Manfaat Bawang Putih Bakar Bisa Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Konsumsi bawang putih bakar banyak manfaatnya ini salah satunya

18 Agustus 2019

Manfaat Bawang Putih Bakar Bisa Mencegah Infeksi Saluran Kemih
Epicurious.com

Kamu pasti tidak asing dengan bawang putih, bawang putih merupakan salah satu bahan yang sering dijadikan bumbu masakan. Memasak segala makanan dengan bawang putih juga membuat cita rasa masakan menjadi lebih lezat.

Bawang putih mengandung 4 kalori, 1 gram karbohidrat, 5 ml kalsium, antioksidan dan asam amino. Mengolah bawang putih juga bisa dibakar dengan pengolahan seperti ini akan membuat bawang putih lebih enak untuk dikonsumsi.

Selain itu bawang putih bakar juga lebih banyak memilliki manfaat dibandingkan bawang putih yang dikonsumsi secara langsung.

Mau tau apa saja kebaikan dari bawang putih bakar berikut Popmama.com rangkum informasinya disimak yuk!

1. Menurunkan kadar kolestrol yang tinggi pada tubuh

1. Menurunkan kadar kolestrol tinggi tubuh
Freepik

Menurunkan kadar kolestrol di tubuh bisa kamu lakukan melalui makan bawang putih bakar, bawang putih mengandung senyawa allicin yang bisa membuat kamu menjadi tidak rentan terhadap kolestrol.

Mengonsumsi bawang putih bakar ini juga banyak cara bisa kamu campurkan ke dalam masakan atau bisa di makan secara langsung.

Selain selalu digunakan untuk dijadikan bumbu, bawang putih berguna juga untuk kesehatan jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh.

2. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh

2. Menjaga meningkatkan daya tahan tubuh
Freepik/User12150432

Pada bawang putih bakar memiliki kandungan fitonutrien yang bisa membantu kamu untuk mengurangi stres. Selain itu dengan kamu mengonsumsi bawang putih ini juga bisa mencegah gangguan terhadap DNA.

Jika kamu terhindar dari stres sudah pasti tubuh kamu akan lebih kuat dan makan bawang juga meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh kamu. Bawang putih yang dibakar juga memiliki rasa lebih nikmat.

Wah dengan makan bawang ini berarti tubuh kamu akan lebih kuat terhadap penyakit dan tetap terjaga kesehatannya.

Editors' Picks

3. Rendah terkena risiko infeksi saluran kemih

3. Rendah terkena risiko infeksi saluran kemih
Freepik/Doucefleur

Infeksi kandung kemih disebabkan oleh pertumbuhan bakteri pseudomonas aeruginosa, makan bawang putih bakar bisa mengurangi risiko terkena gangguan infeksi saluran kemih.

Memang ada banyak cara untuk menghindari penyakit pada saluran kemih salah satunya dengan makan bawang putih.

Tidak hanya bisa terhindar dan bisa mengobati penyakit uterus tetapi bawang putih juga bisa membunuh parasit mikroorganisme lainnya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

4. Menetralisir keracunan logam di dalam darah

4. Menetralisir keracunan logam dalam darah
Freepik/Kjpargeter

Jika bawang putih dibakar maka akan menghasilkan senyawa belerang, belerang yang ditimbulkan akibat proses pembakaran bisa mengurangi kadar timbal yang mengalir di dalam darah.

Hal tersebut bisa mencegah gejala keracunan yang kamu alami seperti tekanan darah dan sakit kepala. Tetapi manfaat ini hanya bisa kamu rasakan jika berkelanjutan dalam mengonsumsi bawang putih bakar.

Selain itu makan bawang juga memudahkan penyerapan zat besi dan seng di dalam tubuh.

5. Bisa mencegah risiko terkena penyakit kanker

5. Bisa mencegah risiko terkena penyakit kanker
Freepik/Sewcream

Terdapat antioksidan dan sulfur membuat bawang putih mampu mencegah terjadinya penyakit kanker, sebab kandungan tersebut bisa melawan zat karsinogenik penyebab penyakit kanker.

Penelitian Linus Pauling Institute mengatakan bahwa nutrisi di dalam bawang putih bisa melawan sel kanker sebelum semakin parah dan membahayakan tubuh.

Wah ternyata manfaatnya banyak sekali ya dan dengan makan bawang putih bakar kamu bisa mengurangi risiko terkena gangguan penyakit seperti di atas. Pengolahan bawang putih yang dibakar jug membuat rasanya menjadi lebih manis dan nikmat untuk disantap lho!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;