Bagaimana agar Tujuan Investasi Tercapai? Ini yang Harus Diperhatikan

Ini yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi

2 Juli 2022

Bagaimana agar Tujuan Investasi Tercapai Ini Harus Diperhatikan
unsplash.com/mathieustern

Sebelum menaruh uang kita ke produk investasi, kita harus tahu dulu apa tujuannya. Apakah ingin mengumpulkan dana pensiun, pendidikan anak, saham, atau dana darurat?

Terkadang, banyak orang yang terlalu percaya diri saat mengambil langkah untuk investasi. Karena terlalu percaya diri, seseorang akan yakin kalau dirinya bisa kaya lewat investasi. Padahal, investasi bukan menjadikan seseorang untuk kaya.

Lalu, pada saat melakukan investasi, bagaimana agar tujuannya bisa tercapai? Berikut ungkapan dari Financial Planning Standards Board Indonesia Annisa Steviani yang Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Ketahui spesifik tujuannya

1. Ketahui spesifik tujuannya
pexels.com/pixabay

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi adalah, ketahui dulu spesifik tujuannya. Apakah untuk dana darurat, dana pendidikan, atau untuk dana pensiun? Dengan memiliki tujuan yang jelas, seseorang akan tujuan berinvestasi.

“Ini metode umum dalam mencapai tujuan, bukan hanya mengelola keuangan, tapi smart. Jadi kita harus tahu dulu spesifiknya, apa tujuannya? Harus tertulis dan jelas,” ungkapnya dalam acara webinar Citi Indonesia: Investasi Sekarang untuk Masa Depan, beberapa waktu yang lalu.

Editors' Picks

2. Hitung dulu berapa uang yang harus disisihkan per bulan dan perhatikan kondisinya

2. Hitung dulu berapa uang harus disisihkan per bulan perhatikan kondisinya
unsplash.com/towfiqu999999

Mengelola keuangan tentu harus diperhatikan oleh individu, apalagi saat punya rencana untuk berinvestasi. Annisa mengatakan, tujuan investasi bisa dicapai bila menghitung dulu berapa uang yang harus disisihkan. Tapi yang paling penting, perlu lihat kondisinya.

“Mungkin nggak kita mencapai tujuan itu? Memang kita harus optimis, tapi harus pertimbangkan kondisi kita saat ini,” tuturnya.

“Jadi tujuan itu harus achievable dengan kondisi kita,” ungkapnya lebih lanjut.

3. Sebelum berinvestasi, harus relevan saat memilih produk investasi

3. Sebelum berinvestasi, harus relevan saat memilih produk investasi
unsplash.com/@precondo

Ada banyak produk investasi yang bisa menyimpan uang. Hanya saja, perlu diperhatikan secara relevan saat memilih produk investasi, jangan asal taruh uang saja.

“Relevan gak sih produk yang kita pilih dengan tujuan keuangan kita? Mungkin banyak produk investasi seperti crypto, bahkan pamer cuan, kita harus tahu relevan nggak sih dengan tujuan keuangan kamu?” lanjutnya.

“Kalau tujuan keuangannya untuk uang sekolah anak, tapi taruh di crypto, itu nggak relevan,” ujarnya.

4. Perhatikan waktu yang jelas saat berinvestasi

4. Perhatikan waktu jelas saat berinvestasi
unsplash.com/@rupixen

Selain memilih produk investasi yang tepat, yang harus dilakukan sebelum berinvestasi adalah dengan memperhatikan waktu yang jelas. Misal, kapan sih waktu yang tepat untuk mencapai tujuan investasi, dan sebagainya.

“Harus jelas waktunya, kita mau tujuan tercapainya kapan? Misal uang sekolah anak lima tahun harus tercapai, beli rumah tiga tahun lagi, jadi ada jangka waktunya,” pungkasnya.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi. Bagaimana, sudah berpikir lebih matang belum Pa?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk