Stres di Akhir Pekan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Ini lho penyebab stres di hari libur!

2 Juli 2022

Stres Akhir Pekan Bisa Jadi Ini Penyebabnya
unsplash.com/@zacharykadolph

Setelah melewati hari-hari yang penuh rutinitas, biasanya seorang akan senang saat menyambut akhir pekan. Di hari libur misalnya, mereka bisa mengisi waktu luang selama tidak bekerja, mulai dari berolahraga, istirahat, bertemu teman-teman, atau hanya di rumah saja.

Tetapi, kita sering merasa stres di akhir pekan. Bukannya bahagia, suasana hati kita kunjung berubah. Kenapa ya? Ternyata kondisi ini telah diteliti oleh National Aliance on Mental Illnes, di mana liburan memperburuk kondisi 64 persen orang yang sudah memiliki gangguan jiwa.

Disebut dengan holiday blues, seorang yang stres d hari libur disebabkan karena stres tuntutan pekerjaan, atau terlalu memanjakan diri dengan mengonsumi makanan yang tidak sehat.

Tapi, ada lima hal yang terjadi mengapa seseorang stres di hari libur. Simak selengkapnya yang Popmama.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mencoba mengikuti tradisi liburan

1. Mencoba mengikuti tradisi liburan
caregiver.com

Di akhir pekan seharusnya menjadi hari yang bahagia. Namun sayangnya, sebagian orang malah stres saat liburan. Hal itu disebabkan karena ingin mencoba tradisi liburan seperti orang lain.

Salah satunya adalah lewat pertemuan sosal atau mengikuti ritual. Dengan harapan akan bahagia, tapi mengikuti tradisi liburan secara terpaksa malah menimbulkan kecemasan.

Editors' Picks

2. Adanya tekanan keluarga

2. Ada tekanan keluarga
unsplash.com/@entersge

Liburan yang harusnya menjadi hari yang penuh bahagia, akan menyebabkan stres bila mendapat tuntutan dari keluarga. Salah satunya adalah dengan membuat jadwal liburan atau mengisi waktu bersama mereka secara paksa.

Padahal liburan tidak perlu ke luar rumah, apalagi mengikuti tradisi liburan seperti orang-orang. Hal itulah yang membuat seseorang stres dan tidak bahagia di hari liburnya.

3. Memiliki gangguan afektif musiman (SAD)

3. Memiliki gangguan afektif musiman (SAD)
unsplash.com/@pat__

Penyebab seseorang stres di hari libur, disebabkan karena memiliki gangguan afektif musiman (SAD) bersamaan dengan gangguan depresi mayor (MDD).

SAD sering terjadi di musim dingin, di mana seseorang memiliki suasana hati yang buruk saat berada di lingkungan gelap.

4. Faktor tekanan finansial

4. Faktor tekanan finansial

Uang menjadi hal yang sensitif di hidup seseorang. Tapi bagaimana dengan liburan?

Ternyata liburan yang seharusnya menjadi hari yang bahagia malah membuat stres.

Hal itu disebabkan karena seseorang sudah menghabiskan sebagian uangnya di awal bulan, yang menyebabkan dirinya mengalami tekanan finansial.

5. Faktor tekanan sosial

5. Faktor tekanan sosial
istockphoto.com/Belitas

Di hari libur mungkin tidak ada salahnya untuk bertemu orang lain, apalag teman lama. Tapi ketika pertemuan tersebut gagal untuk kamu penuhi, kamu merasa membebani diri sendiri.

Oleh karena itu, jalan satu-satunya adalah dengan menghindari ekspektasi yang tidak realistis. Karena situasi itu dapat menyebabkan kamu stres di hari libur.

Berikut lima hal yang menyebabkan stres di hari libur. Semoga di hari libur nanti hatimu bahagia ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk