TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Mengatasi Cacar Monyet

Inilah lima makanan yang bisa mengatasi masalah cacar monyet

8 Agustus 2022

5 Makanan Harus Dikonsumsi Mengatasi Cacar Monyet
pexels.com/iamtrangdoan

Cacar monyet merupakan nfeksi virus yang ditandai dengan bintil bernanah di kulit. Disebut dengan monkeypox, virus ini pertama kali muncul di negara Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970.

Pada awalnya, penyakit cacar monyet memiliki gejala yang serupa dengan cacar air, yaitu bintil berair. Namun seiring perkembangan penyakit, bintil berair berubah menjadi nanah dan menimbulkan benjolan di leher, ketiak, hingga selangkangan akbat pembengkakan kelenjar getah bening.

Untuk mengatasi penyakit ini, ada lima makanan yang perlu dikonsumsi. Simak selengkapnya yang Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Makanan kaya akan protein seperti keju dan kedelai

1. Makanan kaya akan protein seperti keju kedelai
newswaali.com

Protein dianggap sebagai bahan yang dapat mempertahankan tubuh, serta mengatasi virus cacar monyet. Makanan yang kaya akan protein dapat memperkuat kekebalan serta membantu memperbaiki kerusakan sel.

Adapun beberapa makanannya antara lain kedelai, keju cottage, kecambah, yogurt, biji-bijian, kacang-kacangan, lentil, dan makanan kaya protein lainnya.

Editors' Picks

2. Telur punya protein yang tinggi

2. Telur pu protein tinggi
unsplash.com/louishansel

Telur memiliki sumber protein berkualitas tinggi, tetapi ada beberapa nutrisi lain yang terkandung pada telur. Salah satunya vitamin A, D, E, kolin, zat besi, dan folat yang membantu meningkatkan kesehatan otot, produksi energi, serta sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, telur juga memiliki sumber selenium, yang merupakan nutrisi penting untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif serta infeksi.

3. Buah-buahan yang diperkaya vitamin C

3. Buah-buahan diperkaya vitamin C
unsplash.com/@jkakaroto

Buah-buahan memiliki kandungan antioksidan yang kuat, serta vitamin C yang dapat membantu pertumbuhan sel darah putih yang dapat membantu melawan penyakit dan infeksi.

Sumber vitamin C ini bisa ditemukan lewat buah jeruk, lemon, kiwi, stroberi, amla, pepaya, ceri, dan buah-buahan lainnya.

4. Daun kemangi

4. Daun kemangi
shopee.co.id

Daun kemangi memiliki sumber anti-inflamasi, antibakteri, serta antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun ini terbukti bermanfaat untuk mengatasi gejala flu biasa.

Selain itu, daun kemangi juga ampuh mengatasi jerawat, menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah kanker, serta mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi.

5. Makanan yang mengandung sumber probiotik

5. Makanan mengandung sumber probiotik
Unsplash/Erda Estremera

Sumber probiotik terbukti dapat menyembuhkan usus serta kesehatan secara keseluruhan. Beberapa di antaranya bisa ditemukan lewat bawang putih, bawang merah, dan juga buah pisang.

Selain itu, bisa ditemukan juga pada makanan kismis, di mana makanan ini disebut pendingin untuk diet.

Demikian makanan yang dapat mengatasi virus cacar monyet. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk