7 Manfaat Bunga Saffron untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Bunga saffron kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh

26 Juli 2020

7 Manfaat Bunga Saffron Memelihara Kesehatan Tubuh
Freepik/stolyevych_

Bunga saffron baerasal dari tumbuhan Crocus Sativus, bunga ini memiliki tiga kepala putik, bagian tangkainya menjadi penghubung kepala dan putiknya inilah yang disebut saffron. Tumbuhan ini kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Cara terbaik untuk menikmati rasa dari putik safron adalah dengan merendamnya dengan air panas atau bisa juga dicampurkan saat kamu membuat teh tapi pastikan saat merendam putik saffron jangan sampai mendidih. Tambahkan cairan lain ke minuman olahan tersebut supaya menambah cita rasanya.

Saffron sudah tersedia di sebagian besar pasar khusus dan dapat dibeli dalam bentuk bubuk, namun lebih baik membelinya secara utuh agar meminimalisir kemungkinan mendapatkan saffron yang sudah dipalsukan.

Saffron kaya akan manfaat lho, mau tahu apa saja?

Berikut popmama.com rangkum manfaat saffron untuk kesehatan tubuh kita.

1. Bunga saffron mengandung antioksidan yang tinggi

1. Bunga saffron mengandung antioksidan tinggi
Pixabay/Rawpixel

Bunga saffron mengandung beragam senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan. Ini adalah molekul yang melindungi sel-sel ditubuh kamu dari radikal bebas dan stres oksidatif. Antioksidan saffron yaitu crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

Kedua senyawa crocin dan crocetin memiliki sifat anti depresan yang dapat melindungi sel-sel otak terhadap kerusakan yang progresif.

Safranal memberi rasa dan aroma yang berbeda pada saffron. Penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membantu meningkatkan suasana hati, memori, dan kemampuan konsentrasi berpikir kamu, serta melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif.

2. Membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh

2. Membunuh sel-sel kanker dalam tubuh
Freepik/ Kjpargeter

Saffron kaya akan antioksidan, yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya. Kerusakan radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti kanker.

Dalam penelitian tabung reaksi, putik saffron dan senyawanya telah terbukti membunuh sel-sel kanker usus besar secara selektif atau menekan pertumbuhannya.

Efek ini juga berlaku untuk kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, leher rahim, dan beberapa sel kanker lainnya terlebih lagi, penelitian-penelitian tabung menemukan bahwa crocin sebagai antioksidan utama dalam saffron.

Editors' Picks

3. Dapat mengurangi gejala Premenstrual syndrome (PMS)

3. Dapat mengurangi gejala Premenstrual syndrome (PMS)
Freepik

Premenstrual syndrome (PMS) adalah istilah yang menggambarkan gejala fisik, emosi, dan psikologis yang terjadi sebelum dimulainya periode menstruasi. Bunga saffron dapat membantu mengobati gejala PMS. Ketika seorang wanita ingin datang bulan beberapa perempuan akan mengalami gangguan seperti nyeri, suasana hati yang tidak enak, pusing, hingga pingsan.

Untuk mencegah dan meminimalisir efek nyeri, cemas, demam dan pusing kamu bisa mengonsumsi 30 gram bunga saffron atau bisa juga hanya menghirup bunga saffron selama 20 menit akan membantu kamu mengurangi gejala PMS sebab menurunkan kadar hormon stres kortisol.

4. Membantu mengurangi nafsu makan untuk keberhasilan diet kamu

4. Membantu mengurangi nafsu makan keberhasilan diet kamu
Freepik/Nensuria

Kamu lagi melakukan program diet? tenang bunga saffron dapat mengurangi nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan lho. Ngemil mungkin kebiasaan umum yang dapat membuat kamu berisiko mengalami kenaikan berat badan yang tidak diinginkan dan membuat diet kamu gagal.

Bunga ini dapat membantu kamu untuk mencegah kebiasaan memakan camilan dengan menahan nafsu makan.

Dalam satu studi, perempuan yang mengonsumsi bunga saffron akan merasa jauh lebih kenyang, lebih jarang ngemil, dan kehilangan berat badan secara signifikan.

Kemungkinan hal ini disebabkan oleh penurunan kalori pada tubuh kamu setelah mengonsumsi saffron.

5. Berguna mengurangi risiko diabetes

5. Berguna mengurangi risiko diabetes
Freepik/vgstockstudio

Penyakit diabetes mudah sekali menyerang sistem kekebalan tubuh kita, penyembuhan penyakit ini juga sangat tidak mudah oleh karena itu sebaiknya kita mencegahnya. 

Untuk mencegah tubuh dari kelebihan kadar gula, kamu bisa mengonsumsi bunga saffron. Hal ini dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Insulin adalah hormon yang mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sehingga jika sensitivitas insulin meningkat maka kamu bisa mencegah dan menurunkan risiko diabestes.

Baca juga: 

Penyebab Arteri Perifer (PAP) pada Kaki Penderita Diabetes Mellitus

6. Membantu meningkatkan daya ingat

6. Membantu meningkatkan daya ingat
Freepik

Penyakit merupakan gangguan yang terjadi pada daya ingat, seperti mengalami lupa nama benda atau tempat, bahkan lupa kegiatan apa saja yang telah kita lakukan. Penderita penyakit ini juga akan sulit menjawab saat ditanya mengenai suatu peristiwa yang telah dialaminya.

Manfaat saffron memiliki khasiat untuk meningkatkan daya ingat oleh karena itu para penderita penyakit Alzheimer, sangat disarankan untuk mengonsumsi saffron secara rutin guna mengoptimalkan penyembuhan penyakit ini.

    7. Meningkatkan pengelihatan pada mata

    7. Meningkatkan pengelihatan mata
    Freepik.com

    Dapat meningkatkan penglihatan pada orang dewasa dengan degenerasi makula terkait usia (AMD), Saffron tampaknya meningkatkan penglihatan pada orang dewasa dan melindungi terhadap kerusakan radikal bebas, yang terkait dengan AMD. Bunga saffron juga diperkaya beta-carotene.

    Beta carotene adalah bentuk dari vitamin A , vitamin tersebut sangat bermanfaat bagI kesehatan mata, konsumsilah saffron secara teratur agar kamu menikmati manfaat dari bunga ini.

    Itulah kegunaan manfaat saffron untuk kesehatan tubuh. Jika kamu menginginkan khasiat yang maksimal jangan lupa untuk mencobanya ya, Ma.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.