TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

4 Fakta Rabu Wekasan di Film 'Inang' yang Jarang Diketahui

Ritual tradisi masyarakat adat Jawa tentang Rabu Wekasan diangkat dalam film 'Inang'

14 Oktober 2022

4 Fakta Rabu Wekasan Film 'Inang' Jarang Diketahui
Instagram.com/filminang

Indonesia sebagai negara multikultural memiliki banyak sekali keragaman pada setiap budaya yang dimiliki, salah satunya ritual adat. Dalam suku Jawa terdapat salah satu hari yang cukup sakral, yaitu Rabu Wekasan.

Rabu Wekasan adalah hari Rabu di bulan Safar pada kalender suku Jawa. Sebagian masyarakat meyakini pada hari itu akan turun bencana dan juga penyakit, sehingga terdapat ritual pada hari itu untuk menolak bala dan memohon perlindungan dari malapetaka.

Kepercayaan ini diangkat dalam salah satu film berjudul 'Inang' yang bintangi oleh Naysila Mirdad, Lydia Kandou, dan Dimas Anggara. Pada film ini digambarkan bagaimana masyarakat Jawa melakukan ritual Rabu Wekasan.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta Rabu Wekasan di film 'Inang' yang jarang diketahui.

Yuk, kita simak detailnya!

1. Masyarakat Jawa pada Rabu Wekasan melakukan berbagai ritual

1. Masyarakat Jawa Rabu Wekasan melakukan berbagai ritual
Instagram.com/idnpictures

Dalam bahasa Jawa, hari sakral tersebut lebih dikenal dengan nama Rabu Wekasan. Pada hari tersebut biasanya masyakarat Jawa akan menyelenggarakan banyak ritual adat, dengan tujuan menolak bala serta memohon agar diberikan hasil bumi yang melimpah.

Aktivitas tersebut biasanya berupa tahlilan, berbagi makanan baik dalam bentuk gunungan maupun selamatan, dan salat sunah lidaf'il bala (tolak bala) bersama. 

Namun dalam film 'Inang' konteks Rabu Wekasan yang disoroti terkait kisah seorang perempuan yang berjuang melawan kekuatan mistis, saat dirinya hamil hingga melahirkan. 

Editors' Picks

2. Rabu Wekasan hari datangnya ratusan ribu penyakit

2. Rabu Wekasan hari datang ratusan ribu penyakit
Youtube.com/IDN Pictures

Dalam adat Kejawen, Rabu Wekasan dipercayai sebagai hari datangnya 320 ribu penyakit dan marabahaya, serta 20 ribu bencana atau bala. Maka dari itu, masyarakat suku Jawa melaksanakan upcara adat untuk tolak bala pada hari Rabu Wekasan.

Umumnya penafsiran Rabu Wekasan ini dalam ritualnya berbeda-beda di setiap daerahnya. Namun yang jelas tujuan dari ritual ini ialah untuk menghindari manusia dari marabahaya makhluk-makhluk jahat dan bencana.

3. Perempuan yang melahirkan bayinya pada Rabu Wekasan harus melakukan ruwat

3. Perempuan melahirkan bayi Rabu Wekasan harus melakukan ruwat
Youtube.com/IDN Pictures

Banyak pernyataan yang beredar bahwa seseorang yang lahir pada Rabu Wekasan akan dianggap kurang beruntung. Hal ini terjadi karena mereka dianggap bisa menarik berbagai unsur gaib seperti mudah terserah sihir, diganggu oleh bangsa jin, hingga menjadi tumbal korban pesugihan.

Bayi yang dilahirkan pada hari sakral ini akan mendapatkan sial apabila tidak melakukan ruwat. Dalam adat Jawa, ruwat adalah kegiatan tradisional untuk membuang sial atau menyelamatkan seseorang dari gangguan tertentu.

Bagi masyarakat Jawa, ruwatan menjadi bentuk usaha yang bertujuan agar kelak setelah menjalani rital ini akan mendapatkan berkah berupa keselamatan, kesehatan, kedamaian, ketenteraman jiwa, kesejahteraan serta kebahagiaan diri dan keluarga.

4. Di tahun ini Rabu Wekasan jatuh pada 21 September 2022

4. tahun ini Rabu Wekasan jatuh 21 September 2022
Youtube.com/IDN Pictures

Menurut perhitungan kalender Masehi, tahun ini Rabu Wekasan bertepatan pada tanggal 21 September 2022. Pada salah satu hari di bulan Safar tersebut, masyarakat meyakini akan ada berbagai macam bala yang berdatangan.

Itulah beberapa fakta Rabu Wekasan di film 'Inang' yang jarang diketahui. Jangan lupa untuk menonton film 'Inang' karya IDN Pictures yang tayang di bioskop mulai 13 Oktober 2022. 

Semoga informasi mengenai Rabu Wekasan ini bisa menambah pengetahuan Mama dan Papa, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk