3 Pengobatan Disfungsi Seksual Pada Perempuan

Apa itu disfungsi seksual?

17 Agustus 2019

3 Pengobatan Disfungsi Seksual Perempuan
Freepik/Maksymiv_yura

Disfungsi seksual terjadi ketika mengalami masalah yang menghindari kamu dari keinginan atau menikmati aktivitas seksual dan itu bisa terjadi kapan saja. Laki-laki dan perempuan dari segala usia bisa mengalami disfungsi seksual, meskipun kemungkinan akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Permasalahan disfungsi seksual bisa terjadi sekali atau berulang kali hal ini bisa menjadi masalah yang membuat kamu dan pasangan menjadi renggang tanpa disadari.

Faktor yang membuat terjadinya disfungsi seksual bisa dari perubahan kondisi fisik, hormonal, gaya hidup, dan psikologi.

Mengetahui lebih dalam dan mencari pengobatan untuk permasalahan disfungsi seksual Berikut Popmama.com rangkum informasinya dibaca yuk!

Disfungsi seksual yang terjadi pada perempuan

Disfungsi seksual terjadi perempuan
Freepik/Bugphai

Disfungsi seksual pada perempuan adalah kondisi ketika perempuan tidak lagi memiliki gairah dalam berhubungan seksual bersama pasangan. Perempuan yang menderita gangguan ini juga akan sulit mengalami rangsangan dan memiliki kesulitan orgasme.

"Disfungsi seksual pada perempuan menghambat hasrat dan kemampuan terangsang sehingga perempuan sulit untuk orgasme dan merasa nyeri apabila melakukan hubungan seksual", ujar dr. Grace Valentine, Sp.OG.

Gangguan ini juga bisa membuat perempuan merasa tertekan ketika berhubungan seks, jika kamu mengalami hal di atas berarti kamu telah menderita disfungsi seksual.

Bila masalah seksual membuat kamu menjadi khawatir dan menimbulkan permasalahan untuk kehidupan kamu sebaiknya kamu mencari pengobatan untuk menyembuhkan peyakit ini.

Temukanlah cara baru untuk mengembalikan hasrat dan momentum yang menyenangkan saat berhubungan dengan pasangan.

1. Temukan kembali arti libido bagi kehidupan kamu

1. Temukan kembali arti libido bagi kehidupan kamu
Freepik

Penurunan gairah atau libido membuat kamu menjadi tidak memiliki hasrat untuk berhubungan dengan pasangan kamu, stres dapat memicu penurunan libido sebaiknya kamu menghindari stres.

Kamu bisa meningkatkan libido kembali dengan pola gaya hidup yang lebih baik dan sehat, berolahrga seperti melakukan aerobik dapat meningkatkan suasana hati sehingga libido menjadi membaik dan memberikan stamina.

Berdiskusilah dengan pasangan mengenai penurunan hasrat yang kamu alami coba untuk terbuka mengenai hal apa yang disukai dan tidak disukai saat melakukan hubungan intim.

Buatlah jadwal untuk melakukan seks bersama pasangan dengan begitu kamu akan kembali bergairah dalam menikmati keintiman bersama pasangan.

Editors' Picks

2. Jangan malu untuk mencari pengobatan

2. Jangan malu mencari pengobatan
Freepik/Yanalya

Menginjak usia menopause salah satu penyebab kamu mengalami disfungsi seksual, terkadang walaupun kamu sudah memasuki masa lanjut usia tidak menutup kemungkinan kamu masih memiliki hasrat seksual.

Mengompol dan vagina yang kering dialami perempuan yang sudah lanjut usia, gejala fisik seperti vagina yang sempit dan memendek juga menjadi kendala untuk berhubungan seksual.

Namun, hal ini bisa diatasi dengan MHT dengan skrining yang menyeluruh menggunakan pemeriksaan rahim (pap smear), USG, mamografi dan lainnya.

Jangan malu untuk mencari pengobatan karena segala sesuatunya bisa diatasi dan dicari solusinya. Mencari solusi untuk pengobatan disfungsi seksual juga untuk kebaikan kamu sendiri dan pasangan.

3. Melakukan terapi dan mencari pendukung untuk mengatasi disfungsi seksual

3. Melakukan terapi mencari pendukung mengatasi disfungsi seksual
Freepik/Doucefleur

Terapi hormonal digunakan untuk menambah hormon estrogen. Bila kamu melakukan terapi hormonal sebagai bentuk pengobatan disfungsi seksual lalu terjadi kontra indikasi kamu bisa gunakan terapi alami dengan preparat dengan kandungan kedelai, semanggi dan black cohosh.

Kamu juga bisa melakukan peremajaan pada vagina, hal ini dilakukan untuk menambah percaya diri kamu dan membuat kamu memiliki sensasi sensual kembali.

Peremajaan vagina juga banyak sekali ada filler, botox, radio frequency, dan laser CO2.

"Melakukan peremajaan pada vagina bisa menjadi solusi untuk perempuan agar bisa kembali mengalami rangsangan, meningkatkan libido, dan membuat vagina tidak kering.

Sehingga saat berhubungan tidak mengalami nyeri yang dapat menghambat aktivitas seksual", ujar dr Grace Valentine, Sp.OG.

Disfungsi ringan yang terkait dengan stres, rasa takut, atau kecemasan dapat berhasil diobati dengan konseling, pendidikan, dan komunikasi yang lebih baik bersama pasangan.

Jadi kamu tidak perlu cemas jika mengalami disfungsi seksual keterbukaan kamu bersama pasangan juga sangat penting, dan dukungan satu sama lain dapat memecahkan solusi untuk permasalahan disfungsi seksual yang kamu alami.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;