TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Perempuan Ternyata Lebih Kuat dari Laki-laki? 8 Hal Ini Buktinya

Inilah beberapa fakta yang menunjukan kalau perempuan juga tak kalah lho dari laki-laki

9 Mei 2020

Perempuan Ternyata Lebih Kuat dari Laki-laki 8 Hal Ini Buktinya
Freepik

Umumnya kita selalu berpandangan kalau laki-laki selalu lebih kuat dari perempuan.

Eits, rasanya pandagan itu harus kita ubah deh, karena itu tidak sepenuhnya benar. Laki-laki memang kuat secara fisik, namun dalam beberapa hal lainnya, perempuan bisa lebih unggul. 

Simak fakta-fakta dari Popmama.com yang membuktikan kalau perempuan lebih kuat dari laki-laki. Semuanya akan membuktikan kalau kamu tak kalah dari laki-laki.

1. Perempuan umumnya hidup lebih lama daripada laki-laki

1. Perempuan umum hidup lebih lama daripada laki-laki
newshub.co.nz

Faktanya, perempuan dapat hidup 6 sampai 7 tahun lebih lama daripada laki-laki lho. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa terdapat perbandingan 6 : 4 untuk perempuan dan laki-laki bertahan hingga usia 85 tahun. Lebih lagi, perbandingan pada usia 100 tahun antara perempuan dan laki-laki ialah 2 : 1.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Dr. Perminder Sachdev, seorang profesor neuropsikiatri dari universiats New South Wales di Australia yang mempelajari tentang umur panjang manusia menyatakan bahwa perempuan memiliki umur yang lebih lama karena mereka lebih memperhatikan kesehatan.

Sebaliknya terjadi pada laki-laki. Kebanyakan mereka senang untuk merokok, meneguk minuman keras, memiliki berat badan yang berlebih dan cenderung tidak patuh ketika menjalani pengobatan.

2. Perempuan punya daya tahan yang kuat dalam cuaca dingin

2. Perempuan pu daya tahan kuat dalam cuaca dingin
Pexels/Public Domain Pictures

Kamu tahu tidak, kalau perempuan punya lapisan lemak khusus yang terdapat di bawah kulitnya. Ini bukan lemak yang timbul karena pola makanmu. Melainkan inilah yang membantumu lebih kuat ketika berada dalam tempat dengan suhu yang dingin. 

Lapisan lemak tersebut ternyata juga memiliki fungsi lain yang lebih penting. Ia berfungsi untuk menjaga janin agar tetap hangat sebelum melahir.

Jadi jangan salah kira, meskipun kamu kurus dan ramping, ternyata kamu punya lemak istimewa untuk merawat bayimu di dalam tubuh.

3. Sistem imun perempuan ternyata lebih kuat dari laki-laki

3. Sistem imun perempuan ternyata lebih kuat dari laki-laki
Pixabay/Kalhh

Kamu tahu tidak, kalau tubuhmu ternyata bukan saja memiliki jangka hidup yang lebih lama daripada tubuh laki-laki. Namun juga memiliki kekebalan atau sistem imunitas yang juga lebih baik.

Tanpa kamu sadari ternyata hal ini disebabkan oleh kromosom X yang dimiliki oleh perempuan. Profesor imunologi di University of Toronto di Canada, Eleanor Fish mengakatan bahwa kandungan mikro RNA dikenal berpengaruh dalam sistem hormon. Dan ini terdapat banyak pada kromosom X milikmu.

Tidak hanya RNA, kandungan estrogen juga berpengaruh untuk meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh.

Editors' Picks

4. Ternyata perempuan lebih baik dalam hal mengemudi

4. Ternyata perempuan lebih baik dalam hal mengemudi
Freepik/senivpetro

Kegiatan dengan alat-alat transportasi biasanya selalu identik dengan kegiatan seorang laki-laki, apalagi dalam hal mengemudi.

