10 Makanan dan Minuman Sehat Ini Bakal Ngetren di Tahun 2018

Nomor 1 sudah lebih dulu dilakukan Suzzanna

8 Januari 2018

10 Makanan Minuman Sehat Ini Bakal Ngetren Tahun 2018
Freepik

Mengonsumsi makanan dan minuman sehat selalu menjadi resolusi setiap orang di tahun yang baru. Salah satu gaya hidup sehat ini juga jadi tren di kalangan masyarakat tertentu. Terlebih, kini banyak orang semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan.

Seperti dilansir dari healthline.com, ada perubahan tren makanan sehat di tahun ini. Jika di tahun-tahun sebelumnya ada overnight oatmeal dan smoothie bowl, makanan dan minuman sehat yang ngetren di 2018 lebih unik dan inovatif dengan memodifikasi sumber nabati jadi makanan yang enak dinikmati. Penasaran kan, berikut 10 makanan sehat yang akan jadi tren menurut ahli gizi, pemerhati lingkungan, dan mereka yang bekerja di industri makanan di dunia.

1. Makan bunga

1. Makan bunga
raiseyourgarden.com

Bersiaplah dengan perubahan tren pada salad dan infused water kamu yang biasanya berisi buah-buahan, kini beralih ke beberapa bunga yang baik untuk kesehatan. Tahun 2018, jenis edible flowers atau bunga yang bisa dimakan akan jadi tren, salah satunya adalah bunga sepatu yang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi sakit perut, membantu menurunkan berat badan.

2. Bubuk berkhasiat (super powder)

2. Bubuk berkhasiat (super powder)
countryandtownhouse.co.uk

Bubuk matcha, kale, spirulina, kunyit, beetroot (akar buah bit) masih jadi tren makanan sehat di tahun 2018. Seperti bentuk asalnya, bahan makanan atau minuman yang diolah menjadi bubuk ini kaya akan antioksidan, kolagen, protein nabati, dan nutrisi lainnya yang akan membuat hidup sehat kamu jadi lebih praktis. Super powder ini bisa dicampurkan pada oatmeal, smoothies, bahkan kopi. Untuk Mama, mengonsumsi super powder bisa bikin kulit awet muda lho.

3. Jamur kaya manfaat

3. Jamur kaya manfaat
tipsaboutlife.com

Sejak dulu jamur yang kita makan dikenal kaya nutrisi. Kini jamur juga bisa dijadikan minuman, contohnya jamur reishi, cordyceps, surai singa, dan chaga yang bisa dicampur dengan kopi, smoothies dan minuman lainnya dan menghasilkan cita rasa yang kaya dan lembut. Minuman ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan melawan peradangan (inflamasi) yang dapat menyebabkan kanker.

4. Masakan timur tengah

4. Masakan timur tengah
thespruce.com

Masakan timur tengah seperti falafel, halloumi (sejenis keju), hummus dan rempah-rempah seperti harissa dan kapulaga akan mendominasi varian makanan sehat di tahun ini. Makanan ini juga mendukung program diet rendah lemak dengan gizi seimbang yang menarik untuk Mama coba.

Editors' Picks

5. Makanan organik

5. Makanan organik
geneticliteracyproject.org

Makanan organik masih jadi tren makanan sehat untuk dikonsumsi. Masyarakat Jepang dan Eropa hampir seluruhnya mengonsumsi produk makanan berbahan organik dan menghindari produk GMO (Genetically Modified Organisms) di pasaran. Memperhatikan label produk makanan untuk mengetahui kalori dan asal bahan makanan akan menjadi tren di 2018.

6. Memodifikasi sumber protein nabati

6. Memodifikasi sumber protein nabati
metro.co.uk

Memakan sayuran setiap saat dalam bentuk aslinya mungkin akan membosankan. Kini kamu bisa merasakan daging yang terbuat dari sayuran, tempe/kedelai, jamur atau rumput laut dan ikan tuna dari tomat. Bahkan kamu juga bisa menikmati kelezatan ice cream dan kue berbahan dasar kacang-kacangan. Menjadi vegetarian bisa melindungi kamu dari beberapa jenis sel kanker dan diabetes tipe 2.

7. Camilan sehat

7. Camilan sehat
greatist.com

Gaya hidup sehat bukan berarti nggak boleh ngemil, ada kok camilan sehat yang bisa kamu konsumsi di sela-sela jam makan. Camilan yang dimaksud harus rendah kalori, rendah karbohidrat, rendah gula dan kaya serat dengan rasa yang lezat, seperti keripik rumput laut, low calorie bars, kacang almond, atau roti gandum selai kacang.

8. Tacos

8. Tacos
thenutritionalsource.com

Tahun ini, tacos masuk dalam daftar makanan sehat versi Whole Foods Market. Tacos sehat terdiri dari sayuran dan kacang-kacangan yang dibungkus roti gandum (tortilla) atau nori.

9. Root-to-stem (‘limbah’ dapur)

9. Root-to-stem (‘limbah’ dapur)
getflavor.com

Saat memasak sayuran, biasanya kita akan membuang akarnya, padahal ‘limbah’ dapur ini bergizi tinggi. Cobalah batang kangkung, akar brokoli dan acar kulit semangka yang juga lezat untuk dimakan. Kamu bisa mengolahnya dengan cara ditumis, dikukus, menjadi asinan atau manisan, atau salad.

10. Minuman berkarbonasi

10. Minuman berkarbonasi
naturallivingideas.com

Setelah infused water, kini ada health fizzy water yaitu minuman berkarbonasi bukan seperti pada umumnya. Minuman ini adalah mineral water dengan gelembung di dalamnya yang terbuat dari ekstrak tumbuhan seperti pohon maple dan birch. Kamu bisa menambahkan irisan buah segar agar lebih kaya manfaat bagi kesehatan tubuh

Itulah makanan dan minuman sehat yang akan ngetren di tahun 2018. Semakin majunya zaman, makanan sehat nggak selalu membosankan. Banyaknya inovasi di dunia kuliner, membuat kita bisa menikmati makanan yang baik untuk tubuh dengan lebih lezat.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.