TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tanda Mata Lelah dan Cara Mengatasinya

Mata kamu sering lelah? cari tahu penanganannya yuk!

30 September 2022

7 Tanda Mata Lelah Cara Mengatasinya
Freepik/Tirachardz

Pernah mengalami mata yang begitu terasa lelah? kondisi ini terjadi akibat kamu terlalu sering melakukan kegiatan dengan penggunaan mata yang terlalu intens.

Kegiatan seperti mengendarai mobil atau motor, menatap layar laptop terlalu lama, membaca di ruang yang redup cahaya, memiliki masalah pada mata dan menyebabkan kelelahan.

Bisa membuat mata kamu terasa lelah, mata lelah memang bukan masalah yang berbahaya, tetapi kelelahan pada mata bisa mengganggu aktivitas kamu.

Mata yang lelah juga bisa diatasi dengan cara istirahat dan membatasi kegiatan menatap layar pada alat elektronik.

Mengetahui bahwa apakah mata kamu sudah di dalam kondisi yang lelah, kamu bisa melihat tanda-tanda kelelahan pada mata kali ini Popmama.com telah merangkum informasinya dibaca yuk!

1. Mata kering tidak mendapat air mata yang cukup

1. Mata kering tidak mendapat air mata cukup
Freepik/Dragana_Gordic

Mata kering adalah kondisi mata yang jarang bahkan tidak sama sekali mengeluarkan air mata, mata yang kering bisa mengganggu aktivitas karena menimbulkan rasa perih dan penglihatan menjadi kabur

Gangguan ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon, proses penuaan, obat-obatan, dan penggunaan kosmetik. Cara untuk mengatasi mata yang kering adalah dengan air mata buatan hal itu bisa kamu lakukan dengan menggunakan tetes mata, agar mata kamu menjadi basah.

Selain itu kamu jangan mencoba menggosok mata, jika kamu mengalami keadaan mata yang kering lebih baik kamu perbanyak mengedip mata untuk membuat air mata menyebar.

Menggosok mata ketika mata kering juga akan memperburuk kondisi mata kamu.

2. Pandangan menjadi kabur sehingga menyulitkan penglihatan

2. Pandangan menjadi kabur sehingga menyulitkan penglihatan
Freepik/Maria_sbytova

Ketajaman penglihatan pada mata tidak seperti biasanya berarti kamu sedang mengalami tanda-tanda mata kelelahan. Penglihatan yang kabur mengganggu kamu dalam melihat sesuatu pandangan dan membuat kamu menjadi samar melihatnya.

Terkadang penglihatan yang kabur juga disertai dengan nyeri pada mata, biasanya ini bisa terjadi pada sebelah bahkan kedua mata kamu. Gejala yang ditimbulkan saat mata kamu dalam kondisi seperti ini, membuat mata kamu menjadi lebih peka terhadap cahaya.

Pada kondisi ini kamu akan melihat objek di mata kamu terdapat bintik-bintik, penglihatan kamu juga semakin memburuk di malam hari. Gangguan mata yang samar juga bisa tanda penyakit yang serius pada mata. Mata yang samar berpotensi mengalami penyakit mata refraktif, katarak, degenerasi makula, glaukoma, dan infeksi mata.

Solusi untuk mencegah dan meringankan penglihatan yang kabur kamu harus berhenti merokok, konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, dan mencuci tangan sebelum atau sesudah memakai lensa kontak.

Kenakan kaca mata hitam anti UV saat berkegiatan di bawah matahari, dan jika kamu khawatir dan ingin memastikan mata yang samar kamu bisa langsung memeriksakan mata kamu ke dokter.

Editors' Picks

3. Nyeri pada leher hingga ke punggung

3. Nyeri leher hingga ke punggung
Freepik

Kelelahan pada mata juga bisa dirasakan pada bagian leher hingga ke punggung. Kondisi ini membuat penderita mata lelah, mencari cara untuk mengatasi permasalahan ini.

Kamu bisa mengurangi kegiatan kamu yang selalu berkontak langsung dengan mata seperti mengatur cahaya pada layar laptop, atur jarak pandangan pada layar, batasi waktu dalam menggunakan alat elektronik seperti laptop, televisi dan Hp.

Kamu juga harus memberikan waktu untuk mata beristirahat agar mata bisa segar kembali, dengan begitu gejala nyeri pada leher dan punggung akan berkurang.

4. Mata yang menempel dan sulit dibuka

4. Mata menempel sulit dibuka
Freepik/Eddows-animator

Mengalami kesulitan membuka mata atau mata menempel disebabkan oleh kekeringan pada mata dan konjungtivitis.  Peradangan pada selaput bening yang melapisi depan mata disebut sebagai konjungtivitis.

Jika kamu telah merasakan kesulitan saat membuka mata sebaiknya kamu beristirahat dalam menggunakan mata. Kamu harus segera memberikan antibiotik yang tepat atau melakukan penanganan medis.

Jadi kamu tidak boleh menyepelekan jika kamu mengalami kondisi mata yang sulit dibuka ya!

5. Mata terasa perih dan panas

5. Mata terasa perih panas

Mata yang perih dan panas bisa terjadi akibat kamu terlalu lama terkena paparan sinar UV. Mata yang terpapar sinar terlalu lama menyebabkan kamu terkena fotokeratitis.

Fotokeratitis adalah peradangan pada mata akibat terlalu lama berkontak langsung dengan sinar matahari. Penderita ini akan mengalami rasa terbakar pada mata.

Jangan khawatir hal ini bisa hilang dengan sendirinya selama satu sampai dua hari, kamu hanya perlu mengurangi kegiatan di luar ruangan dan tidak boleh mengucek mata.

Selain itu jika kamu menggunakan lensa kontak kamu harus melepasnya untuk sementara waktu, guna mengurangi dan mempercepat pemulihan pada mata.

6. Kehilangan konsenterasi dalam melakukan kegiatan

6. Kehilangan konsenterasi dalam melakukan kegiatan
Freepik/Wavebreakmedia

Jika kamu mengalami mata yang lelah tentu muncul banyak gangguan seperti mata kering, penglihatan samar dan lainnya. Tentu hal tersebut berpengaruh pada daya konsenterasi kamu.

Sehingga menyulitkan kamu dalam mengerjakan sesuatu. Penanganan yang bisa kamu lakukan di rumah yaitu menjaga kebersihan mata, bersihkan mata dari kotoran yang menempel dengan obat tetes mata, cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mata.

Kamu juga bisa mengompres mata kamu dengan air dingin untuk meringankan mata yang pegal. Jika mata kamu sudah tidak pegal maka penglihatan kamu juga segera membaik.

7. Mengalami sakit kepala akibat kondisi mata lelah

7. Mengalami sakit kepala akibat kondisi mata lelah
Freepik

Gangguan yang terjadi pada mata juga berpengaruh pada sakit kepala yang kamu rasakan, jika kepala kamu merasa sakit atau pusing bisa jadi mata kamu sedang dalam kondisi yang lelah.

Penyebab kepala kamu pusing akibat gangguan pada mata diantaranya mata kering, gangguan refraksi, skleritis, dan kelumpuhan saraf kranial.

Kamu bisa menghindari gangguan pada mata jika kamu memperhatikan pencahayaan pada ruangan, perawatan pada mata, berisitirahat dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung beta karoten.

Berikan penaganan yang segera jika mata kamu mengalami tanda-tanda seperti di atas karena jika kamu tidak atasi dengan baik dan benar. Kondisi mata kamu akan semakin parah dan pastinya akan mengganggu aktivitas kamu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk