Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

RKUHP Jadi Perdebatan, Komentar Hotman Paris: Gue Pusing

RKUHP jadi perdebatan, ini komentar Hotman Paris soal Undang-Undang Hukuman Mati

9 Desember 2022

RKUHP Jadi Perdebatan, Komentar Hotman Paris Gue Pusing
Instagram.com/@hotmanparisofficial

RKUHP yang jadi isu perdebatan telah dinilai dapat mempersekusi kehidupan masyarakat. Sejak rancangan ini disahkan di Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (6/12/2022) lalu, terdapat ada pasal tentang penghinaan Pemerintah sampai Lembaga Negara.

Tidak hanya itu saja, RKUHP juga dinilai membuka celah persekusi terhadap kehidupan di luar perkawinan suami istri dan larangan menginap berdua tanpa ikatan perkawinan.

RKUHP ini juga mendapat komentar pedas dari Hotman Paris Hutapea, yang merupakan pengacara Indonesia terkait Undang-Undang hukuman mati. Simak komentar selengkapnya yang Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Komentar Hotman Paris terhadap RKUHP, salah satunya hukuman mati

1. Komentar Hotman Paris terhadap RKUHP, salah satu hukuman mati
Instagram.com/@hotmanparisofficial

RKUHP yang jadi perdebatan masyarakat ini juga dikomentari oleh pengacara Hotman Paris Hutapea. Ia mengatakan setiap asas yang dibaca di KUHP baru membuatnya makin pusing.

“Gue pusing nalar hukumnya di mana ini orang-orang yang bikin Undang-Undang,” ungkapnya dalam keterangan video di Instagram @hotmanparisofficial.

“Di pasal 100 disebutkan, seseorang terdakwa yang dijatuhkan hukuman mati nggak bisa langsung hukuman mati. Harus dikasih kesempatan sepuluh tahun. Apakah dia bakalan berubah menjadi lebih baik? Yah nanti bakalan mahal surat kelakuan baik dari lapas penjara,” lanjut Hotman Paris.

2. Menurut Hotman Paris, apa artinya Undang-Undang tentang hukuman mati?

2. Menurut Hotman Paris, apa arti Undang-Undang tentang hukuman mati
Instagram.com/@hotmanparisofficial

Terkait pasal terdakwa yang dikasih kesempatan hidup selama sepuluh tahun, Hotman Paris mengatakan akan ada terdakwa yang mau mempertaruhkan demi Surat Keterangan Kelakukan Baik dari lapas penjara.

“Orang akan mau mempertaruhkan apapun untuk mendapatkan Surat Keterangan Kelakukan Baik dari lapas penjara. Jadi apa artinya sudah persidangan, sudah divonis sampai hukuman mati, tapi tidak boleh dan menunggu sepuluh tahun apakah mental berubah jadi lebih baik atau nggak. Ini pasti Surat Keterangan Kelakukan Baik bisa jadi paling mahal harganya di dunia,” komentar Hotman Paris.

3. Dari masalah Undang-Undang tentang hukuman mati, Hotman Paris berencana melamar jadi Kepala Lapas Penjara

3. Dari masalah Undang-Undang tentang hukuman mati, Hotman Paris berencana melamar jadi Kepala Lapas Penjara
Instagram.com/hotmanparisofficial

Karena Undang-Undang terkait hukuman mati tersebut, Hotman Paris berencana ingin melamar menjadi Kepala Lapas Penjara.

“Sama kayak remisi perkara korupsi. Kalau sudah 2/3 masa tahanan bisa keluar kalau ada Surat Keterangan Kelakukan Baik. Waduh, kepala lapas penjara bisa menjadi jabatan yang sangat prestisius dan bergengsi,” sindir Hotman Paris.

“Hukuman mati harus nunggu sepuluh tahun agar bisa dieksekusi. Dan kalau selama sepuluh tahun tanpa ada Surat Keterangan Kelakuan Baik maka hukuman mati tidak boleh dilaksanakan. Undang-Undang siapa sih yang bikin? Pasti bukan praktisi hukum, dan pasti profesor atau dosen sepertinya,” tutup Hotman Paris.

Demikian informasi terkait komentar Hotman Paris soal RKUHP terkait hukuman mati. Bagaimana tanggapan Mama dan Papa?

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk