TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Doa saat Melihat Setan Menampakan Diri

Jika setan menampakkan diri, sebaiknya bacalah doa ini

29 September 2022

5 Doa saat Melihat Setan Menampakan Diri
unsplash.com/@stefanopollio

Setan atau hantu, merupakan makhluk halus yang tk kasat mata. Seringkali, ketika seseorang mendengar suara atau melihatnya, tentu membuatnya takut dan ingin menghindarinya.

Padahal menurut Islam, ketika seorang hamba mendengar atau melihat makhluk halus, haruslah berdoa sebagai tameng perlindungan diri.

Mengenai tentang makhluk halus, ada beberapa hal yang harus dilakukan bagi umat Islam. Simak selengkapnya yang Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Suara hantu atau setan datang ketika seseorang kehilangan fokus

1. Suara hantu atau setan datang ketika seseorang kehilangan fokus
unsplash.com/@dallehj

Suara hantu atau setan yang menampakkan diri, terjadi ketika seseorang kehilangan fokus. Ketika mendengar atau melihat makhluk halus dan menjadi takut, itu sama saja membuatnya senang dan terus mengganggu.

Karena itu, penting untuk membaca doa ketika melihat atau mendengar suara makhluk halus. Dengan berdoa, Allah SWT akan selalu melindungi dan menghilangkan rasa takut.

Editors' Picks

2. Jika melihat setan, jangan lari

2. Jika melihat setan, jangan lari
unsplash.com/@caleb_woods

Jika setan menampakkan diri, sebaiknya jangan lari dan jangan takut kepadanya. Hal itu telah diungkap oleh Imam mujahid bin jab rahimaullah, dalam Akamul Marjan, halaman 87.

“Setan lebih cepat malarian diri dari salah seorang di antara kalian dibandingkan saat kalian lari darinya. Maka dari itu, jika ada setan menampakkan diri, janganlah kalian lari darinya sehingga dia mengejar kalian. Namun, bersikap keraslah terhadapnya, karena dia akan lari.”

3. Bacalah doa Ayat Kursi saat melihat atau mendengar suara setan

3. Bacalah doa Ayat Kursi saat melihat atau mendengar suara setan
unsplash.com/@thedancingrain

Agar terhindar dari godaan setan, sebaiknya lakukan dengan membaca doa Ayat Kursi. Doa ini disebut dapat mengusir setn dari rumah, berikut doanya:

Allahu la ilaha illa huw, al-ayyul-qayym, la ta`khuzuhu sinatuw wa la na`um, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard, man zallazi yasyfa’u ‘indahu illa bi`iznih, ya’lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyai`im min ‘ilmihi illa bima sya`, wasi’a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la ya`uduhu hifzuhuma, wa huwal-‘aliyyul-‘azim.

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

4. Bacalah Surat An-Nas

4. Bacalah Surat An-Nas
unsplash.com/@lllezz

Doa selanjutnya adalah Surat An-Nas, yang disebut juga dapat menjadi doa yang ampuh mengusir setan. Berikut doanya:

Qul a’uzu birabbin-naas. Malikin-naas. Ilaahin-naas. Min syarril-waswaasil-khannaas. Allazii yuwaswisu fii suduurin-naas. Minal-jinnati wan-naas.

Artinya:

Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

5. Surat Al-Falaq

5. Surat Al-Falaq
unsplash.com/@masjidmpd

Kemudian, doa yang bisa dibaca ketika melihat atau mendengar suara setan, adalah Surat Al-Falaq. Berikut doanya beserta artinya:

Qul a’uuzu birabbil-falaq. Min syarri maa khalaq. Wa min syarri gsiqin izaa waqab. Wa min syarrin-naffaasaati fil-‘uqad. Wa min syarri aasidin izaa asad.

Artinya:

Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Demikian doa ketika melihat atau mendengar suara setan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk