7 Cara Alami Ini Membantu Ibu Menyusui Melawan Sakit Tenggorokan Loh!

Mama mengalami tenggorokan gatal ketika menyusui? Temukan cara alami yang ampuh mengatasinya.

28 Maret 2020

7 Cara Alami Ini Membantu Ibu Menyusui Melawan Sakit Tenggorokan Loh
Freepik/katemangostar

Kesehatan Mama ketika fase menyusui sangat penting untuk dijaga dan diperhatikan. Karena pada masa-masa itu, kondisi kesehatan Mama yang kurang baik berakibat bagi kondisi si Kecil.

Sebuah kewajiban tentunya sebagai orang tua untuk memberikan hal-hal terbaik bagi anaknya. 

Namun, terkadang ada saja penyakit yang mudah masuk dan bereaksi dalam tubuh. Sebut saja penyakit tenggorokan gatal.

Penyakit satu itu dapat terjadi karena hal-hal sederhana seperti kurang memperhatikan pola makanan maupun karena pengaruh suhu sekitar.

Lalu bagaimana cara terbaik menghadapi gatal tenggorokan ketika Mama sedang berada dalam fase menyusui.

Tentunya Mama harus berhati-hati dalam memilih obat, jangan sampai berdampak pada si Kecil. Tenang saja, artikel Popmama.com kali ini akan membahas beberpa cara alami untuk mengatasi.   

1. Konsumsi teh chamomile

1. Konsumsi teh chamomile
healthline.com

Ternyata teh berbahan dasar tanaman chamomile sangat berkhasiat membantu meredakan tenggorokan gatal. Tanaman ini secara alami memiliki sifat menenangkan. Dan sejak lama digunakan sebagai salah satu pengobatan karena sifat-sifat alamiahnya seperti; anti-inflamasi, antioksidan, dan astringent.

Teh chamomile berkhasiat sama seperti halnya tanaman tersebut. Dari beberapa ulasan penelitian menyatakan bahwa uap chamomile ketika dihirup akan bermanfaat meredakan gejala flu, juga tenggorokan gatal.

Teh chamomile juga mampu merangsang sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan membantu tubuhmu melawan infeksi yang menjadi penyebab dari sakit tenggorokan.

2. Konsumsi obat-obat alami yang berasal dari madu

2. Konsumsi obat-obat alami berasal dari madu
Freepik

Seperti yang dilansir dari hse.ie, obat-obatan yang mengandung madu dapat membantu Mama melawan tenggorokan gatal. Banyak studi yang mengatakan kalau penmabahan madu pada obat-obatan efektif mengurangi lendir dan mengurangi gejala anak. Efeknya tidak berubah ketika ia dicampur dengan obat lain.

Contohnya seperti mengkonsumsi campuran madu, lemon, dan air hangat. Campuran beberapa bahan alami itu ketika diminum hangat-hangat akan membantu mengurangi rasa tidak enak/gatal pada tenggorokanmu.

Editors' Picks

3. Berkumurlah menggunakan air garam

3. Berkumurlah menggunakan air garam
indigohealthclinic.com

Cara lain yang dapat Mama lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan juga berbahan alami ialah dengan berkumur-kumur menggunakan air garam. Berkumurlah  dengan air garam sebanyak 4 sampai 5 kali seharinya. Buatlah dengan komposisi setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat.

Berkumur dengan larutan air garam dapat membunuh bakteri dalma tenggorokan, juga mencegah pertumbuhan ragi dan jamur. Bahan alami itu aman bagi Mama juga si Kecil. Dan tentunya larutan air garam ini mudah untuk dibuat. 

Selain larutan air dan garam, Mama dapat menambahkan baking soda juga ke dalam larutan. Baking soda dapat membantu mengatasi bakteri tanpa mengurangi efek yang dihasilkan oleh larutan air garam. 

4. Minum teh hangat untuk membantu melembabkan tenggorokan

4. Minum teh hangat membantu melembabkan tenggorokan
Pexels/Mareefe

Selain mengkonsumsi teh berbahan dasar chamomoile, Mama juga dapat mengkonsumsi teh dari bahan lainnya dan mereka juga efektif membantu mengatasi gatal tenggorokan. Mama dapat menggunakan jenis teh seperti teh hitam, maupun teh jahe.

Pada dasarnya, rasa gatal pada tenggorokan terjadi ketika tenggorokan terasa kering. Mama dapat menggunakan teh untuk membantu ketika tenggorokanmu mulai terasa kering. Minum teh yang hangat dapat mengolesi tenggorokanmu dan membuatnya kembali lembab.  

5. Perbanyak konsumsi makanan bertekstur cairan dan hangat

5. Perbanyak konsumsi makanan bertekstur cairan hangat
Pixabay.com

Makanan dan minuman hangat sangat membantu melegakan tenggorokanmu yang gatal maupun sakit. Dan tentunya juga, membantu melembabkan tenggokoran Mama ketika kering dan meredakan iritasi. 

Salah satu makanan cair yang disarankan ialah sup. Sup bukan hanya membantu meredajan rasa gatal pada tenggorokan Mamal, karena umumnya mengandung sayur dan bahan-bahan bermanfaat lainnya.

Sehingga bukan hanya bermanfaat meredakan tenggorokan, mereka juga meningkatkan imunitas dan asupan gizi tubuh.

6. Cuka sari apel juga ternyata dapat membantu

6. Cuka sari apel juga ternyata dapat membantu
cheatsheet.com

Cuka sari apel atau yang disebut juga sebagai Apple Cider Vinegar (ACV) sebenarnya memiliki banyak kegunaan karena memiliki sifat sebagai antibakteri alami. Beberapa penelitian bahkan  menunjukkan bahwa efek antimikroba pada cuka sari apel dipercaya dapat mengurangi infeksi dalam tubuh.

Sifatnya yang asam, membuatnya dapat meredakan lendir pada tenggorokan dan juga mampu menghentikan penyebaran bakteri.Untuk itu, sakit tenggorokan Mama dapat diatasi dengan cuja sari apel yang satu ini.

Mama dapat mencoba berkumur menggunakan cuka sari apel yang dicampur air. Encerkan1 sampai 2 sendok makan ACV dalam satu cangkir air dan gunakan untuk berkumur, lalu minum. 

Pastikan juga Mama minum banyak air di antara sesi berkumur.

7. Bawang putih, cara alami melawan tenggorokan gatal

7. Bawang putih, cara alami melawan tenggorokan gatal
Freepik/jcomp

Dan bahan alami yang terakhir ialah bawang putih. Bawang putih sebagai antibiotik dan mempunyai sifat antibakteri yang alami. Juga mengandung allicin, senyawa organosulfer memiliki kemampuan untuk melawan infeksi.

Berdasarkan healthline.com, beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi suplemen bawang putih secara rutin ternyata dapat membantu Mama terhindar dari virus flu. Menambahkan bawang putih segar ke dalam dietmu juga merupakan salah satu cara terbaik memperoleh sifat antibakteri. 

Itulah beberapa cara alami yang dapat Mama lakukan ketika berhadapan dengan tenggorokan gatal saat Mama menyusui.

Bahan-bahan yang alami tentunya baik bagi tubuh mama dan tidak akan menimbulkan efek-efek negatif yang merugikan Mama dan juga si Kecil. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.