Tapi ternyata, perempuan juga bisa hebat dalam hal mengemudi, bahkan dikatakan lebih baik. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Perempuan memiliki kontrol emosi yang lebih baik daripada laki-laki, dan ini juga mereka tunjukan ketika berkendara. Mereka dapat tetap fokus menyetir sambil selalu berhati-hati dan bersikap tenang.

Menurut data statistik yang dilansir dari Idn Times menunjukan hal yang berbeda untuk laki-laki. Terdapat sekitar 3-4 kali seorang laki-laki menyetir secara gegabah dan terburu-buru.

Inilah yang menyebabkan mengapa banyak laki-laki yang meninggal karena mengalami kecelakaan dalam berkendara.

5. Sifat perempuan dapat membuatnya menjadi pemimpin yang baik

5. Sifat perempuan dapat membuat menjadi pemimpin baik
Freepik/pch.vector

Jika banyak dari kita yang menggambarkan sosok pemimpin yang baik merupakan sosok dari kaum adam. Sepertinya pemikiran kita tidak sesungguhnya benar. Faktanya perempuan juga bisa menjadi pemimpin yang baik. 

Sebagai seorang pemimpin, perempuan cenderung memperhatikan kebutuhan dan kekurangan para bawahannya. Dengan sifat alami mereka untuk mengasuh dan memelihara, hubungan antara atasan dan bawahan dapat terpelihara dengan baik melalui komunikasi yang baik pula. 

Selain itu, perempuan punya kemampuan multitasking. Dan ini akan sangat dibutuhkan seorang pemimpin. Karena seorang pemimpin akan berhadapan dengan berbagai masalah yang kompleks dalam waktu yang sama.

6. Menstruasimu ialah caramu mendeteksi penyakit

6. Menstruasimu ialah caramu mendeteksi penyakit
Cbdtesters.co

Menstruasi yang kamu rasakan setiap bulannya ternyata menjadi keuntungan sendiri loh bagi perempuan. Faktanya, menstruasimu memiliki beberapa fungsi yang dapat menjaga kesehatan tubuhmu, seperti; mendiagnosa penyakit, pembersih alami dalam sistem tubuh, juga dapat memperlambat proses penuaan. 

Menstruasi adalah keistimewaan sebagai perempuan yang membuat kesehatanmu selalu terjaga setiap saatnya. 

7. Dalam masalah IQ perempuan juga unggul

7. Dalam masalah IQ perempuan juga unggul
darmawanaji.com

Faktanya perempuan juga memiliki tingkat kecerdasan atau IQ yang lebih tinggi dari laki-laki.

Menurut James Flynn, seorang yang ahli dalam pengujian IQ menyatakan bahwa tingkat rata-rata IQ perempuan lebih tinggi dari IQ laki-laki.

Hal ini juga didukung dengan sifat rajin yang dimiliki sorang perempuan, sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan IQ mereka secara efektif.

8. Dan terakhir ialah proses kemahilan dan melahirkan

8. terakhir ialah proses kemahilan melahirkan
Freepik

Proses melahirkan terbukti menjadi salah satu hal yang paling menyakitkan juga paling berjasa yang dapat dilakukan oleh seorang perempuan. Perempuan yang kuat melalui proses melahirkan selama 9 bulan sudah mampu membuktikan kekuatan dan keteguhannya selama melalui masa-masa itu. 

Seorang perempuan yang akan mengalami proses melahirkan diberikan kekuatan tulang punggung bawah dan tulang panggul yang lebih kuat. Ini berguna ketika perempuan menahan rasa sakit selama proses melahirkan buah hatimu yang memakan waktu berjam-jam. 

Dari ketujuh hal itu kamu ini tahu, kalau perempuan itu tidak kalah kuat dan hebat dari laki-laki. Perempuan patut diberikan kesetaraan dalam kehidupannya. 

Dengan begitu berbangga dirilah sebagai perempuan. Kamu telah diberikan berbagai hal istimewa yang luar biasa. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk