Cara Menghilangkan Panu dengan Ampuh Tanpa Efek Samping

Kulit mengalami panu? Coba cara ini deh, Ma

2 Agustus 2020

Cara Menghilangkan Panu Ampuh Tanpa Efek Samping
Freepik/Doucefleur

Panu adalah keadaan kulit yang ditandai dengan perubahan pada pigmen kulit, sehingga kulit kamu jadi tidak merata warnanya. Panu adalah masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia yang menimbulkan bercak putih atau gelap pada kulit kamu.

Saat menemukan kulit kamu terdapat panu, mungkin kamu hanya berpikir nanti sembuh dengan sendirinya dan lagi pula kamu berpikir ini tidak memicu rasa sakit. Namun, masalah kulit ini bisa menyebar dan membuat panu kamu menjadi lebih besar lho tanpa disadari.

Walaupun panu tidak menimbulkan rasa sakit tetapi bisa membuat penampilan kamu menjadi kurang menarik. Sehingga berpengaruh pada kepercayaan diri.

Biasanya daerah tubuh yang sering mengalami panu adalah punggung, lengan atas, leher, perut, dan dada.

Bagaimana cara penyembuhannya ya? Kamu bisa mengetahuinya di Popmama.com baca informasinya disini yuk!

1. Hindari terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung

1. Hindari terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung
Freepik

Kamu bisa menghindari panu agar tidak semakin meluas di permukaan kulit, cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu jangan terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung saat siang hari.

Berlebihan terkena paparan ultraviolet berdampak buruk bagi kesehatan kulit kamu karena dapat menyebabkan panu, penuaan kulit, bahkan kanker kulit.

Untuk itu sebaiknya jika kamu ingin keluar rumah pada siang hari, gunakan tabir surya guna melindungi kulit kamu dari bahaya sinar matahari.

Kamu juga bisa menggunakan baju dan celana panjang untuk melindungi semua bagian tubuh, sebagai upaya mencegah panu bertambah banyak.

Gejala-gejala yang bisa kamu rasakan bila terjangkit penyakit kulit panu yaitu:

  • Perubahan warna menjadi lebih terang atau gelap
  • Timbul warna merah seperti iritasi
  • Tekstur kulit kering, berisisik, dan gatal
  • Lama hilangnya
  • Makin terlihat di cuaca yang terang

2. Gosok panu dengan bahan yang terbuat dari jeruk nipis dan serbuk belerang

2. Gosok panu bahan terbuat dari jeruk nipis serbuk belerang
Freepik/Bowonpat

Bahan-bahan alami bisa dijadikan pengobatan herbal, salah satunya buah jeruk nipis. Buah ini diperkaya akan vitamin C dan mampu membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, biasanya orang menggunakan jeruk nipis untuk membuat makanan dan minuman.

Ternyata jeruk nipis mampu untuk mengobati panu yang terjadi pada kulit kamu, caranya kamu siapkan satu buah jeruk nipis lalu campurkan dengan serbuk belerang.

Setelah itu kamu bisa menggunakan bahan tersebut untuk digosokan ke kulit yang panuan.

Jangan kaget bila kulit kamu terasa perih dan merah hal itu wajar dialami jika kamu menyembuhkan panu dengan jeruk nipis. Bila kemerahan terjadi sangat lama dan menyebabkan iritasi, sebaiknya kamu hentikan penggunaan obat ini ya.

Baca juga:

Editors' Picks

3. Lengkuas berkhasiat untuk meratakan kembali pigmen kulit

3. Lengkuas berkhasiat meratakan kembali pigmen kulit
Freepik/Nipapornnan

Lengkuas merupakan rempah-rempah yang kerap kali dijadikan bumbu pada masakan. Kandungan yang ada pada lengkuas berupa zat besi, sodium, vitamin C, flavonoid, fitonutrien. Jika kulit kamu terdapat bercak putih akibat panu dan kamu jadi tidak percaya diri, gunakan saja lengkuas sebab bisa meratakan kembali warna kulit kamu.

Semua senyawa yang terkandung di lengkuas dapat menghambat pertumbuhan jamur.

Jadi bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, siapkan lengkuas kemudian dipotong-potong. Sesudah itu kamu bisa langsung usapkan pada bagian tubuh yang terkena panu.

Sebaiknya gunakakn dua kali dalam sehari secara rutin ya, supaya hasilnya bisa memuaskan.

4. Allicin yang terkandung di dalam bawang putih dapat membasmi infeksi jamur

4. Allicin terkandung dalam bawang putih dapat membasmi infeksi jamur
Pexels/Buenosia carol

Selain lengkuas ternyata bawang putih bisa kamu manfaatkan sebagai penghilang panu lho, sebab di dalam bawang ini memiliki antioksidan yang tinggi. Bawang putih pun menghasilkan allicin yang bisa digunakan sebagai zat anti bakteri.

Anti bakteri tersebut bisa membasmi jamur yang berkembang di kulit kamu, sehingga infeksi jamur akan sembuh. Pigmen kulit kamu kembali menjadi rata sehingga kepercayaan diri kamu bertambah.

Masih sama dengan cara menggunakan lengkuas, kamu dapat langsung menggosokkan bawang putih yang sudah dipotong.

5. Tea tree oil bermanfaat sebagai anti inflamasi dan antiseptik

5. Tea tree oil bermanfaat sebagai anti inflamasi antiseptik
0otymade.com

Minyak pohon teh atau tea tree oil merupakan minyak yang bisa berguna sebagai antiseptik dan anti inflamasi. Menggunakan bahan ini sebagai perawatan kulit dapat menjaga kelembapan kulit kamu.

Selain itu minyak ini tidak menimbulkan efek samping seperti kemerahan, kering, terkelupas, dan sebagainya. Kamu bisa mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa dan minyak lavender.

Setelah itu usapkan pada bagian yang menderita infeksi jamur (panu).

Bukan cuma bermanfaat untuk mengusir panu tetapi minyak ini bisa dijadikan sebagai obat jerawat yang ampuh lho. Wah, aman sekali ya menggunakan minyak pohon teh ini.

6. Menggunakan kapas dan cuka apel untuk mengusir panu pada kulit

6. Menggunakan kapas cuka apel mengusir panu kulit
Freepik/Rawpixel.com

Cuka apel adalah cairan yang berasal dari perasan buah apel lalu difermentasi, cuka ini mengandung senyawa anti mikroba yang berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan parasit jamur.

Kamu bisa mendapatkan cuka apel di toko-toko atau di pasar terdekat, setelah memiliki cuka apel kamu bisa meneteskan cuka pada kapas. Langsung saja diolesi ke bagian tubuh yang terkena panu.

Mudahkan caranya? jangan lupa untuk melakukannya secara teratur ya, supaya panu segera hilang dengan cepat.

7. Mengolesi salep atau obat tablet khusus panu

7. Mengolesi salep atau obat tablet khusus panu
Freepik/ Jcomp

Obat panu banyak jenisnya ada salep dan tablet, obat ini bisa kamu temukan dibanyak tempat. Pastikan obat panu yang kamu beli mengandung bahan-bahan aktif misalnya selenium sulfida, ketoconazole, clotrimazole, dan terbinafine. 

Saat ingin menggunakan obat panu sebaiknya perhatikan dulu cara pemakaiannya dan efek sampingnya ya, guna menghindari risiko yang bisa terjadi pada kulit kamu.

Nah, sekarang kamu nggak perlu panik ya jika ada panu di kulit kamu. Kamu bisa menggunakan beberapa cara di atas untuk mengusir dan membasmi panu yang mengganggu penampilan kulit kamu. Semoga bermanfaat ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.