5 Tips Mudah Mengatasi Gangguan Mata Kering

Mata kamu sering perih dan pegal? coba cara ini yuk!

15 September 2019

5 Tips Mudah Mengatasi Gangguan Mata Kering
Freepik

Kamu pernah merasa mata kamu pegal, perih, panas, dan disertai kemerahan? Bisa jadi kamu terlalu banyak melakukan aktivitas menatap layar ponsel atau terlalu lama bekerja di depan monitor. Jika mata kamu terasa pegal bisa jadi kamu megalami mata kering, lho.

Sebagian besar, prevalensi mata kering di dunia tercatat sekitar 20-50%. Mata kering dapat membuat kenyamanan kamu terganggu saat sedang melakukan aktivitas.

Permasalahan mata kering berkaitan dengan masyarakat Indonesia sebab rata-rata setiap saat semua orang mengakses internet lewat ponsel pintarnya selama 8 jam sehari.

Apa saja tips untuk mengatasi mata kering ya? Jangan khawatir kali ini Popmama.com sudah merangkum tipsnya!

1. Membatasi terlalu lama berada di ruang AC

1. Membatasi terlalu lama berada ruang AC
Freepik/Pressfoto

Hampir seharian kamu berada di ruangan yang menggunakan AC, ruangan yang dingin dan adem memang membuat kenyamanan tersendiri. Kamu menjadi tidak kepanasan dan merasa sejuk. Jika kamu seorang pekerja atau di rumah menggunakan AC setiap hari kamu akan terpapar oleh udara yang dihasilkan oleh AC.

Tapi tahu nggak sih ternyata terlalu lama berada di ruang AC dapat membuat mata kamu menjadi kering lho. Sebab yang ditimbulkan oleh AC adalah udara kering, sebaiknya kamu membatasi diri untuk tidak terlalu lama berada di ruangan AC ya.

2. Perbanyak minum air putih dapat melembapkan selaput mata

2. Perbanyak minum air putih dapat melembapkan selaput mata
Freepik/Rawpixel.com

Dalam sehari kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan air putih, dengan begitu tubuh kamu selalu sehat dan terhindar dari dehidrasi. Selain air putih berguna untuk menghindari dehidrasi, air putih dapat megatasi mata kering sebab menjaga kelembapan selaput lendir pada mata.

Jadi kamu jangan lupa untuk minum air putih secara teratur ya, kamu juga bisa makan-makanan yang mengandung omega 3 untuk menjaga kesehatan mata kamu. Meskipun begitu kamu harus membatasi penggunaan ponsel kamu yang terlalu lama ya.

Tubuh kamu perlu istirahat begitu juga dengan mata kamu, terlalu lama banyak bekerja di depan komputer bisa memperburuk kondisi mata kering.

Editors' Picks

3. Melakukan kompres pada kelopak mata

3. Melakukan kompres kelopak mata
Freepik

Mata pegal, sering membuat kamu menggosok mata karena merasa tidak nyaman dan mata seperti berpasir rasanya? Hindari untuk menggosok mata ya. Sebab dapat membuat mata kamu menjadi iritasi.

Kamu bisa meredakan rasa perih yang disebabkan oleh gejala mata kering, dengan cara melakukan kompres mata menggunakan air hangat pada bagian kelopak mata kamu. Mata kamu juga akan menjadi higienis bila dikompres dan lebih nyaman pastinya.

Kamu perlu memperhatikan gejala mata kering salah satunya rasa perih, sensitif terhadap cahaya, sensasi panas, penglihatan yang samar, mata lelah, dan berair.

4. Menghindari memakai lensa kontak mata

4. Menghindari memakai lensa kontak mata
Freepik

Apabila kamu sering menggunakan lensa kontak mata, sebaiknya kamu mengikuti instruksi dokter mata. Penggunaan lensa kontak yang tidak dibarengi dengan tata cara yang benar bisa membuat produksi air mata kamu menjadi kurang.

Jika mata kamu masih bagus dan tidak butuh lensa kontak, lebih baik untuk tidak menggunakannya ya. Perbanyak juga makan buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan mata kamu ya!

5. Mengaplikasikan tetes mata pada mata yang kering

5. Mengaplikasikan tetes mata mata kering
Freepik

Berkedip berpengaruh pada kelembapan mata, tanpa disadari saat kamu sedang fokus membaca atau melihat video kamu sampai lupa berkedip. Untuk menangani mata kering, kamu bisa meneteskan obat tetes mata guna melembapkan mata kamu.

Bila gejala mata kering dirasa sudah parah, kamu diharuskan untuk menggunakan tetes mata sebanyak 6 kali dalam sehari. Ada beberapa faktor penyebab mata kering yaitu degeneratif, ketidakstabilan hormon, air mata, lingkungan, aktivitas, dan kosmetik.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata yang sering perih dan pegal akibat gejala mata kering. Jangan lupa untuk dicoba ya, semoga bermanfaat!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!