Indonesia Millennial Summit 2020, di The Tribrata, Dharmawangsa hari Sabtu (18/01) lalu. Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, Lalu Mohammad Faozal mengatakan wisata halal di Lombok menjadi salah satu wisata pilihan bagi millennial Muslim.

Pada 2015 Lombok mendapat penghargaan sebagai destinasi wisata halal dunia. Kemudian, pada 2019, Lombok menjadi perwakilan Indonesia sebagai destinasi Global Muslim Travel Index.

Mohammad Faozal menjelaskan halal tourism yang dimaknai NTB adalah friendly family destination, yakni destinasi untuk keluarga dan destinasi yang ramah bagi muslim.

Ia mengatakan bahwa jika berkunjung ke Lombok, wisatawan Muslim akan difasilitasi baik dari segi destinasi maupun produk. Faozal juga mengakui dengan mengusung brand wisata halal, NTB berhasil mendatangkan banyak wisatawan mancanegara. Lombok bahkan menjadi destinasi populer di masyarakat Malaysia.

Berdasarkan keterangan, sebelumnya penerbangan dari luar negeri menuju Lombok sepi, namun setelah ada halal tourism, pariwisata ke pasar Asia jadi lebih meningkat. Saat ini penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Lombok bisa sampai 3 kali dalam sehari.

Lombok bukan hanya menyajikan makanan dan wisata yang halal, namun juga memfasilitaskan tempat penginapan yang nyaman.

Untuk lebih lengkapnya, Popmama.com telah merangkum alasan mengapa Lombok dikatakan destinasi wisata yang halal.

1. Lombok memiliki banyak masjid untuk ibadah

1. Lombok memiliki banyak masjid ibadah
pesona.travel

Pulau Lombok dikenal dengan julukan Pulau 1000 Masjid. Hal ini karena pulau Lombok memiliki 4.500 lebih masjid yang tersebar di 598 desa dan kelurahan di pulau Lombok.

Ini semua tidak lepas dari kepedulian masyarakat Muslim setempat. Biasanya dalam satu desa bisa terdapat lebih dari satu masjid.

Salah satu masjid yang terkenal dengan kemegahannya ialah Masjid Raya Hubbul Wathan. Majid ini dibangun di tanah seluas 6.7 hektar.

Masjid ini memiliki kubah raksasa berwarna keemasan dengan motif batik khas NTB. Selain itu, kultur masyarakat Lombok secara turun-temurun menganut ajaran-ajaran agama yang kental salah satunya agama Islam.

Editors' Picks

2. Banyak tempat menyajikan makanan halal

2. Banyak tempat menyajikan makanan halal
Pinterest/wisatakulinerindonesia

Lombok terkenal memiliki makanan yang lezat. Menariknya, hampir semua yang dijajakan adalah makanan halal. Salah satunya ayam taliwang. Ayam taliwang merupakan ayam bakar yang disajikan dengan pelecing kangkung dan sambal terasi. Ayam taliwang memang sangat terkenal karena sambalnya yang khas.

Pebisnis yang ingin membuat usaha di Lombok harus memenuhi aturan yang ditetapkan pemerintah daerah di sana. Pada dasarnya masyarakat Lombok memang mengedepankan aturan agama, hal ini tentu berdampak pada kultur budaya di sana. Maka, semisal ingin membuka restoran di Lombok, makanan yang disediakan harus terdiri dari menu halal sehingga dapat dikonsumsi oleh wisatawan Muslim.

3. Memiliki konsep pariwisata yang halal

3. Memiliki konsep pariwisata halal
Pinterest

Salah satu wilayah Lombok khususnya Mataram memiliki banyak hotel dengan konsep syariah. Hotel ini menawarkan suasana yang nyaman seperti memfasilitasi pengunjung dengan toiletuntuk wudhu serta tersedia sajadah dan Alquran di masing-masing kamar. 

Selain hotel, pantai di Lombok juga memiliki konsep syariah. Pemda NTB sedang merencanakan pembagian tempat bagi wisatawan laki-laki dan perempuan yang akan dipisah namun masih belum ada keterangan lebih lanjut tentang pantai mana saja yang akan diberlakukan aturan tersebut.

Itu dia alasan mengapa Nusa Tenggara Barat dijadikan salah satu destinasi halal. Mama tidak perlu ragu lagi ya jika ingin berlibur ke sini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!